Varietas atau Jenis-Jenis Bawang Bombay - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Varietas atau Jenis-Jenis Bawang Bombay

Bawang bombay memiliki banyak jenis atau varietas, varietas bawang bombay yang telah dibudidayakan atau ditanam secara komersial terutama di negara-negara subtropis. Akan tetapi, karena pengusaha atau pembudidaya bawang bombay ini masih tergolong belum populer di indonesia, maka belum banyak varietas yang sudah dicoba di Indonesia dan juga karena belum berkembang luas sebagaimana bawang merah dan bawang putih, maka nama-nama varietas bawang bombay juga tergolong asing. yang berarti berasal dari negara seberang yang mungkin kondisi alamnya berbeda dengan Indonesia kalau dilihat dari sifatnya terhadap lama penyiraman matahari, maka varietas bawang bombay bisa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar.
bawang bombay
Varietas jenis bawang bombay

Varietas Bawang Bombay


Varietas bawang bombay Kelompok pertama ialah varietas yang bersifat hari pendek, varietas bawang bombay ini cocok untuk ditanam di daerah-daerah tropis seperti Indonesia, lama penyinaran matahari yang dibutuhkan relatif tidak panjang, hanya sekitarnya 12 jam perharinya. bahkan mungkin kurang sedikit dari waktu itu.

Varietas bawang Bombay kelompok yang kedua adalah varietas yang bersifat dari panjang. yakni varietas bawang bombay ini bisa tumbuh dan memberikan hasil yang baik, jika cukup lama mendapatkan penyinaran matahari dengan lama sekitarnya 14 jam perhari atau lebih dari itu.

Dan kelompok varietas bawang bombay ini paling cocok untuk ditanam di daerah sub-tropis.  jenis-jenis dari kelompok ini jika ditanam di daerah tropis umumnya sulit membentuk umbi atau bahkan tidak membentuk umbi. namun juga memerlukan waktu yang cukup lama. Setidaknya harus ada enam bulan atau lebih baru membentuk umbi, itupun hasilnya tidak menentu.

Tabel Varietas Tanaman Bawang Bombay

Beberapa varietas bawang bombay seperti dalam keterangan berikut ini :
varietas bawang bombay
varietas bawang bombay
Dari keterangan di atas bisa di simpulkan bahwa bawang bombay dikelompokkan berdasarkan sifat lama penyinaran nya oleh sinar matahari, panjang atau pendek yang perlu diingat yang paling cocok dengan kondisi Indonesia adalah varietas dari kelompok hari pendek.

Jenis-jenis bawang bombay hari pendek yang sudah pernah dicoba di Indonesia dan Hasilnya cukup baik diantaranya adalah Patna Early,Early Grano,Burmuda White, Burmuda Yellow, Red Creole.

Jenis Bawang Bombay  hari panjang yang lain yang cukup populer diantaranya ialah Globe Danvers, Yellow Globe, Silver king dan lain sebagaianya.

Masih banyak lagi varietas-varietas bawang bombai yang ada di antaranya adalah Excel dan white.

Back To Top Varietas atau Jenis-Jenis Bawang Bombay