Mudahnya Membuat Bawang Hitam Black Garlic  - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Mudahnya Membuat Bawang Hitam Black Garlic 

Cara Membuat Bawang Hitam,BawangBawangan.Com Jika Kamu dihadapkan dengan bawang merah, bawang putih dan bawang bombay tentu sangat familiar bagi Kamu. Namun, pernahkah sobat bawang-bawangan mengenal bawang hitam. Apa itu Bawang Hitam dan pernahkah mengkonsumsi bawang hitam ? atau sudah pernah membuat Bawang Hitam ?
cara membuat bawang hitam black garlic 
Cara Membuat Bawang Hitam Black Garlic 

Bawang hitam yang dimaksud ini ialah bawang putih yang dibuat dengan persiapan dan proses tertentu secara disengaja untuk memperoleh rasa,warna dan manfaat dari bentuk asli bawang putih.
Bawang hitam ini pada dasarnya adalah bawang putih yang di fermentasikan atau yang di panggang hingga sampai berubah bentuk , warna dan keadaan tertentu (hitam, kenyal, manis).

Bawang hitam ini merupakan bawang putih yang dimasak di ditempat yang kondisi kelembapannya mencapai suhu 60 derajat celsius, dalam rentang waktu 27-35 hari.

Proses pemasakan pada bawang putih dalam waktu sebulan tersebut membuat bawang putih berubah dari keadan aslinya menjadi berwarna coklat gelap, terasa lembut dan manis agak sedikit masam dan terasa lengket di tangan.

Bawang putih menjadi hitam ketika di masak dalam waktu yang lama pada suhu rendah karena Reaksi Maillard. Reaksi Maillard terjadi ketika gula dan asam amino dalam makanan ber-eaksi dengan panas dan mampu menghasilkan molekul kompleks (yang kemudian menghasilkan molekul yang lebih kompleks lagi ) sampai ratusan molekul yang menghapirinya.

Hal itulah yang menghasilkan warna coklat di steak saat dimasak atau pada sayuran ketika dipanggang. Sedangkan Reaksi Maillard sering dikaitkan dengan hal-hal yang dimasak dalam panas tinggi, hal itu pula dapat terjadi pada suhu yang rendah, dan tentunya memerlukan waktu lama.

Bawang hitam ini juga dapat di kombinasikan dengan berbagai hidangan. Bawang hitam ini akan menyumbangkan citarasa yang umami pada hidangan kesukaan. Bahkan Bawang hitam ini menjadi bumbu utama di amerika serikat, khususnya untuk rumah makan kelas atas.
Kita bisa menggunakan bawang hitam ini untuk membikin masakan aioli, salad dressing atau juga mungkin untuk membuat brownies yang lebih nikmat di mulut.

Back To Top Mudahnya Membuat Bawang Hitam Black Garlic