Tips Memilih Bibit Bawang Bombay yang Baik dan Benar - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Tips Memilih Bibit Bawang Bombay yang Baik dan Benar

Seringkali bibit tanaman dianggap sebagai tolak ukur kesuksesan atau kegagalan usaha budidaya suatu tanaman, khususnya dalam menanam bawang. Meskipun tidak mutlak kebenarannya , akan tetapi bagaimanapun juga bibit memegang peranan yang sangat penting sekali bagi keberhasilan dalam budidaya tanaman.

Bibit bawang bombay yang tidak baik dan rendah kualitasnya tidak bisa terlalu banyak diharapkan untuk bisa memberikan hasil yang maksimal atau memuaskan . Oleh sebab itu , memilih bibit menjadi salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan dalam budidaya bawang bombay.

Bibit Bawang Bombay, jika dibandingkan dengan bawang merah atau bawang putih agaknya lebih sulit untuk mendapatkan bibit bawang bombay. Hal ini bisa dimaklumi sebab memang pembudidayaan bawang bombay masih belum semeriah atau serpopuler bawang merah dan bawang putih.

Cara Memilih Bibit Bawang Bombay Yang Baik Dan Benar


Beberapa jenis bibit impor nampaknya merupakan salah satu alternatif yang bisa dipilih untuk menanam bawang bombai sebagai bibit bawang bombay tentu saja perlu dicari jenis-jenis yang sesuai dengan kondisi alam dan iklim di tanah Indonesia bisa juga mengadakan bibit sendiri atau membuat diri sendiri bawang bombay baik berupa biji maupun umbi-umbi nya.
Baca Pula : Cara Membuat Sendiri Bibit Bawang Bombay Dari Biji

Pada dasarnya bawang bombay bisa dikembangbiakkan dengan umbi maupun dengan biji-biji bawang. Di Indonesia dalam penggunaan bibit berupa umbi lebih Umum dilakukan meskipun harganya relatif lebih mahal.



Sebetulnya dengan menggunakan bibit dari biji akan lebih murah. Dengan biji bisa dibuat persemaian untuk menghasilkan bibit tanaman muda yang kemudian ditanam di lahan perkebunan atau persawahan. Dengan biji juga dapat dihasilkan umbi muda dalam ukuran tertentu yang cocok dan baik untuk bibit. Umbi bibit dari biji ini disebut sebagai sets.

Bibit Semai Dari Biji Bunga Bawang Bombay

Cara menanam bawang bombai dapat dilakukan dengan menggunakan biji yang dipersembahkan terlebih dahulu. Dengan biji-biji bawang bombay ini biasanya bisa dihasilkan umbi tunggal dan merupakan cara murah dalam budidaya bawang bombay, karena memang harga bibitnya relatif murah.
Gambar Bibit Bunga Bawang Bombay
Gambar Bibit Bunga Bawang Bombay
Sayangnya bawang bombai sulit sekali berbunga dan mengeluarkan biji-bijinya. Apalagi di Indonesia yang iklimnya tropis dengan suhu udara rata-rata yang tinggi. Selain itu, meskipun bawang bombay dapat menghasilkan biji, biji bawang bombay jarang yang bagus mutunya untuk dijadikan bibit dan sebagian besar biji-biji gabug.

Pilihan yang bisa dilakukan dalam masalah bibit bawang bombay adalah dengan mendatangkannya dari luar negeri. Dan cara ini juga ada kelemahannya. Yaitu, kondisi ekologi yang tidak sama merupakan salah satu masalahnya dan untuk mendatangkannya perlu hati-hati sekali yang harus dipilih jenis paling yang paling cocok dengan kondisi tanah dan iklim di Indonesia.

Back To Top Tips Memilih Bibit Bawang Bombay yang Baik dan Benar