Ciri-Ciri Bawang Merah dan Manfaatnya - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Ciri-Ciri Bawang Merah dan Manfaatnya

Ciri-Ciri Bawang Merah dan Manfaatnya, BawangBawangan.Com - bawang merah merupakan bawang merah merupakan salah satu dari sekian banyak bawang-bawangan yang dimanfaatkan untuk bumbu masakan yang paling utama. Selain itu, bawang merah juga kerap kali dipakai atau dimanfaatkan untuk pengobatan herbal.

Bawang merah ini dibudidayakan di indonesia sejak lama dan terus mengalami perkembangan. 
Dalam pembahasan ini kami akan menyebutkan beberapa ciri-ciri bawang merah yang kiranya membantu untuk sobat bawang-bawangan yang ingin memahami lebih jauh bawang merah. 
Ciri-Ciri Bawang Merah
Ciri-Ciri Bawang Merah dan Manfaatnya via jejakpenyuluh.blogspot.co.id

Ciri-Ciri Bawang Merah

Bawang merah memiliki ciri-ciri yang hampir seperti bawang-bawangan lainnya seperti halnya bawang putih bawang bombay, dan bawang berlian. Yakni bawang merah memiliki ciri-ciri yang terdiri dari akar, daun, batang dan bunga. 

Ciri-Ciri Bunga Bawang Merah
Bawang merah memiliki tangkai daun yang panjangnya di antara 30 sampai 90 cm, memiliki bunga atau kuntum bunga sekitar kurang lebih 200 kuntum yang tersusun nampak bulat atau melingkar seperti payung. Dari tiap-tiap kuntum bunga tersebut ada 5 sampai 16 daun bunga yang warnanya putih, benang sari yang warnanya hijau agak kuning berjumlah 6, dan memiliki 1 butik yang merupakan bakal bunga yang bentuknya segitiga. 

Ciri-Ciri Daun Bawang Merah
Bawang merah mempunyai bentuk daun yang nampak seperti pipa, kecil-kecil tapi bulat yang memiliki panjang sekitar 50 hingga 70 cm, berlubang, bagian ujungnya nampak meruncing, warnanya hijau muda dan ada juga yang hijau tua, selain itu letak daunnya melekat pada tangkainya yang pendek-pendek. 

Ciri-Ciri Batang Tanaman Bawang Merah
Batang yang dimiliki bawang merah berbentuk seperti cakram nampak tipis dan pendek. Keadaannya yang seperti ini berfungsi sebagai tiitik tumbuh atau sebagai media melekatnya akar-akar dan mata tunas tanaman.

Ciri-Ciri Akar Bawang Merah
Bawang merah akarnya berserabut dengan sistem perakaran yang dangkal dan bercabang-cabang serta menancap di dalam tanah sedalam 15 hingga 30 cm. 

Itulah sedikit uraian tentang ciri-ciri bawang merah yang berjasa besar sekali bagi kuliner di dunia.

Adapaun sejarah asal muasal tanaman bawang merah ini konon bawang merah tanaman asli dari asia tenggara namun ada juga yang mengatakan bahwa bawang merah merupakan tanaman yang berasal dari palestina. Namun sekarang ini bawang merah telah menjadi tanaman yang dibudidayakan di seluruh negara di dunia.


Di indonesia sendiri banyak daerah-daerah yang telah membudidayakan sebagai usaha bisnis bawang merah, seperti di brebes, nganjuk, demak,kendal dan lain sebagainya.  
Ciri-Ciri Bawang Merah
Ciri ciri bawang merah dan manfaatnya Via fokusjambi.com

Manfaat Bawang Merah

Adapun untuk Manfaat dari umbi tanaman bawang merah, anda bisa kunjungi, artikel-artikel berikut ini :


Back To Top Ciri-Ciri Bawang Merah dan Manfaatnya