Bawang Hitam Ajaib - Black Garlic Atau Bawang Putih Hitam - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Bawang Hitam Ajaib - Black Garlic Atau Bawang Putih Hitam

Bawang Hitam, BawangBawangan.Com Sebelum bicara masalah apa itu Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam, Maka terlebih dahulu kita kembali mengingat pengertian dari bawang.

Bawang adalah bumbu utama yang hampir untuk jenis olahan masakan khususnya lauk-pauk makanan.
Bawang adalah bumbu yang dimanfaatkan untuk menyedapkan makanan, sehingga bawang dijadikan bumbu utama pada olahan makanan, bawang dikelompokkan sebagai sayuran dan rempah-rempah dari jenis umbi-umbian.
Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam
Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam
Jenis –jenis bawang yang populer di indonesia adalah bawang merah bawang putih, bawang bombay dan bawang dayak. Selain dari ke-empat bawang itu ada yang mungkin diantara kita yang belum mengenal bawang hitam yang nama asingnya ialah Black Garlic atau Bawang Putih yang menghitam.

Bahasan Bawang Hitam Ajaib - Black Garlic Atau Bawang Putih Hitam
Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam adalah bawang putih yang berubah menjadi hitam akibat fermentasi yang di rencana dengan cara menyimpan bawang putih pada tempat yang suhu dan kelembabannya dalam kondisi sekitar 60 hingga 70 o C.

bawang putih yang sedang proses difermentaai tidak boleh di campurkan dengan bahan-bahan selainnya hingga bawang putih berubah warna menjadi hitam. Dengan cara fermentasi ini menjadikan bawang putih yang menghitam akan menjadi lebih lunak di bandingkan dengan bawang putih yang masih segar, rasa Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam berubah menjadi asam.

Jadi, sebetulnya Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam bukanlah jenis tanaman baru selain dari tanaman bawang-bawang yang kita kenal.

Namun, bawang hitam adalah bawang putih biasa baik itu dari bawang putih kating atau bawang putih sinchung yang sudah di proses dengan cara fermentasi hingga berubah menjadi hitam, karena warna bawang yang semula adalah putih berubah warna menjadi hitam, maka bawang ini dinamakan sebagai Black Garlic, yakni : Bawang Hitam atau Bawang Putih Hitam.

Jadi, Pada intinya Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam ini termasuk jenis dari bawang putih,hanya namanya, kondisinya dan manfaatnya yang berubah. Bawang hitam berbentuk seperti bawang putih dengan teksturnya yang kenyal mirip dengan buah manisan, rasanya hampir seperti makanan dodol, tetapi masih tetap terasa ada rasa khas bawang putihnya di lidah.

Adapula Ahli yang berpendapat Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam adalah bawang putih yang menghitam, karena telah di fermentasikan selama 35 hari.

Keberadaan Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam ini membuat banyak orang bertanya ,bawang hitam itu seperti apa, bawang hitam itu dari mana asalnya dan bagaimana cara pembuatan Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam ini.

Proses Terbentuknya Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam

Bawang hitam tidak terbentuk dari penanam, akan tetapi terbentuknya Bawang Hitam terjadi akibat proses yang diusakan oleh manusia dengan fermentasi.
CARA MEMBUAT Bawang Hitam Ajaib
Bawang Hitam Ajaib
Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam itu berasal dari bawang putih yang difermentasikan diruangan dengan suhu tertentu. Namun di balik dari warna bawang yang menghitam mengandung banyak nutrisi dan banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia.

Spesifikasi Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam :

Adapun Ciri-ciri secara umum dari Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam yaitu :

Bawang hitam ini terasa agak sedikit manis, terasa gurih dan kenyal serta teksturnya lebih lembut dibanding bawang putih lainnya.

Mungkin karena alasan itu, Bawang Hitam di gunakan sebagai bahan bumbu alami masakan-masakan high-end atau masakan kelas atas di Amerika Serikat.

Kandungan Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam


Hasil fermentasi dari bawang putih menjadi Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam ini bisa meningkatkan kadar polifenol dan flavonoid. Kadar polifenol akan meningkat hingga 23% dan pada kadar flavonoid akan terjadi peningkatan sebanyak 37%.

Oleh sebab itu, Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam dipercaya dapat sebagai pencegah penuaan dini dan mencegah penyakit kanker. Bawang Hitam juga mengandung banyak Nutrisi dan sedikit Kalori

Bawang hitam termasuk salah satu bahan herbal alami yang mempunyai kandungan nutrisi sangat baik dan juga sangt di butuhkan oleh tubuh. Bawang hitam memilik kandungan vitamin C dan Kalsium serta zat besi sangat tinggi.

Daftar Kandungan Nutrisi yang dimiliki Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam :

Daftar dari nutrisi yang dimilik oleh bawang putih per 136 Gram bawang hitam antara lain,ialah : Vitamin C; Memenuhi 71 % kebutuhan sehari-hari, Kalsium; Memenuhi 25 % kebutuhan harian, Besi; Memenuhi 13 % kebutuhan sehari-hari, Karbohidrat (45 gr); 15 % kebutuhan sehari-hari, Serat (3 g); memenuhi 11 % kebutuhan sehari-hari.

Nutrisi-nutri yang terkandung dalam bawang hitam ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, dan kabarnya Bawang Hitam (Black Garlic) tidak mengandung zat / nutrisi yang efek sampingnya memungkinkan bahaya bagi tubuh bila terlalu banyak seperti kalori dan lemak jenuh.

Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam juga memilik antioksidan 2 kali lipat lebih besar di bandingkan dengan bawang putih , dan sebagian orang juga meyakini bahwa mengkonsumsi Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam ini sebagai bumbu dapur mengandung S-allycysteine.

S-allycysteine yaitu komponen alami yang sudah terbukti mampu mencegah timbulnya berbagai macam penyakit kronis seperti penyakit kanker.

Harga Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam
Harga Bawang Putih biasa untuk saat ini berkisar antar Rp 12.000- Rp 20.000 per kg.Sedangkan kisaran harga untuk bawang putih tunggal mentah yaitu Rp 170.000 per kg. Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam tunggal harganya sekitar Rp 200.000 dalam Kemasan 500 gram, isinya kurang lebih 70 butir. Dan untuk berat 250gr harga Rp 125.000, berat 1.200gr harga Rp 380.000.

Manfaat Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam


Adapun Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Hitam sangat banyak, bahkan saking banyaknya manfaat dan khasiat bawang hitam ini, membuat semakin dipercaya dan di minati masyarakat di belahan dunia.

Sampai ada pula yang mengatakan “ Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam termasuk ramuan herbal alami yang ajaib.

Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam sudah di konsumsi oleh masyarakat Korea, China, Jepang dsb Sejak dulu, mereka mengkonsumsi bawang hitam sebagai suplemen kesehatan dan sebagai obat yang khasiatnya diyakini 20 kali lebih unggul dibanding ramuan herbal lainnya. Disamping itu Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam memiliki keunggulan 4X lipat dibanding dengan bawang putih biasa.

Sebagaimana namanya bawang ini mempunyai warna hitam, Tetapi Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam ini bukanlah bawang dengan warna hitam secara alami, karena pada bawang ini ada campur tangan manusia dalam warna tersebut.

Namun Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam mempunyai khasiat yang sangat banyak dan juga sangat baik untuk kesehatan manusia seperti manfaatnya yang dapat mencegah terjadi penyakit kanker, sehingga membuat bawang ini semakin terkenal.

Dalam proses pembuatan Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam ini yaitu dengan cara menyimpan bawang putih secara utuh bersamaan dengan kulitnya juga disuatu ruangan yang sudah diatur tingkat kelembaban serta suhu ruangan tersebut sekitar 60-70o C.

Namun selama dalam proses ini tidak di campur bahan lainnya, karena secara alami bawang putih tersebut akan ter-oksidasi sehingga akan berubah warna semakin menjadi berwarna hitam.

Selain itu, pada Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam ini memiliki terksturya semakin lunak, dan rasanya juga akan menjadi asam dengan sendirinya tanpa harus diberikan zat lain.

Perubahan warna yang terjadi pada bawang putih menjadi hitam ini bukan karena sebab microba, melainkan karena adanya reaksi pencoklatan yang umumnya dipengaruhi oleh enzim terentu.

Sehingga reaksi kimia tersebut membentuk suatu senyawa kimia baru yang mempunyai warna kecoklatan, dan mengeluarkan rasa yang khas sehingga membuat Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam ini berbeda dengan jenis bawang-bawangan lainnya.

Selain itu, Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam ini mempunyai khasiat yang banyak dibandingkan dengan bawang putih dan bawang merah.

Memang pada umumnya semua jenis bawang-bawangan menimbulkan “bau badan tak sedap“, akan tetapi, bawang juga memilik banyak manfaat seperti halnya yang dimilik oleh bawang hitam ini.

Manfaat Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam ini dapat sebagai anti tumor, untuk mencegah penuaan dini dan juga sebagai obat anti kanker.

Untuk Manfaat dan khasiat Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam secara terperinci berikut dibawah ini Manfaat dan khasiat Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam :


Manfaat Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam

Untuk manfaat dan Khasiat Bawang Putih Hitam jangan diragukan lagi karena sangat berkhasiat untuk mengatasi dan mengobati berbagai penyakit semisalnya kanker - tumor, hal inilah yang membuat nasib Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam semakin dipercaya oleh masyarakat luas di dunia.


Manfaat Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam untuk Kesehatan

Seperti yang sudah disebutkan diatas , bahwa bawang hitam ini memiliki banyak manfaat seperti manfaatnya untuk Mengobati penyakit kolesterol tinggi, tumor,tekanan darah tinggi, penyakit kanker dan myom, Membantu meringankan sakit diabetes dengan cara menghalau glukosa yang terdapat di dalam darah dan meningkatkan insulin, Mencegah penyakit stroke,Meringankan penyakit parkinson, Memperbaiki sel hati, Mengobati penyakit asma, sesak nafas dan batuk.

Selain dari itu, Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam juga bermanfaat untuk membuang logam berat yang terdapat di dalam tubuh seperti merkuri, Mencegah penyakit Alzheimer, Melegakan sakit sendi, Membantu untuk menyehatkan tubuh.

Manfaat Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam untuk kesehatan yang dapat digunakan sebagai obat anti tumor ini dijelaskan oleh peneliti asal Jepang dan Cina, bahwa Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam sangat berpotensi sebagai obat alami anti tumor. Hal tersebut di buktikan dengan uji coba penelitian pada hewan tikus yang memang sengaja dibuat terkena penyakit tumor, kemudian hasil penelitian tersebut sebagian berhasil sembuh kembali dengan di berikan asupan ekstrak Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam tersebut.

Dan manfaat Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam untuk kecantikan ialah Manfaatnya untuk yang dapat mencegah penuaan dini dan penyakit kanker di jawab dan di buktikan dalam penelitian pada tahun 2012 yang mengatakan bahwa hasil fermentasian bawang putih menjadi Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam ini mampu untuk meningkatkan kadar polifenol dan flavonoid yang terdapat pada Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam tersebut. Kadar polifenol akan meningkat hingga 23% dan pada kadar flavonoid akan mengalami peningkatan sebesar 37% pada Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam ini.

Kedua kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu mencegah penuaan dini dan timbulnya penyakit kanker. Dengan adanya kandungan antioksidan ini pada Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam akan menangkal radikal bebas yang akan merusak sel-sel tubuh. dengan terjadinya peningkatan kadar antioksidan tersebut pada Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam, akan membantu sekali untuk menurunkan resiko terserang penyakit kanker serta penuaan dini pada kulit.

Pada hasil penelitian pada kesempatan lain mengungkapkan bahwaBawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam ini terbukti dapat melindungi kulit dari sinar Ultra Violet B yang merupakan pangkal dari penyebab rusaknya lapisan kulit bagian luar yang terlihat kulit seperti terbakar.

Khasiat Bawang Hitam (Black Garlic) Atau Bawang Putih Hitam

Manfaat Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam Untuk Kesehatan

Ada banyak sekali khasiat Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam yang masih belum diketahui oleh masyarakat awam berkenaan dengan khasiat Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam ini. Disamping itu, di Indonesia juga masih banyak orang-orang yang belum mengerti dan belum memahami apa itu Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam dan manfaatnya.

Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam banyak di konsumsi dan dimanfaatkan oleh warga negara Korea dan warga Jepang , mungkin karena mereka sudah melihat bukti-bukti ilmiyah tentang manfaat besar bawang hitam bagi kesehatan. Selain itu, Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam dipercaya sebagai obat herbal yang sangat aman dikonsumsi semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa, bahkan yang sudah berusia lanjut.

Khasiat Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam juga sangatlah efektif sebagai pembersih darah dan juga bekerja sebagai anti toxin, mengatasi gatal-gatal karena alergi, membantu proses regenerasi sel dan pembentukan HB darah, dengan demikian akan mempercepat pembentukan jaringan tubuh yang akan rusak akibat luka pasca operasi, akibat infeksi dan juga peradangan.

Dan khasiat Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam bagi kaum wanita ialah kandungan bawang hitam ini sebagai anti aging dan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga keremajaan kulit sehingga kulit tetap cantik.

Khasiat Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam yang paling terkenal dalam dunia kesehatan yaitu dapat mengatasi berbagai jenis penyakit kronis seperti penyakit tumor.

Dengan cara mengkonsumsi Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam yang benar akan membantu kamu kebal dari penyakit tumor yang suatu saat dan kapan saja yang bisa menyerang kamu.

Selain itu ada salah satu penelitian yang menyebutkan bahwa ekstraks Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam sudah terbukti ampuh dapat melindungi kulit kita dari UV B, dan UV B lah yang dapat merusak lapisan kulit bagian luar sehingga akan menimbulkan seperti efek terbakar pada kulit sehingga pada akhirnya akan membuat kita terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Untuk mencegah penuaan ini ada salah satu teh rosella yang baik untuk mencegah penuaan dini Sehingga kandungan pada Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam ini sangat cocok di konsumsi untuk mereka yang sering terkena terik matahari.

Nah itu lah sekilas mengenai khasiat Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam yang dapat Kamu rasakan jika mengkonsumsi Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam tersebut untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Kamu.

Testimoni Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam

Kalau menurut saya walaupun Bawang Putih Hitam Kating terasa agak pahit, saya merasa nyaman memakannya dari pada Bawang Putih Hitam Import. Kenapa? Menurut saya lagi loh ya… karena berbeda tiap orang.

Alasannya texturenya yang lebih kenyal tidak lembek, ini yang membuat saya lebih menyukai Bawang Putih Hitam Jenis Kating walaupun pahit. Bagi yang tidak suka ada pahit pahitnya silahkan mengkonsumsi yang Bawang Putih Hitam Import.

Nah yang jenis terakhir ini yang menjadi favourite saya dalam mengkonsumsi Bawang Putih Hitam Tunggal.

Awal mengkonsumsi Bawang Putih Hitam Tunggal ini selang 2 bulan setelah memakan Bawang Putih Hitam Import. Rasa dari Bawang Putih Hitam Tunggal ini benar benar terasa enak sekali menurut saya, bau bawang sudah benar-benar hilang dan rasanya manis seperti dodol dan texturnya pun enak dimakan.

Untuk manfaat yang saya rasakan setelah mengkonsumsi bawang putih hitam adalah lebih terasa di badan terasa tidak lelah dan tidak mudah lelah setelah beraktifitas seharian. Terlebih penyakit pilek saya yang lama bisa sembuh setelah mengkonsumsi sekitar 1 bulan bawang putih hitam ini.

Memang benar benar terbukti setelah memakannya, padahal ketika teman saya baru menawarkannya saya hanya bilang “Masa toh?” ( sumber )

Cara Konsumsi Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam

Cara mengkonsumsi bawang hitam ini untuk pengobatan tertentu di anjurkan secara rutin mengkonsumsi sebanyak 2 siung Bawang Putih Hitam ; 3 kali sehari yakni : Pada pagi hari sebelum sarapan, kemudian siang hari dan terakhir pada waktu malam sebelum tidur dengan disertai minum air putih yang banyak.
Cara Konsumsi Bawang Hitam
Cara Konsumsi Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam
Dalam mengkonsumsi bawang hitam ini agar terasa nyaman dan nikmat dalam mengkonsumsi bawang hitam ini cobalah :

• Penyajian yang nikmat

• Efek samping bawang hitam

Ada banyak cara penyajian bawang hitam yang mungkin bisa kita jadikan rujukan untuk lebih bisa menikmati bawang hitama ini dan manfaatnya bagi kesehatan kita.

• Bawang hitam Di tumis, jenis masakan apa saja pada umumnya membutuhkan bawang , jika kita ingin mendapatkan efek manfaat dari bawang hitam ini, maka tumis bersama masakan untuk beberapa siung bawang hitam ini.

• Bawang hitam di campur dengan kecap, haluskan atau iris-iris kemudian campurkan dengan kecap cukup nikmat untuk di konsumsi.

• Bawang hitam Di buat menjadi sambal

• Di bikin cuka atau kuah atau juga kerupuk dan empek-empek

• Dimakan langsung secara mentah, jika menginginkan bawang hitam memberikan efek manfaat yang lebih bagus.

Efek Samping Mengkonsumsi Bawang Hitam (Black Garlic) atau Bawang Putih Hitam

Bawang putih hitam aman di konsumsi karena tidak mengandung zat kimia apapun. Namun untuk penderita penyakit atau keadaan berikut ini tidak dianjurkan mengkonsumsi bawang hitam ini : Penderita Migran atau vertigo, penderita yang akan melakukan operasi, termasuk ibu yang akan melahirkan. Penderita kantong kempes atau tidak punya uang : D, Karena Harga Bawang Putih Hitam ini lumayan mahal. Hal itu mengingat proses pembentukan bawang hitam selama 35 hari.

Efek Samping mengkonsumsi Bawang Putih Hitam ( Black Garlic )
Banyak testimoni membuktikan penderita penyakit berat maupun ringan sembuh dengan mengkonsumsi Bawang Putih Hitam ( Black Garlic ) ini.  Memang benar senyawa minyak atsirinya terbukti baik sebagai antibakteri dan antiseptik bagi tubuh.
Kandungan Allicin berfungsi sebagai penekan pertumbuhan jamur, bakteri dan virus. Kalsium membantu kinerja jantung dan membantu pergerakan otot. Saltivine berfungsi mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan juga bisa untuk merangsang susunan sel syaraf.
Diallysulfide untuk senyawa anti-cacing. Vitamin A, B1, dan C berguna sebagai imunitas agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Zat besi sebagai pembentukan sel darah merah.
Fosfor bemanfaat dalam pembentukan tulang dan gigi. akantetapi dalam kondisi tertentu berikut efek samping mengkonsumsi bawang tunggal :

Bila bawang putih tunggal dikonsumsi dalam jumlah besar melewati mulut hal ini dapat beresiko khususnya pada si bayi.

Mengaplikasikan bawang putih tunggal dapat meningkatkan pendarahan secara khusus dikala operasi.
Bawang putih tunggal dapat merusak saluran gastrointestinal Kamu.
Bagi ibu hamil dan menyusui mengaplikasikan bawang putih mungkin dapat melukai kulit.

Efek samping lain juga meliputi : bau mulut, rasa terbakar di mulut atau perut, kentut, mual, muntah, bau badan, diare, asma dan munculnya alergi lain.

Meskipun ada efek sampingnya, secara umum bawang ini tetap sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tentunya selama mengikuti aturan-aturan dan dosis yang dianjurkan. kandungan bawang akan tetap bermanfaat bagi berbagai penyakit baik yang kronis maupun ringan.

Back To Top Bawang Hitam Ajaib - Black Garlic Atau Bawang Putih Hitam