Inilah Bibit Unggul Buah-Buahan Dan Ciri-Cirinya - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Inilah Bibit Unggul Buah-Buahan Dan Ciri-Cirinya

Ciri Bibit Unggul Tanaman Buah, Bawangbawangan.Com - Bibit tanaman buah unggul termasuk salah satu syarat mutlak untuk menghasilkan kualitas hasil panen buah yang unggul. Pada umumnya Bibit tanaman buah unggul jika di jual memiliki harga yang lebih mahal dari pada harga bibit buah biasa.
(Baca Juga: MACAM JENIS ANGGUR UNGGUL ASLI INDONESIA )
bibit ANGGUR UNGGUL
BIBIT ANGGUR UNGGUL

Cara membuat bibit unggul tanaman buah, bibit buah unggul dilakukan dengan cara vegetatif, Yakni : Cara membuat bibit buah yang dilakukan dengan cara kloning.
Bibit unggul buah mangga
Bibit unggul buah mangga 
Untuk memilih bakal bibit buah unggul biasanya dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap buah-buah yang sudah sampai masa produktif atau menghasilkan buah.

Jadi, Ringkasnya bibit vegetatif merupakan bibit tanaman yang didapatkan bukan persilangan tanaman jantan dan betina, akan tetapi bibit yang diperoleh dari mengambil langsung dari genetik induk tanaman.

Hal ini dimaksudkan agar asal tanaman yang berkualitas bagus akan diperbanyak menjadi bibit unggul tanaman seperti induknya. Bahkan, dimaksudkan agar Bibit unggul hanya menuruni sifat dan kualitas - kualitas yang dimiliki induk asalnya.
bibit unggul alpokat
bibit unggul alpokat

Ciri-ciri Bibit Tanaman Buah Unggul


Bibit tanaman buah yang unggul ciri-cirinya,antara lain:
  • Pertumbuhan Tanaman Lebih Cepat 
  • Buah Tanaman Besar 
  • Daging Buahnya Tipis 
  • Produksi atau Berbuahnya Banyak 
  • Tanaman tahan terhadap serangan hama dan penyakit. 
bibit unggul buah naga
Bibit unggul buah naga

( Baca juga : Jenis-Jenis Rambutan Unggulan dan Ciri-Cirinya )

Ciri – Ciri Lain Bibit Tanaman Buah Dinyatakan Unggul :

  • Bibit tanaman tumbuh seragam atau serentak jika bersama-sama ditanamkan. 
Jadi, Bibit tanaman yang kualitas unggul jika ditanamkan secara bersama-sama, maka semuanya bibit akan dapat tumbuh serentak juga.
  • Tahan Ketika Dipindah Ke Media Lain 
Bibit tanaman buah yang unggul jika dipindahkan ke media tempat penanaman lainnya misalnya seperti dipindahkan di dalam pot/polybag, kebun, sawah. Maka bibit tidak akan gampang mati, bisa tetap hidup dan tumbuh.
  • Bibit Tanaman Buah Unggul Tahan Terhadap Hama 
Bibit Tanaman Buah unggul tidak rentan terhadap serangan hama penyakit tanaman. Bibit Tanaman Buah unggul tidak akan mudah mati karena serangan hama penyakit.
bibit unggul tanaman buah
Bibit unggul tanaman buah KELENGKENG

Masalah ini tentunya merupakan perkara yang sangat menguntungkan bagi pembudidaya tanaman, karena dapat mengurangi biaya perawatan. Disamping itu, hasil buah dari tanaman yang sehat juga tetap berkualitas.
  • Pertumbuhan Bibit Tanaman Buah Unggul lebih Cepat 
Apabila menanam bibit biasa, banyak terjadi gangguan pertumbuhan atau kadang pertumbuhan tanaman lambat, namun hal itu tidak akan terjadi pada bibit unggul.
  • Tahan terhadap perubahan Iklim 
Tanaman Buah dengan bibit yang tidak bagus akan mati, jika sampai kekurangan air atau juga kelebihan air. Akan tetapi, untuk bibit tanaman buah unggul akan mudah beradaptasi terhadap cuaca.
bibit unggul buah durian
Bibit unggul buah durian
Tanaman dengan bibit unggul mampu bertahan hidup dan tidak akan mati, baik itu di musim hujan atau musim kemarau.
  • Bibit Tanaman Buah Unggul Produksinya Tinggi 
Tanaman dengan bibit unggul bisa menghasilkan panen buah yang lebih banyak dari pada tanaman bibit buah biasa.

Jika pada umumnya satu pohon tanaman hanya mengelurkan 10 buah, maka tanaman dengan bibit unggul bisa menghasilkan 20 buah jadi 2 kali lipat atau bahkan lebih. Selain itu, buah yang dihasilakn dari bibit unggul memiliki kualitas buah yang bagus, besar-besar dll.
  • Bibit Tanaman Buah Unggul Mempunyai Banyak Akar 
Bibit unggul tanaman dapat tumbuh dengan baik, karena tanaman memiliki akar yang banyak.

Sedangkan air dan nutrisi dari tanah mudah diserap oleh tanaman berbibit unggul. Bibit unggul akarnya juga mempunyai serabut yang banyak sebagai penyedot asupan nutrisi. Semakin banyak serabut akarnya, maka jalur asupan nutrisi juga menjadi mudah tercukupi.
bibit unggul buah manggis
Bibit unggul buah manggis
(Baca Juga: Varietas Bibit Apel Unggulan )
Bibit tanaman buah unggul ini tentu sangat menguntungkan bagi pembudidaya tanaman. Walaupun mungkin harganya terasa lebih mahal dari biasanya, namun hasil panen dari bibit unggul tanaman sangat memuaskan. Dan tentunya tingkat keuntungan dari hasil budidaya tanaman lebih besar di banding dengan menggunakan bibit tanaman biasa yang kerap kali gagal panen.

Bibit buah unggul ini menghadirkan banyak manfaat bagi pembudidaya, misalnya produksi buah – buahan yang di panen mempunyai kualitas baik, jumlah buah dari hasil panen lebih melimpah, pohon tanaman tidak gampang mati dan dapat terus berkembang dan berbuah. Tentunya hal ini bisa mengurangi biaya perawatan tanaman.
Bibit Unggul Buah-Buahan Anggur
Bibit Unggul Buah-Buahan Anggur
Bibit tanaman buah unggul sangat cocok pula bagi kita yang tidak mempunyai lahan luas untuk budidaya tanaman. Namun, tetap dapat menghasilkan kuantitas buah yang banyak.

Sangat bermanfaat sekali jika kita menanam bibit unggul tanaman buah sendiri di pekarangan rumah, jika sudah saatnya musim panen kita dapat memetik buah hasil tanam kita sendiri. [ Terkait : Bibit Buah Unggul Asli Indonesia ]

Back To Top Inilah Bibit Unggul Buah-Buahan Dan Ciri-Cirinya