Bibit Buah Unggul Asli Indonesia - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Bibit Buah Unggul Asli Indonesia

Bibit Buah Unggul Asli Indonesia, bawangbawangan.com - Indonesia merupakan negara tropis yang kaya buah-buahan. Iklim di indonesia memungkinkan mudahnya berbagai jenis tumbuhan- tumbuh dan buah-buahan berkembang. Dari banyaknya varietas atau jenis buah-buahan yang berkembang di indonesia, tidak semua bisa diunggulkan.
Bibit Buah Unggul Asli Indonesia
Buah-buahan Unggul
Namun, Buah unggul juga tidak musti berasal dari luar negeri, karena tanaman buah lokal ternyata banyak juga yang tidak kalah mutunya atau keunggulannya dengan tanaman buah imporan dari luar negeri. Anggapan bahwa tanaman buah impor lebih baik dari pada buah asli indonesia tentunya tidak benar, karena buah impor justru memerlukan perawatan yang lebih ekstra . Yang perlu diperhatikan justru bagaimana cara meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi buah-buahan lokal atasu asli indonesia.

Video Panduan Cara Menanam Anggur Dari Biji


Ciri-ciri Buah Unggul

Buah-buah yang diunggulkan mempunyai kriteria tersendiri . Dalam hal ini ciri-ciri buah unggul adalah sebagai berikut ini:
  • Tanaman buah cukup tahan terhadap hama-penyakit dengan baik
  • Tingkat keseragaman bentuk buah, ukuran buah dan warna buah cukup tinggi
  • Daging buah tebal , tekstur buah lembut tidak berserat,ukuran bijinya kecil atau bahkan tidak berbiji sama sekali.
  • Rasa dan aroma buah memenuhi selera masyarakat pada umumnya
  • Produktivitas tinggi. Artinya hasil buah per pohon per musim rata-rata jauh diatas tanaman buah lain sejenisnya.
  • Meskipun dalam usia pendek tanaman buah sudah mampu memproduksi atau berbuah, dan ini yang disebut sebagai genjah

Keunggulan sifat-sifat ini kadang-kadang hanya dinyatakan pula salah satu cirinya saja , misalnya hanya dari mutu atau hanya pada kegenjahan berbuahnya atau ketahanannya pada suatu hama atau penyakit, tetapi akan sangat baik apabila memenuhi semua kriteria diatas.

Varieatas buah unggul asli indonesia

Dari jenis-jenis buah yang ada ternyata baru ada 6 buah yang varietas unggulnya diketahui dan ditetapkan oleh menteri pertanian indonesia, yaitu anggur, apel, durian, mangga, rambutan dan belimbing. Varietas buah-buahan tersebut telah diuji dan dipastikan dapat diunggulkan . Disamping itu masih banyak varietas lain yang diharapkan dapat diunggulkan tetapi masih dibutuhkan waktu untuk penelitian lebih lanjut.

Lihat Juga : Cara Menanam Anggur Dari Biji
Tag : Buah-buahan

Back To Top Bibit Buah Unggul Asli Indonesia