Cara Menanam Bawang Merah yang Baik dan Benar Hasil Melimpah - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Menanam Bawang Merah yang Baik dan Benar Hasil Melimpah

Sekarang ini cara menanam bawang merah di indonesia sudah cukup bagus dan sudah menghasilkan produktivitas bawang merah yang tergolong lebih dari mencukupi,hasil panen lebih banyak dibanding  yang dibutuhkan masyarakat di indonesia.  Berbeda dengan tanaman bawang putih di indonesia yang masih perlu terus dikembangkan.
Perbedaan itu mungkin karena bawang merah cocok ditanam di tanah indonesia, sedangkan bawang putih masih perlu pengolahan tanah dan cara menanaman bawang putih yang harus di tingkatkan. sehingga musim panen saat ini, harga bawang merah turun drastis sampai 15 ribu per kilogramnya,sedangkan bawang putih harganya terus melonjak tinggi sampai sekitar 40 ribu rupiah per kilonya, karena kebutuhan  masyarakat lebih banyak dan minimalnya hasil panen bawang putih di indonesia, bahkan kebanyakan bawang putih yang ada di indonesia masih impor dari negara cina.
Kembali pada cara  menanam bawang merah yang benar agar menghasilkan panen bawang merah yang menguntungkan.
Perlu kiranya kita memperhatikan persiapan lahan yang digunakan untuk menanam bawang merah, waktu yang tepat untuk menanam bawang merah dan cara menanam bawang merah yang baik dan benar untuk menghasilkan panen bawang merah yang bermutu dan melimpah, sehingga meskipun hargan bawang merah rendah,petani bawang tetap  masih mendapatkan untung.
Terkait : Perawatan Bawang Merah Hasil Melimpah

Cara Menanam Bawang Merah yang Baik dan Benar
Cara Menanam Bawang Merah yang Baik dan Benar

Persiapan lahan untuk tanaman bawang merah

Setelah selesai proses pengolahan tanah dan pemotongan bibit bawang merah, maka yang harus dilaksanakan  harus dikontrol secara cermat bahan yang tidak ditanami, harus betul-betul bersih dan subur. Jadi andai kan masih ada rumput-rumput liar yang tumbuh di bedengan tempat penanaman bawang harus secepatnya dicabut beserta akar-akarnya, sebagai antisipasi pencegahan terhadap tumbuhnya rerumputan itu berulang kembali bersama tumbuhnya bibit-bibit bawang merah yang baru ditanamkan.

Sebelum menanam bibit bawang merah tanah bedengan sebaiknya diberi pupuk kandang atau pupuk buatan yang digunakan sebagai pupuk dasar, sehari sebelum menanam dengan jalan disebarkan di atas permukaan bedengan. Pada saat  hendak ditanam terlebih dahulu  menyiram bedengan, agar tanah menjadi lembab dan mempermudah penancapan bibit bawang merah yang hendak ditanamkan.
Terkait : Cara membuat Sendiri bibit unggul bawang merah

Waktu penanaman bawang merah 

Waktu tanam bawang merah / penanaman bibit bawang merah biasanya dilakukan pada saat akhir musim hujan, kira-kira bulan april, bulan mei dan bulan juni atau menjelang akhir musim kemarau atau sekitar bulan oktober.

Cara menanam bawang merah yang baik dan benar

 Jika persiapan bibit bawang merah cukup banyak, maka sebaiknya digunakan untuk yang berukuran cukup besar, sebab kelak usia panen cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan umbi bibit bawang merah yang berukuran kecil. Oleh karena itu sebaiknya penanaman bibit bawang merah harus seragam.
Cara menanam bawang merah yang baik dan benar
Cara menanam bawang merah yang baik dan benar
Bibit umbi bawang merah berukuran yang kecil, jika ditelusuri sebelum menjadi bibit pernah terkena serangan hama atau penyakit. Hal tersebut harus menjadi bahan pertimbangan kecuali apabila bibit bawang merah yang hendak ditancapkan dari varietas atau jenis bawang merah kecil.

Dalam penanaman bibit sebaiknya dilakukan secara teratur, rapi dan sejajar, menggunakan alat ukur yang terbuat dari bambu. Jarak tanam antara barisan sekitar 15 sampai 20 cm, sedangkan jarak antar tanaman sekitar 8 sampai 10 cm.

Pada waktu  menanam bawang merah, bagian pangkal bibit bawang merah berada di bawah. Bibit ditanam atau dibenamkan sedalam 2 per 3 bagian di bawah permukaan tanah, sedangkan sepertiga bagian bibit harus ada di permukaan tanah. Jika dalam penanaman bibit bawang merah terlalu dalam dalam penerapannya maka dapat mengakibatkan kesulitan pada pertumbuhan tunas bawang merah, dan bibit menjadi mudah rusak. Sebaliknya jika letak bibit bawang merah kurang dalam, maka bisa mudah terbawa oleh pengikisan tanah yang diakibatkan oleh hujan atau guyuran air waktu penyiraman.

Pada prinsipnya dalam penanaman bibit bawang merah tidak boleh terlalu dalam ataupun keluar dari permukaan tanah, agar pembentukan rumpun tanaman bawang merah tetap baik dan berkualitas serta menghasilkan panen yang melimpah.
Tag : Bawang Merah

Back To Top Cara Menanam Bawang Merah yang Baik dan Benar Hasil Melimpah