Cara Budidaya Kacang Panjang Agar Berbuah Lebat - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Budidaya Kacang Panjang Agar Berbuah Lebat

Budidaya Kacang Panjang Agar Berbuah Banyak, BAWANGBAWANGAN.COM Kacang panjang berbeda dengan tananaman pada umumnya, kacang panjang lebih sering dipanen polongnya secara keseluruhan menjadi sayur. jarang sekali biji kacang panjang tua dimanfaatkan untuk olahan masakan tertentu.

Syarat tumbuh tanaman kacang panjang
Budidaya kacang panjang, Cara Agar Kacang Panjang dapat tumbuh dengan baik dan agar berbuah lebat, maka kacang panjang membutuhkan tanah yang gembur. Sebaiknya tanah masih kaya akan bahan organik. jika tanah tidak kaya organik, maka ketika tanah diolah dapat ditambahkan pupuk kandang pada tanah.

Nilai PH yang cocok untuk tanaman kacang panjang, yaitu sekitarnya 5,5. Tanaman kacang panjang bisa ditanam di lahan tegalan, pekarangan, perkebunan serta pekarangan halaman rumah- belakang rumah

Waktu penanaman atau budidaya kacang panjang paling cocok ditanam di awal atau akhir musim penghujan . Lahan terbuka di dataran rendah sangat disukai tanaman kacang panjang . Apabila ada naungan maka produksi buah tanaman kacang panjang kurang banyak atau lebat. Jadi salah satu penentu dari cara budidaya kacang panjang agar berbuah lebat adalah memilih waktu yang cocok untuk budidaya kacang panjang. [ Baca Juga ; Cara menanam kacang panjang di pekarangan rumah ]

Jenis atau varietas kacang panjang

Berdasarkan tipe pertumbuhan tanaman kacang panjang, Maka kacang panjang digolongkan menjadi dua yaitu  :  Tipe kacang panjang merambat dan kacang panjang tidak merambat.

jenis tanaman kacang panjang yang merambat lebih disukai para petani pembudidaya kacang panjang dari pada yang jenis kacang panjang yang tidak merambat.

Jenis Kacang Panjang yang di Sarankan untuk di budidayakan

Varietas atau jenis kacang panjang yang dianjurkan untuk dataran rendah ada dua macam, yaitu :

Varietas Kacang Panjang 1
Varietas kacang panjang yang di rekomendasikan untuk di tanam yaitu tanaman kacang panjang yang bercirkan : batangnya berwarna hijau muda dan bentuk persegi enam . daunnya berbentuk seperti delta dengan objek meruncing . daunnya berwarna hijau tua dengan permukaan berbulu halus . bunga  kacang panjang berbentuk kupu-kupu berwarna biru muda . polongnya cilik , panjangnya 40 sampai 75 cm, warnanya hijau tua rumah rasanya agak manis dan renyah.
Tanaman dari kacang panjang yg bisa menghasilkan 4 sampai 15 voltok . biji bulat panjang tegak gepeng dan bila sudah tua berwarna coklat tua belang putih . tanaman dewasa tingginya mencapai 2 meter lebih . pada umur 28 hari sudah berbunga dan pada umur 59 -79 hari sudah dapat dipanen . produksi rata-ratanya yaitu 6,2 ton per hektar nya polong muda atau 0,4 ton per hektar biji kering .
Varietas kacang panjang ini cukup tahan terhadap penggerek polong dan cendawan busuk perusak polongan, namun kurang tahan terhadap serangan virus 1 .

Varietas kacang panjang 2
Varietas kacang panjang ini berasal dari Bogor yang cocok ditanam pada daerah dengan ketinggian dibawah 500 mdpl.

Batang kacang panjang berwarna hijau muda dan persegi enam . daun dan bunganya mirip dengan kacang panjang 1. tolong cilik , langsung dengan panjang 35 sampai 60 cm , dan berwarna hijau . jumlah polong dalam satu tanaman dapat mencapai 5 sampai 18 buah lebih banyak dari kacang panjang tipe 1. polong kacang yang masih muda rasanya agak manis . biji yang tua berwarna coklat muda.

Tanaman dewasa dari kacang polong kacang panjang ini tingginya mencapai 2 meter lebih . mulai berbunga saat berumur 30 hari . kacang panjang untuk sayur dipanen pada umur 58 sampai 80 hari sesudah tanam dengan tingkat produksi 5,9 ton per hektarnya . Bila panen dalam bentuk biji kering hasilnya sekitar 0,5 ton per hektarnya. varietas kacang panjang ini cukup tahan terhadap cendawan busuk polong dan penggerek polong , tetapi rentan terhadap virus sapu.


Cara Pembenihan dalam budidaya kacang panjang

Tanaman Kacang panjng diperbanyak dengan bijinya. biji kacang panjang yang dijadikan bibit tidak negatif dari buah kacang yang sudah masak. jadi, tanaman kacang yang diambil sebagai benih adalah tanaman yang tumbuh secara sehat.

Pilih polong yang sehat dan mulus, biarkan sampai kulit luarnya menarik dan kacang panjang yang masak di pohon ini harus sehat dan mulus, untuk satu hektar lahan yang dibuat untuk budidaya kacang panjang, biasanya membutuhkan sekitar 15 sampai 20 kg. benih kacang panjang yang disimpan biasanya sering dirusak hama gudang. oleh karena itu biji yang akan dijadikan benih bibit tanamanan kacang panjang perlu perlakuan perwatan benih dengan menggunakan pestisida.

Untuk setiap 1 Kg benih kacang dibutuhkan 1- 2 gram pestisida yang dilarutkan dalam 1 1/2 liter air. merendam benih sekitar 3 menit dalam larutan. Ikuti Petunjuk Penggunaan Pestisida di Tempat Penyuluhan Pertanian terdekat.


Penanaman tanaman kacang panjang


Cara menanam kacang panjang agar berbuah lebat, setelah biji  di persiapakan, maka buatlah lubang tanam dengan tugal dengan jarak tanam antar baris 75 cm, dan jarak antar tanam 25 cm. masukan dua sampai tiga butir benih ke dalam lubang. kemudian lubang ditutup dengan tanah tipis-tipis tanpa dipadatkan.

Pertumbuhan tanaman kacang panjang tidak mesti ditanam dalam bedengan. jika ingin membuat parit dalam barisan, maka cukup dengan menaikkan tanah di kiri-kanan tanaman. sehingga barisan menjadi lebih tinggi.
Cara Budidaya Kacang Panjang Agar Berbuah Lebat
Cara Budidaya Kacang Panjang Agar Berbuah Lebat

Cara merawat dan memelihara tanaman kacang panjang


Cara Merawat Kacang Panjang agar berbuah Lebat, Kacang panjang yang tipenya merambat perlu diberi lanjaran. jika kacang tipe merambat ini tidak diberi lanjaran atau ajir,  maka pertumbuhan tanaman akan menumpuk tak menentu. posisi buahnya pun akan berserakan di tanah. Ajir dibuat dari bambu yang panjangnya 2 m. Ajir dipasang saat tinggi tanaman mencapai 25 cm.

Agar pertumbuhan tanaman kacang panjang teratur, maka antar tonggak ajir di pasang tali. Tali-tali ini penting untuk julur cabang-cabangnya yang akan tumbuh kemudian.

Adapun pemangkasan pada tanaman kacang panjang ini diperlukan jika tanaman terlalu subur daunnya. maka daun kacang bisa dikurangi agar pertumbuhan generatifnya menjadi baik.


Cara memupuk tanaman kacang panjang

Pemupukan terhadap kacang panjang agar kacang bisa berbuah lebat dan banyak, Tanaman kacang panjang membutuhkan pupuk kandang sebanyak 10 sampai 15 ton per hektar. pupuk ini diberikan bersamaan dengan tahap pengolahan tanah.

Pupuk tanaman dicampur dengan tanah dan disebarkan secara merata pada tanah lapisan atas. sedangkan pupuk anorganik yang dibutuhkan adalah UREA sebanyak 50 gram per hektarnya, TSB sebanyak 100 kg per hektar dan KCL sebesar 100 kg per hektarnya.

Pupuk UREA untuk kacang panjang agar berbuah banyak dan lebat, maka pupuk diberikan dalam dua tahap. Tahap pertama pada waktu tanam dan kedua pada waktu tanaman berumur 3 minggu. setiap pemberian dosis saat setengah dari jumlah dosis total. sedang jenis pupuk yang lain dapat diberikan sekaligus.

Soal pupuk urea ada juga yang berpendapat bahwa pembeliannya cukup setengah dosis saja. Hal ini karena kacang panjang adalah tanaman yang dapat mengikat unsur nitrogen bebas dari udara melalui bintil akar nya yang mengandung rhizobium. oleh karena itu, bila tanah gembur dan bintil akar yang tumbuh banyak, maka pemberiannya cukup setengah dosis saja


Hama dan penyakit pada tanaman kacang panjang

Hama termasuk masalah yang menghambat pertumbuhan tanaman tidak sehat dan hasil buah tidak lebat. Adapun hama yang kerapa kali menyerang tanaman kacang panjang antara lain : Ulat penggerek polong gejala serangannya terlihat pada polong yang berlubang dan sering terlihat ulat di dalamnya.

Untuk mencegah hama ini dapat digunakan tamaron 200 LC dengan dosis 3-5 ml/per 1 liter air atau 550C dengan dosis 1-2 ml per 1 liter air.

Selain hama diatas, ada juga hama kacang yang tergolong sangat menjengkelkan yaitu Lalat kacang Tanaman yang terserang menjadi layu.

Kematian pada tanaman kacang akan terjadi jika serangan hama ini terjadi pada tanaman yang baru tumbuh.

Pengendalian terhadap serangan hama ulat ini bisa menggunakan insektisida tamaron 200 LC dengan dosis 2 sampai 4ml per 1 liter air. insektisida disemprotkan sejak tanaman berkecambah setiap 5 sampai 7 hari sekali.

Jika tanaman diserang oleh ulat grayak maka daunnya berlubang-lubang dan bahkan sering tinggal tulang daunnya saja. ulat grayak dicegah dengan insektisida bayrusil 250 C dengan dosis 100 sampai 2 ML 1 liter air atau tugu Dion 500cc dengan dosis 1 sampai 2 ml per 1 liter air. Hama yang tidak tampak batang tanaman tetapi menyerang lewat bawah adalah Ulat tanah. tanaman muda digigit bagian pangkalnya hingga mengganggu pertumbuhan

Tanaman mudah di gigit bagian pangkalnya hingga mengganggu pertumbuhan. Hama ini bisa dicegah dengan menyemprotkan tamaron 200cc, 2 sampai 4 ml per 1 liter air atau dengan memberikan 96 SP 100 gram yang dicampur 10 kg tidak harus ditambah setengah kilogram gula atau mulato. campuran di aduk merata dan disebarkan di bagian bawah tanaman.

Penyakit yang banyak menyerang tanaman kacang panjang antara lain bercak daun akibat Serangan jamur dengan gejala berupa bercak-bercak pada daun yang diikuti dengan kerusakan daun hingga rontok. Selain itu penyakit karat daun dan busuk polong sering terlihat pada tanaman kacang panjang yang diserang cendawan.

Sebagai pencegah terhadap ketiga jenis penyakit ini bisa disemprotkan antracol 70 WP dengan dosis 2 sampai 4 ml per 1 liter air. jika cuaca kering maka diberikan sekali seminggu. jika lembab di semprotkan 2 kali seminggu. tindakan mengurangi kelembaban termasuk tindakan pencegahan penyakit pada tanaman kacang panjang agar tetap bisa berbuah lebat dan banyak.


Cara panen tanaman kacang panjang berbuah lebat

Tanaman kacang panjang bisa dipanen beberapa kali. panen untuk sayuran ini dilakukan mulai umur 50 sampai 60 hari. Kacang panjang yang tepat untuk sayur segar ialah kacang panjang yang warnanya hijau segar dan polongnya masih muda. Polong kacang yang tidak padat lagi, isinya mengeras dan kulitnya berserat tak cocok untuk sayuran. Oleh sebab itu, panen kacang panjang harus tepat waktu. lain halnya untuk polong yang memang akan disiapkan untuk benih. Untuk keperluan bibit yang akan ditanamkan kembali, polong baru cocok dipanen setelah benar-benar tua. interval panen dilakukan seminggu sekali. Ini bisa berjalan sampai masa produktif terhenti atau setelah tanaman berumur sekitar 4 bulan.
Tag : Sayuran

Back To Top Cara Budidaya Kacang Panjang Agar Berbuah Lebat