Cara Menanam Cabe Besar yang Benar dan Baik - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Menanam Cabe Besar yang Benar dan Baik

Cara Menanam Cabe Besar, BawangBawangan.Com I Cabe besar hamipir sama dengan cabe rawit, yakni cabe besar dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun juga di dataran tinggi dengan keadaan yang udaranya kering di mana tempat penanaman cabe besar ini harus subur ,  banyak humus ,  keburu dan dilengkapi saluran-saluran pembuangan air yang baik.
cara menanam cabe besar dari biji
Cara Menanam Cabe Besar yang Benar dan Baik dari Biji

Cara Menanam Cabe Besar yang Baik dan Benar


Langkah-langkah dalam menanam cabai besar yang benar yaitu meliputi pengolahan tanah ,  pembibitan ,  dan penanaman bibit . 
Cara Menanam Cabe Besar yang Benar dan Baik
Cara Menanam Cabe Besar yang Benar dan Baik
Pengolahan Tanah untuk Tanaman Cabe Besar

Tanah yang akan ditanami cabe besar ini harus diolah sebaik mungkin dengan dibajak dan di cangkul yang dalam .  Kemudian dibuat menjadi bedengan-bedengan .  Pada bedengan-bedengan yang akan ditanami cabai besar ini disiapkan lubang tempat penanamannya yang sekaligus diisi dengan pupuk kandang atau juga pupuk kompos yang telah masak . 

Jarak antara lubang yang satu dengan lainnya yang ditanami tanaman cabe adalah 60 cm x 90 cm atau 50 cm x 100 cm . 
cara menanam cabe besar dan kecil


Pembibitan Cabe Besar yang Baik dan Benar

Tanaman cabe besar harus disemaikan terlebih dahulu sebelum ditanamkan. persemaian dapat dilakukan pada bedengan atau pada kotak persemaian .  

Biji yang disemaikan biji biji cabe yang disemaikan harus masak betul dan juga kering .  Ini dilakukan sebanyak satu setengah hingga dua bulan sebelum permulaan musim kemarau . 

Cara menanam Bibit Cabai  yang baik dan benar 


Bibit bibit cabai di persemaian yang sudah berumur satu setengah bulan bisa dicabut dipindahkan dan ditanamkan pada lubang-lubang yang telah dipersiapkan pada bedengan bedengan tempat penanaman tanaman cabai . 

Cara Memelihara Cabe Besar  yang baik dan benar 

Tahap-tahap menanam cabe setelah proses penanaman bibit adalah pemeliharaan dengan cara penyiraman,penyiangan,pemupukan dan pemberantasan hama dan penyakit.

Penyiraman
Cara merawat tanaman cabai yang pertama adalah penyiraman dengan cara bibit yang sudah ditanam harus selalu disiram. Sebaiknya penyiraman dilakukan pada waktu sore harinya . 

Penyiangan untuk tanaman cabe besar  yang baik dan benar 
Cara menyiangi tempat yang ditanami cabe yaitu semua rumput-rumput dan tumbuhan liar yang tumbuh di keliling tanaman harus disiangi atau dibuang atau dicabuti . 

Penyiangan bisa dilakukan setiap 3 minggu sekali supaya tanaman cabe besar ini dapat tumbuh secara subur dan berkualitas . 

Pemupukan Pada Tanaman Cabe Besar yang baik dan benar 
Cara memupuk cara mencari besar ini yaitu pada waktu tanaman jahe dasar berumur 1 bulan maka hendaknya dilakukan pemupukan yang pertama menggunakan pupuk pupuk npk ,  dengan perbandingan 1 banding 2 banding 2 . Jumlah nitrogen yang dibutuhkan sekitarnya adalah 30 hingga 50 kg per hektarnya .

Pemupukan yang kedua untuk tanaman cabe besar ini dilakukan dua minggu kemudian dalam bentuk larutan yang disiramkan pada sekeliling tanaman cabe
Terkait : Cara Menanam Cabe Rawit Agar Cepat Berbuah Lebat

Video Cara Merawat Tanaman Cabe

Pemberantasan Hama Dan Penyakit
Hama dan penyakit pada tanaman cabe besar yang sering menyerang adalah hama thrips atau gurem, kutu kutu pucuk ,  dan kutu daun penyakit penyakit yang sering menyerang tanaman cabe besar juga seperti penyakit yang sering menyerang pada tanaman cabe rawit yaitu diantaranya ialah penyakit layu yang bisa dicegah dengan mengadakan pergiliran tanaman secara teratur . 


Cara Memanen Tanaman Cabe Besar
Dalam memanen cabe besar bisa dipanen atau diambil hasilnya buah-buahnya setelah tanaman berbuah berumur 3 bulan dari masa penanaman . 
cara menanam cabe besar di musim hujan
Cara menanam cabe merah besar
Pada pemungutan buah cabe besar bisa berlangsung terus selama 6 hingga 7 bulan, baik buah yang masih hijau maupun yang sudah merah merona.
Tag : Sayuran

Back To Top Cara Menanam Cabe Besar yang Benar dan Baik