Klasifikasi & Morfologi Tanaman Jagung - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Klasifikasi & Morfologi Tanaman Jagung

Klasifikasi dan Morfologi Jagung -BawangBawangan.Com Jagung memiliki nama Latin Zea mays L termasuk dalam famili Graminae. dan bentuk dari jagung lebih mirip dengan rerumputan dan tubuhnya lebih kuat. jagung termasuk tumbuhan dikotil atau berbiji tunggal. jagung sangat baik dibudidaya negara tropis.
Klasifikasi dan Morfologi Jagung
Klasifikasi dan Morfologi Jagung
Jagung dapat tumbuh di tanah sawah pada musim kemarau sekitarnya bulan April sampai September. jika ditanam di sawah,tegalan atau pekarangan sebaiknya jagung ditanam pada musim hujan atau Pada musim Labuhan yaitu sekitarnya bulan Oktober sampai November.

Yang terpenting bagi tanaman jagung adalah tanahnya harus gambar dengan lapisan bunga tanah yang tebal dan banyak mengandung humus. tempat yang digunakan untuk menanam jagung yang paling baik yaitu tanah yang memiliki curah hujan tidak terlalu lebat. Tanaman jagung tumbuh pada suhu sekitarnya 21 celcius sampai 30 Celcius. 

Tanaman jagung bisa ditanam pada dataran rendah sampai dataran tinggi yaitu antara 1000 hingga 1800 MDPL.

Klasifikasi Tanaman Jagung

Klasifikasi Tanaman Jagung

Morfologi Tanaman Jagung

Morfologi atau bagian-bagian jagung terdiri dari akar,batang,daun,bunga,dan biji.

1. Akar Jagung Dan Bagian-Bagiannya
Akar yang muncul sejak jagung berkecambah disebut sebagai akar. akar ini tumbuh ke bawah. akar yang tumbuh memanjang ke samping disebut akar lateral, sedangkan akar yang tumbuh dari bulu-bulu di atas permukaan tanah disebut akar udara.
Morfologi Tanaman Jagung
Morfologi Tanaman Jagung
2. Batang Tanaman Jagung
Batang tanaman jagung beruas Pada bagian pangkal batang jagung beruas pendek dengan jumlah ruas sekitar 8 sampai 21. Panjang batang pada umumnya sekitar 100 sampai 300 cm. akan tetapi,untuk varietas genjah panjang batang kurang lebihnya 90 cm. batang jagung umumnya tidak berlubang. garis tengah batang jagung sekitarnya 3 sampai 4 cm. selanjutnya daun tanaman jagung

3. Morfologi Daun Jagung
Jumlah daun dari tanaman jagung biasanya sekitar 12 sampai 18 helai. tergantung varietas dan umur tanaman. daun pada tanaman jagung genjah biasanya sedikit. panjang daun antara 30 sampai 150 cm,sedangkan lebar mencapai 15 cm.

4. Bunga Jagung dan Bagian-Bagiannya
Bunga jagung muncul Biasanya pada pertengahan batang dan salah satu ketiak daun. bunga jagung yang muncul di pertengahan batang merupakan bunga betina.

Bunga jantan tumbuh di ujung batang. di dalam bunga jantan pada benang sari yang berwarna putih kekuning-kuningan. bunga betina tersusun dalam tongkol dan tertutup klobot. tangkai putik ada pada setiap bunga dan terus memanjang sampai bunga dibuahi. tangga putih yang terus memanjang sering disebut sebagai rambut jagung.

Penyerbukan Jagung banyak dibantu oleh angin. Serbuk sari yang telah masak berterbangan dan jatuh pada kepala putik. Tepung Sari sudah siap membuahi 1 sampai 2 hari sebelum bunga betina siap dibuahi sehingga sifat-sifat keturunan jagung sering tidak sama dengan sifat induknya.

5. Morfologi Biji Jagung atau Buah Jagung

Biji jagung atau buah jagung tersusun memanjang pada tongkol. Biji-biji menempel erat pada tongkol atau janggel. setiap tanaman jagung terdapat 1 sampai 2 tongkol. biji jagung mempunyai beberapa bentuk tergantung pada varietas tanaman jagung.

Back To Top Klasifikasi & Morfologi Tanaman Jagung