Bawang Dayak Khasiatnya dan Cara Mengkonsumsi serta Harganya - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Bawang Dayak Khasiatnya dan Cara Mengkonsumsi serta Harganya

Bawang Dayak Khasiatnya, BawangBawangan.Com - Bawang Dayak Nama Latinnya ialah eleutherine bulbosa. Indonesianya bawang sabrang. Lokalnya bawang Dayak atau bawang hutan. Dipercaya penuh khasiat. Kini di buru oleh para pencinta tanaman herbal.

Bawang dayak miliki nama latin eleutherine bulbosa. Sedangkan masyarakat nusantara dusebut sebagai bawang sabrang. Ada juga yang menyebutnya sebagai bawang hutan untuk bawang dayak ini.
gambar bawang dayak dan khasiatnya
Gambar bawang dayak dan khasiatnya via Youtube.com

Bawang dayak yang juga memiliki nama bawang berlian ini di percaya memiliki sejuta manfaat dan khasiat. Oleh sebab itu para tabib dalam pengobatan herbal banyak yang mencari bawang dayak ini.
Baca Juga : Khasiat Bawang Dayak, Bawang Sabrang, Bawang Berlian

Bawang Dayak dan Khasiatnya

Pada dasarnya Bawang-bawangan digunakan untuk bumbu olahan masakan.Selain itu juga untuk mengobati penyakit.  Contohnya bawang putih yang di gunakan untuk mengurangi kadar kolesterol. Contohnya lagi bawang merah yang sering dipakai untuk mengatasi gejala demam dan masuk angin.

Baca Juga : 
Manfaat Bawang-bawangan bagi Kesehatan
Klasifikasi dan Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Tempat untuk budidaya bawang dayak sangat cocok dilakukan di dataran tinggi. Bawang dayak atau bawang sebrang atau bawang berlian ini mirip sekali dengan umbi bawang merah yang berwarna merah merkah. Namun bawang Dayak ini tidak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Melainkan hanya dimanfaatkan sebagai obat berbagai macam jenis penyakit, jadi bawag dayak khasiatnya besar untuk pengobatan alami.

Jenis bawang yang bermanfaat dan berkhasiat sangat baik untuk kesehatan. adalah, bawang sabrang  yang memiliki nama latin eleutherine bulbosa. Orang-orang di Kalimantan pada umumnya, menamai tanaman umbi-umbian ini sebagai bawang hutan atau bawang Dayak.

Bawang dayak tergolong masuk dalam kelompok umbi-umbian yang ajaib. karena dipercaya banyak orang mempunyai khasiat yang sangat dahsyat. Bawang Dayak Khasiatnya yang mujarab dari tanaman bawang dayak ini untuk digunakan sebagai obat penyakit sangat populer di tengah-tengah masyarakat yang mengenalnya.

Bawang dayak ini seringkali digunakan dalam pengobatan penyakit kanker, jantung, asam urat, diabetes, pendarahan,dan juga untuk sistem kekebalan tubuh.

Bawang yang terkenal dengan sebutan tumbuhan sejuta manfaat ini sekarang mudah untuk di dapatkan. Bersama dengan kepopulerannya sebagai obat kanker, bawang dayak banyak yang memburunya. dampaknya pembudidaya atau petani beramai menanam bawang dayak sebagai pemenuhan permintaan pasar.berbeda dengan tempo dulu, untuk tanaman sejuta manfaat ini orang harus rela blusukan di tengah hutan. sedangkan untuk dekade terakhir ini,Hampir semua penjual obat herbal menanam bawang ini di pekarag dan di dekat rumah. karena memang menanam bawang dayak tergolong mudah.

Harga Bawang Dayak

Adapun harga bawang dayak ini bermacam-macam, biasanya untuk harga bawang dayak kering sekitar 25.000 yang bobotnya sekitar 250 gr. Sementara harga bawang dayak yang masih basah segar seberat 1 kg masih dalam ikatan, harganya sekitar juga 25.000.
.
Adapun biasanya yang dimanfaatkan untuk pengobatan dari bawang dayak ialah air rendaman dari bawang dayak yang telah berwarna merah. Adapun rasa dari bawang dayak ini sepat dan agak pahit seperti rasa jamu pada umumnya, sedangkan aroma untuk bawang dayak tidak seperti bawang bawangan pada umumnya. Aroma bawang dayak tawar-tawar saja.

Untuk mendapatkan rasa yang nyaman di lidah dalam mengkonsumsi tanaman sejuta manfaat ini, anda bisa mencampur bawang dayak dengan madu atau gula bagi selain pengidap penyakit kencing manis.


Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak

Sebenarnya Cara Mengkonsumsi Banyak Dayak ada dua cara mengolah bawang Dayak sebagai obat : Bawang segar dan irisan bawang Dayak yang sudah kering.

Cara menggunakannya sebagai obat cukup praktis. bawang Dayak yang sudah kering cukup diseduh satu sendok dengan air panas mendidih. lalu Tunggu beberapa saat sampai air panas menjadi hangat dan warna air menjadi merah. Setelah itu langsung saja seduhan dari bawang dayak diminum 2-3 kali sehari.

Bawang Dayak ini dulunya tidak diminati. sehingga cukup sulit untuk mendapatkan bawang dayak ini, karena masyarakat luas belum mengerti manfaat dan khasiatnya. Sehingga sulit untuk menemukan  penjual tanaman umbi bawang sejuta manfat ini. Jika ada penjual obat yang memilik bawang dayak ini, maka akan mematok dengan harga yang sangat mahal.

Namun, Ada juga penjual bawang dayak yang bawangnya tidak ada yang membeli sampai bawangnya pada busuk. hal itu karena, masyarakat sekitarnya masih belum mengerti akan khasiat dari bawang dayak sejuta manfaat ini.

Sehingga dulu terasa sangat susah, susahnya mulai dari susah mendapatkan bawang dayak,peminat bawang sedikikit, dan harga bawang dayak mahal. Berbeda dengan sekarang ini, masyarakat sudah mulai memburu bawang Dayak dan yang menanam juga banyak.Hampir semua penjual obat herbal punya bawang dayak.

Tulisan diatas merupakan hasil dari wawancara kepada salah seorang penjual obat herbal bawang dayak di Palangka Raya.

Tags : Bawang dayak khasiatnya apa, bawang dayak khasiatnya,bawang dayak khasiat,bawang dayak dan khasiatnya,gambar bawang dayak dan khasiatnya,bawang dayak dan khasiat,bawang dayak khasiat nya  Baca Juga : Cara Mengolah dan Mengkonsumsi Bawang Dayak untuk Mengobati Kanker

Back To Top Bawang Dayak Khasiatnya dan Cara Mengkonsumsi serta Harganya