Cara Menanam Cabe Rawit Agar Cepat Berbuah Lebat - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Menanam Cabe Rawit Agar Cepat Berbuah Lebat

Cara menanam cabe rawit yang baik dan benar agar cepat berbuah lebat, Bawangbawangan.Com I Tanaman cabe rawit bisa ditanam baik di dataran rendah maupun juga di dataran tinggi, pada musim kemarau maupun juga pada musim hujan. Tanah yang cocok untuk tanaman cabe rawit ini adalah tanah yang subur gembur, cukup mengandung humus,dan tersedia saluran pembuangan air yang baik.
cara menanam cabe di pot agar berbuah lebat
Menanam cabe di pot Polybag berbuah lebat via tandmworldwide.com
Cara Menanam bibit cabe rawit adalah dari bijinya. Tanaman cabe rawit juga bisa ditanam dengan cara menanamnya di Pot/polybag,secara hidroponik dan juga bisa menanam cabe secara organik.


Macam-Macam Jenis Cabe Rawit

Cabe rawit bisa dibedakan atas beberapa jenis berikut ini :

Cabe Rawit Kecil 
Cara menanam Cabe Rawit Kecil Agar berbuah lebat
Cabe Rawit Kecil berbuah lebat

Cabe kecil yaitu jenis cabe yang buahnya kecil, pada waktu masih muda warnanya hijau setelah masak berwarna merah .

Cabe Rawit Putih 
Cabe Rawit Putih
Cabe Rawit Putih
Cabe jenis putih ini buahnya lebih besar daripada cabe kecil .  Pada waktu masih muda warnanya putih setelah masak cabe ini berwarna merah .

Cabe Rawit Ceplik
Cabe Rawit Ceplik via rumahagri.blogspot.co.id
Cabe rawit ceplik ini buahnya juga tergolong besar, jenis cabe ceplik ini pada waktu masih muda berwarna hijau setelah tua berubah menjadi warna merah .


Cara menanam cabe rawit yang baik agar berbuah lebat dari bijinya


Langkah pertama untuk menanam cabe rawit ini yaitu pengolahan tanah .  Tanah harus dibajak dan dicangkul cukup dalam . Kemudian dibuat menjadi bedengan bedengan atau dilengkapi dengan saluran saluran pembuangan air .

Selanjutnya cara menanam cabe rawit yaitu membuat bibit cabe .  Membuat bibit cabai rawit harus disemaikan terlebih dahulu sebelum ditanamkan di sawah atau kebun.


Cara menanam cabe rawit dari bijinya


Untuk mempercepat pertumbuhan bibit cabe , biji biji cabe sebaiknya direndam terlebih dahulu dalam air selama 24 jam lamanya sebelum ditanamkan .  Yang perlu diperhatikan yaitu biji cabe yang baik adalah biji biji cabe yang betul-betul masak dan sudah kering .

Cara menanam cabai rawit atau bibit cabai rawit. cabai rawit baru bisa dipindahkan setelah tumbuh setinggi kira-kira 15 cm dalam persemaian bibit cabe. Penanaman bibit cabe ini dilakukan dengan jarak tanam 60 cm kali 90 cm .


Cara Merawat Cabai Rawit  yang baik agar berbuah lebat


Langkah-langkah merawat cabe rawit adalah penyiraman , penyiangan dan pemupukan serta pemberantasan hama dan penyakit yang menyerang tanaman cabai rawit

Penyiraman tanaman cabai rawit

Cara menyiram bibit tanaman cabe yang baik dan benar yaitu bibit cabe disirami mulai tumbuh dengan air secukupnya saja .

Cara Menyiangi Tanaman Cabe Rawit

Menyiangi tanaman cabe dengan cara rumput dan tumbuh-tumbuhan lihat di sekeliling tanaman cabe harus disiangi sekaligus diadakan pendangiran agar tanah tetap gembur .


Pemupukan untuk tanaman cabe Rawit

Cara pemupukanmemupuk tanaman cabe yang baik dan benar, untuk menghasilkan banyak buah agar tanaman cabe berbuah banyak. tanaman cabe dapat dipupuk dengan za dan zk dengan perbandingan 1 banding 1. Pemupukan diberikan dua kali tiap tanaman diberi pupuk sebanyak 1 hingga 1 setengah sendok makan.

Video Cara Merawat Tanaman Cabe

Selanjutnya yang keempat yaitu pemberantasan hama dan penyakit.

Pemberantasan hama dan penyakit pada cabe rawit

Tanaman cabe banyak diserang hama gurem atau yang disebut sebagai trips,kutu busuk,dan kutu daun.

Dan penyakit yang sering menyerang tanaman cabe yaitu penyakit layu.  Penyakit layu ini bisa dicegah dengan mengadakan pergiliran tanaman secara teratur .

Cara memanen tanaman cabe rawit


Tanaman cabe rawit mulai bisa dipungut hasilnya atau dipanen setelah berumur 2 setengah bulan selama kira-kira 7 bulan , bahkan dapat mencapai 2 tahun , jika selalu diadakan pemangkasan pada tanaman tanaman cabai rawit yang telah dibudidayakan.


Itulah ulasan kami berkenaan dengan cara menanam cabe rawit yang baik dan benar agar berbuah lebat. Semoga bermanfaat
Tag : Sayuran

Back To Top Cara Menanam Cabe Rawit Agar Cepat Berbuah Lebat