Cara Menanam Wortel dari Wortel di Dataran Rendah - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Menanam Wortel dari Wortel di Dataran Rendah

Tanaman Wortel sangat cocok di dataran tinggi dan dapat hidup dengan subur di daerah pegunungan yang mempunyai ketinggian kira-kira 1.200 mdpl, dengan suhu udara yang dingin dan lembab.
Wortel juga bisa ditanam dan di budidaya di dataran rendah sebagaimana video wortel dibawah.

Wortel merupakan tanaman sayuran yang bisa ditanam di sepanjang tahun. Pada musim penghujan maupun pada musim kemarau,  asalkan mendapatkan tanaman air yang cukup. Tanah yang digunakan untuk menanam wortel yang paling baik adalah berupa tanah remah, dalam dan subur.
Cara Menanam Wortel
Cara Menanam Wortel dari Wortel

Jenis-jenis Sayuran Wortel 

Wortel dapat dibedakan dengan beberapa jenis :

Wortel Tipe Cantenang
Wortel jenis ini umbinya berbentuk panjang dan bulat. Rasanya manis.

Wortel  Tipe Imperator
Umbinya panjang dan ujungnya meruncing. Kurang disukai karena rasanya kurang manis.

Wortel Tipe Mantes
Bentuk umbi dari jenis tanaman wortel ini merupakan peralihan dari kedua tipe diatas

Cara Menanam Wortel

Sebelum menanam wortel sebaiknya dilakukan suatu pengolahan tanah, tanah dibajak dan dicangkul cukup dalam kira-kira 40 cm. Diberi pupuk kandang sebanyak 15 kg tiap m2, kemudian diratakan. Pengolahan tanah yang kurang sempurna akan menghalangi pembentukan umbi tanaman wortel, sehingga umbi wortel pertumbuhannya menjadi lengkung.

Pembibitan pada tanaman wortel
Pembibitan tanaman wortel bisa langsung ditanam di tempat penanaman tanpa disemaikan terlebih dahulu.
Biji-biji wortel yang kecil-kecil saling berkaitan satu sama lain. Oleh sebab itu, agar memudahkan penaburan harus dicampur dengan air terlebih dahulu selama 24 jam sebelum ditaburkan. 

Cara Budidaya  Sayuran Wortel

untuk Cara Budidaya Wortel di dataran Rendah anda bisa simak video berikut ini :


Cara Budidaya Wortel di dataran Rendah
Sebelum penanaman wortel dilakukan, maka tanah penanaman dibuat menjadi alur-alur yang dimiringkan tanahnya. Jarak alur-alur tersebut kira-kira 20 cm. Bibit wortel disebarkan sepanjang alur tipis-tipis dan merata,  kemudian ditutup dengan tanah yang halus, tipis-tipis saja. Untuk melindungi bibit dari curahan hujan atau terik matahari,  diatasnya dipasang pelindung dari pelepah pisang.

Cara Memelihara Tanaman Wortel
Pemeliharaan tanaman wortel meliputi penjarangan dan penyiangan pada umur 10 sampai 14 hari, ketika bibit-bibit Wortel mulai tumbuh. Pada saat tanaman sudah setinggi 5 cm, harus dilakukan penjarangan sedemikian rupa sehingga jarak tanaman dalam alur menjadi 5 sampai 7,5 cm.
Pada saat dilakukan penjarangan sekaligus juga dilakukan penyiangan terhadap rumput- rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman wortel.  

Pendangiran
Pendangiran pada saat tanaman wortel akan membentuk umbi dilakukan pendangiran sekaligus pembumbunan. Sebaiknya,   pendangiran juga dilakukan setelah terjadi hujan agar kepadatan tanah dapat dihindarkan.

Pengairan
Pengairan pada waktu musim kemarau, tanah jadi kering. Tanaman wortel harus mendapatkan pengairan secara intensif. Kukarangan air dalam tanah akan mengakibatkan menurunnya kualitas umbi wortel.

Pemupukan
Pemupukan pada tanaman wortel dilakukan bersamaan pada waktu penyiangan dengan campuran pupuk ZA dan ZK dalam perbandingan 2 banding 1. Setiap batang tanaman diberikan sebanyak 2 gram dimasukkan ke dalam tanah dengan tugal sebanyak alur-alur sejauh 5 cm dari batangnya.

Pemberantasan Hama dan Penyakit
Hama yang sering menyerang tanaman wortel antara lain sebagai berikut :

 Semiaphis dauci
Hama ini yang mengakibatkan pertumbuhan tanaman wortel menjadi kerdil, daun-daunnya keriting dan akhirnya mati.
Hama ini dapat diberantas dengan Metasytox 50 gram dicampur 100 liter air, Folidol 20 gram dicampur 100 liter air.

Pesi  lorosae
Cara mencegah ini dilakukan ketika tanaman wortel masih muda kira-kira setinggi 5 cm,   disiram dengan larutan Folidol 20 gram dicampur dengan 100 liter air.

Pemanenan tanaman wortel
Tanaman Wortel dipungut hasilnya setelah berumur 3 bulan ketika umbinya masih muda. Pemanenam wortel dilakukan dengan cara mencabut batangnya atau membongkar tanahnya.
Tag : Sayuran

Back To Top Cara Menanam Wortel dari Wortel di Dataran Rendah