Budidaya Tanaman Kubis - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Budidaya Tanaman Kubis

Budidaya Kubis, Kubis sangat cocok ditanam di dataran tinggi antara 800 sampai 100 meter dari permukaan laut.Semua jenis kubis membutuhkan banyak air akan tetapi tidak tahan terhadap air yang menggenang.

Waktu penanaman yang paling baik untuk sayuran kubis adalah pada permulaan atau menjelang akhir musim hujan. Namun di daerah dataran tinggi bisa juga ditanam di musim kemarau asalkan pengairannya cukup.

Tanaman kubis bisa dibedakan atas beberapa jenis

1. Kubis telur yaitu Kol Crop atau disebut dengan kol saja.
  • Kubis jenis ini daun-daunnya bagian atas tumbuh merapat padat dan berbentuk bulat seperti telur.
  • Kubis telur juga terdiri dari beberapa jenis 
  • Kubis putih misalnya jenis kubis markel, maskot, roem van enkhuizen. 
  • Kubis merah, misalnya jenis kubis kissendrup,red rock mammeth dan lain sebagainya. 
  • Kubis babat, kubis babat daunnya agak keriting di daratan rendah tidak membentuk crop. 
  • Kubis jawa, misalnya jenis argalingga, kubis jenis wonosobo dan lain-lain. 
2. Kubis daun
Kubis daun tidak membentuk crop. Bagian nya yang dipungut adalah 2 atau 3 helai daun yang muda dan lunak .

3. Kubis tunas daun
Daun-daun bagian atas tumbuh membulat, sedangkan daun bagian bawah pada ketiak-ketiaknya tumbuh tunas-tunas kecil yang berbentuk telur. Dikembangkan dengan stek tunas.

Kembang Kol
Kembang Kol

Cara menanam tanaman kubis

Cara menanam kubis yaitu :

A. Pengolahan Tanah

Tanah yang akan dipergunakan sebagai tempat penanaman kubis harus dicangkul sebaik-baiknya. Bagi tanah-tanah yang kurang subur pencangkulan dilakukan sebanyak 2 kali. Setelah tanah dicangkul dan dibajak pada pencangkulan pertama, kemudian dibiarkan selama 7 sampai 10 hari. Sesudah itu di cangkul untuk kedua kayaknya sekaligus dibuat bedengan-bedengan.

Bedengan dapat dibuat dengan berukuran 120 cm kali 300 cm, dengan tinggi 20 sampai 25 cm pada waktu musim hujan dan 15 cm pada waktu menjelang musim kemarau. Untuk mendapatkan hasil yang baik, tanah-tanah bedengan perlu diberi pupuk organik sebanyak 5 kg per m2 sebagai pupuk dasar.

B. Persemaian
Kubis telur dan kubis daun perlu disampaikan terlebih dahulu sebelum ditanam. Bijinya disebar atau ditaburkan dalam deretan-deretan. Jarak antara deretan kurang lebih 10 cm. Bibit yang telah tumbuh dan berdaun empat sampai lima helai sudah dapat dipindahkan.

C. Penanaman
Sayur kubis pada bedengan penanaman, bibit dimasukkan ke dalam tanah. Leher akar ikut sedikit tertanam. Maksudnya agar tanaman dapat tumbuh agak tinggi sebelum membentuk telur atau crop dan tanaman tidak mudah roboh.

Jarak antara tanaman yang satu dengan yang lainnya kira-kira 50 cm x 60 cm atau 60 cm x 60 cm. Kubis tunas ditanam langsung tanpa disematkan terlebih dahulu dengan stek tunas nya. Jarak tanaman nya adalah 50 cm kali 60 cm.

Pemeliharaan Tanaman Kubis

Penyiraman
Sayuran kubis yang sudah tumbuh di tanah bedengan harus disiram dua kali sehari yaitu pagi dan sore terutama pada saat musim kemarau.

Pendangiran
Pendangiran untuk tanaman kubis dilakukan tidak terlalu dalam, sebab kalau terlalu dalam bisa mengakibatkan akar akar tanaman kubis rusak.

Cara pemupukan tanaman kubis

Dalam pemupukan untuk tanaman kubis dilakukan dua kali, yang pertama pada waktu tanaman berumur 2 minggu, kedua setelah tanaman berumur 2 bulan pada saat tanaman membentuk crop .
Saat pemupukan yang paling baik adalah sesudah tanaman didangir atau disiangi.

1. Pada tanah yang kering cukup diberi npk 100-125 kilogram tiap hektarnya atau urea 225 kg, ds 500 kg dan ZK 170 kg.
2. Pada tanah yang berat, pemberian P harus lebih banyak dengan perbandingan npk 1 : 2 : 1

Pemberantasan hama dan penyakit tanaman kubis
Jenis-jenis hama yang menyerang tanaman kubis antara lain sebagai berikut :

Ulat Daun
Hama ini menyerang daun daun bagian bawah. Pada umur satu bulan tanaman kubis bisa dibinasakan hanya dalam waktu 3 sampai 5 hari pencegahan dan pemberantasan sebagai berikut mencari dan membunuhnya dan satu minggu sekali disemprot dengan derris 10%, ddt folidol 0,0 1% sampai 0,03% atau dengan serbuk BHC 5%
DLL 

Pemanenan tanaman kubis
Kubis telur atau kol krop dipungut hasilnya apabila sudah tua dan telurnya sudah keras.
Tandanya ialah apabila diketuk nyaring bunyinya. Pemungutan rata-rata setelah berumur 90 hari.
Kubis wonosobo dan argalingga tidak membentuk lapisan keras seperti lazimnya color. Rata-rata beratnya antara 2 sampai 5 kilogram, sedangkan jenis R.V.E dapat menghasilkan krop sebesar 10 kg.

Tag : Sayuran

Back To Top Budidaya Tanaman Kubis