Cara Membuat Bubuk Bawang Putih Sendiri - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Membuat Bubuk Bawang Putih Sendiri

Resep Cara Membuat Bawang Putih Bubuk, BawangBawangan.com - Membuat bawang putih bubuk bertujuan untuk menanggulangi simpanan bumbu bawang putih sebagai penambah cita rasa masakan.

Pasalnya menyimpan bawang putih segar yang berjumlah banyak dan dalam waktu yang lama akan membuat bawang putih lama kelamaan menyusut, menjadi kering dan bahkan busuk. jika sobat bawang bawangan sebagai koki hendak menyetok bumbu putih dari jenis bawang - bawangan ini dalam jumlah yang banyak namun tetap utuh dan tidak busuk, maka sobat bawang bawangan bisa mencoba membuat bawang putih bubuk sendiri di rumah.

Selain itu, Bawang putih bubuk mempunyai rasa dan aroma yang lebih mantap dan tidak mengandung zat adiktif seperti perasa , pengawet dan lainnya.
Baca Juga : Cara Membuat Bubuk Bawang Merah
Cara Membuat Bubuk Bawang Putih Sendiri
 Cara Membuat Bubuk Bawang Putih  via foodsforlonglife.blogspot.co.id

Resep Cara Membuat Bawang Putih Bubuk

Adapun pengolahan bawang putih kering bubuk atau tata cara membuat bawang putih bubuk sendiri di rumah, sobat bawang bawangan bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Mengupas Bawang Putih
Mengupas bawang putih terlebih dahulu, Adapun Tips cara agar lebih cepat dalam mengupas bawang putih ini, cobalah masukkan bawang putih ke dalam wadah yang tertutup rapat, mulialah mengkocok-kocoknya dalam beberapa saat hingga kulit bawang mudah di kupas.
Cara Membuat Bubuk Bawang Putih
Cara Membuat Bubuk Bawang Putih

2. Mengiris Bawang Putih Kecil-kecil
Irislah bawang putih dengan ukuran tipis-tipis. Sobat juga dapat menggunakan alat pengiris umbu.
Cara Membuat Bubuk Bawang Putih
Cara Membuat Bubuk Bawang Putih Sendiri
Seperti mandolin atau lainnya, sebab dengan menggunakan alat khusus pengiris umbi akan memperoleh ketipisan ukuran bawang yang lebih teratur atau seragam bentuknya. Dan tentunya hal ini akan membuat kerja kita dalam pengirisan bawang lebih praktis dan juga lebih cepat.

3. Meng-Oven Bawang putih
Caranya nyalakan oven hingga panasnya dalam suhu 150 derajat Celcius. sembari menunggu ovenan memanas, taruh irisan bawang putih di atas loyang. Namun, usahakan irisan dalam keaadaan menumpuk satu dengan lain untuk memperoleh bawang putih mengering dengan sempurna.

Biarkan bawang putih di dalam pengovenan selama kurang lebih 4 jam, Sampai semua irisan bawang putih berubah kering dengan sempurna.

Kemudian periksa bawang putih selama dalam peng-oven-an,usahakan irisan bawang putih tersebut menjadi gosong.

jika sudah terlihat kering maka segeralah bawang putih di keluarkan dari peng-ovenan , meskipun  belum ada 4 jam lamanya.

3. Penggilingan Bawang Putih
Cara menggiling bawang putih yang sudah di oven ini sampai menjadi bubuk atau serbuk bawang ini, sobat bisa menggunakan ulekan, mesin penggiling, food prossecor atau juga blender.
pengolahan bawang putih kering bubuk
Pengolahan bawang putih kering bubuk
4. Proses Penyaringan
Langkah cara membuat bubuk bawang putih selanjutnya yaitu menyaring bawang putih yang telah dihaluskan dengan penggilingan di atas.
Cara Membuat Bubuk Bawang Putih
Cara Membuat Bubuk Bawang Putih via foodsforlonglife.blogspot.co.id
Apabila masih ada butiran-butiran bawang putih nampak masih besar-besar, Sobat bisa menghaluskannya kembali sampai sehalus-halusnya baik secara manual ulekan maupun dengan mesin seperti blender.

5. Pengemasan
Masukkkan bubuk bawang putih yang telah di buat ke dalam wadah plastik atau toples yang tertutup rapat.

Jumlah yang di peroleh dari bawang putih bubuk biasanya bervariasi, ukuran dan kadar air pada saat bawang putih masih segar menjadi penentu hasilnya .

Namun biasanya untuk 2 bonggol bawang putih akan di peroleh hasil sekitarnya 2 sampai 3 sendok makan bubuk atau serbuk bawang. Selamat mencoba cara membuat bawang putih bubuk ini, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.
Tags : Cara membuat bubuk bawang putih tanpa oven,pengolahan bawang putih kering bubuk,cara membuat garlic powder,cara membuat bubuk bawang merah,bawang putih bubuk di indomaret.
Baca Juga : Cara Membuat Bubuk Bawang Merah

Back To Top Cara Membuat Bubuk Bawang Putih Sendiri