Cara Bawang Merah (Reproduksi) Berkembang Biak - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Bawang Merah (Reproduksi) Berkembang Biak

Cara berkembang biak bawang merah,bawangbawangan.Com Bawang merah merupakan umbi yang sangat banyak dipakai oleh manusia sebagai bumbu masakan atau banyak pula yang menjadikan bawang merah ini digunakan sebagai obat-obat alami. Disamping itu permintaan pasar terhadap umbi bawang merah ini memang tak ada habisnya, sehingga kadang jika pasokan bawang merah dari petani kurang mencukupi, harga bawang bisa melonjak hingga 70 Ribu per kilo gramnya.
cara reproduksi bawang merah berkembang biak
Cara reproduksi bawang merah berkembang biak
Oleh sebab itu, bawang merah ini banyak dibudidayakan, baik untuk komsumsi sendiri maupun untuk usaha bisnis. Dalam berbudidaya bawang merah ini untuk dapat menanam, merawat dan memelihara bawang merah dengan baik tentunya pembudidya harus mengerti cara berkembang biaknya bawang merah itu bagaimana ?

Kita mengerti bahwa terdapat banyak jenis bawang, diantaranya bawang dayak, bawang daun, bawang merah, bawang putih dan bawang bombai. Namun di sini hanya ingin menguraikan Bagaimana cara bawang merah berkembang biak ? tanaman umbi merah ini yang banyak kita temui di sawah maupun ladang di tanah Indonesia.

Cara Berkembang Biaknya Bawang


Tanaman Bawang merah reproduksi atau berkembang biak dengan dua cara, yakni berkembang biak dengan cara kawin dan non kawin.

Bawang Merah Berkembang biak atau reproduksi dengan kawin ( berkembang biak dengan cara seksua1 ) yaitu :

Proses perkembang biakan bawangan merah dengan cara kawin ini melalui penyerbukan bawang merah yang di lakukan oleh lebah dan serangga sebelum jadi biji atau benih yang akan tumbuh sebagai umbi-umbi baru. Akan tetapi proses perkembang biakan bawang merah ini membutuhkan waktu yang cukup lama, oleh karena itu perkembang biakan bawang merah dengan cara ini jarang sekali terjadi, Reproduksi bawang merah yang umumnya terjadi ialah cara perkembang biakan atau reproduksi yang kedua.yakni, cara perkembang biakan secara aseksual

Cara Bawang Merah Reproduksi secara Tidak Kawin

Bawang Merah berkembang biak secara aseksua  ( Tanpa Perkawinan) yaitu perkembang biakan bawang merah dengan umbi lapisnya. Umbi lapis ialah tumbuhnya tunas di setiao sela-sela lapisan umbinya. Perkembang biakan ini pada bagian tengah dari lapisan umbinya.

Dengan menanamnya maka akan di di hasilkan umbi-umbi baru dari bawang merah. cara ini merupakan cara perkembangbiakan bawang merah yang paling cepat di gunakan untuk mendapatkan umbi-umbi bawang baru karena proses ini sangat sederhana.
Tahapan perkembangbiakan bawang merah,cara berkembang biaknya bawang,cara reproduksi bawang merah berkembang biak.

Back To Top Cara Bawang Merah (Reproduksi) Berkembang Biak