MACAM - MACAM ANGGUR UNGGUL ASLI INDONESIA - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

MACAM - MACAM ANGGUR UNGGUL ASLI INDONESIA

Bibit Anggur dari Biji - bawangbawangan.com, Dalam pembudayaan tanaman anggur dikelompokkan dalam Dua golongan, yaitu buah anggur yang tidak dapat dimakan dan buah anggur yang bisa dimakan.

Golongan yang pertama yakni yang tidak bisa dimakan adalah anggur yang digunakan untuk bahan baku obat-obatan, sedangkan golongan buah anggur yang kedua yakni yang bisa dimakan sebagai hidangan yang meliputi jenis anggur vitis vinifera dan vitis labrusca.

Varietas anggur vitis vinifera antara lain adalah anggur bali, anggur probolinggo biru, anggur probolinggo putih, anggur situbondo kuning, anggur gros colman,anggur franketeler,anggur muscat dan anggur golden champion.

Jenis Anggur Unggul
Jenis Anggur Unggul

Anggur varietas vitis labrusca diantaranya adalah anggur isabella, anggur delaware, anggur tegal hitam, anggur tegal hijau, anggur carman, anggur beacon dan anggur brilian.
Dari varietas-varietas tersebut diatas hanya ada dua varietas yang sudah resmi dilepas oleh pemerintah untuk di budidayakan yaitu variatas  banjarsari-4 /BS -4 yang disebut kultivar probolinggo biru 81 dan variates banjarsari 6 / BS-6 dikenal sebagai cultivar bali.

Buah Anggur Bali, jika sudah mencapai kematangan yang cukup akan berwarna ungu kehitaman dengan warna daging buah putih. Buahnya berbentuk bulat, kulit buah bertepung lilin tebal, rasanya manis. Umur buah yang tepat untuk dipetik antara 105 sampai 120 hari setelah dipangkas. Umumnya buah anggur ini berisi 2 sampai 3 biji per buah dan berukuran cukup besar. Produksi buah anggur varietas bali ini sekitar 7 kg pohonnya saat pohon telah berumur 2 tahun.

Jenis anggur probolinggo biru yang telah matang warnanya merah kehitaman, daging buahnya putih, berbentuk agak bulat, kulitnya ber tepung tipis dan rasa buahnya manis.
Umur buah anggur varietas probolinggo ini dan jumlah bijinya serta produksi buahnya biasanya sama dengan anggur bali.

Disamping varietas-varietas anggur diatas yang disebutkan, ada pula varietas anggur dari vitis labrusca yang diharapkan bisa diunggulkan yaitu anggur isabella dan dilaware.

Anggur Isabella yang sudah matang warnanya akan berubah merah kehitaman, bentuk buahnya agak bulat, kulitnya bertepung agak tebal dan agak melekat dengan dagingnya yang cukup lunak, tebal dan berair. Kadar gula dan asam dari anggur isabella ini tinggi, sehingga rasanya masam manis atau kurang manis. Sedangkan biji buah anggur isabella ini kira-kira 2-3 berbuah.

Sedangkan Anggur Delaware yang telah matang warnanya akan merah ke hitaman. Bentuknya bulat, kulitnya bertepung dan rasanya masam manis atau kurang manis seperti anggur isabella Anggur delaware berbiji 2 sampai 4 per buah.

Di indonesia, selain Anggur Isabella dan Anggur Delaware ada juga variates Anggur Bs-35 dan Anggur Bs-11.

Anggur BS-35, Memiliki ciri khusus dengan warna buahnya yang putih terang dan memiliki cita rasa manis, kulitnya tipis jumlah bijinya paling banyak 3 perbuah, ketika dibudidayakan anggur ini agak tahan terhadap penyakit serta mampu memproduksi buah 12 kg per pohonnya, buah anggur ini sangat segar dan manis sehingga termasuk salah satu anggur yang disukai masyarakat.

Anggur BS-11, anggur ini warna buahnya putih kulitnya tipis serta rasanya manis, memiliki jumlah biji  2-4 perbuah, namun tanaman anggur bs-11 ini rentan terhadap penyakit downy mildew serta produksinya hanya mampu menghasilkan panen 5,20 kg per pohonnya.

Selain itu, masih ada juga Varietas Anggur BS-60 dan BS-75 yang merupakan introduksi dari australia, pada usia 2 tahun tanaman buah anggur varietas ini bisa memproduksi masing-masing dengan berat 14,2 kg dan 11,9 kg buah anggur per pohonnya, ini merupakan suatu hasil yang sangat mengagumkan dan patut untuk dijadikan sebagai buah anggur unggulan untuk dibudidayakan.

Baca Juga : Bibit Buah Unggul Asli Indonesia

Video Panduan Cara Menanam Anggur Dari Biji

Manfaat Buah Anggur 

Buah Anggur dipercaya bisa mencegah katarak, karena dalam Buah Anggur mengandung flavonoid yang kaya antioksidan yang mana manfaat dari flavonoid yang ada dalam buah anggur dapat mengurangi dan melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas .

Manfaat Buah Anggur juga dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah timbulnya penyakit neuro degeneratif.

Membuat minuman dengan jus Buah Anggur bisa membantu mencegah kanker payudara .
Buah Anggur juga dapat mengurangi gejala asam urat dan mengurangi tekanan kerja ginjal . mengisi ulang zat besi dalam tubuh dan mencegah kelelahan.
Minum jus Buah Anggur juga bisa menyediakan energi secara instan.

Buah Anggur bermanfaat bisa mencegah terjadinya gangguan pencernaan dan iritasi pada lambung,Selain itu manfaat dari Buah Anggur sangat efektif untuk mengatasi sembelit .
Buah Anggur dianggap sebagai obat pencahar alami sebab mengandung asam organik selulosa dan gula. senyawa tersebut juga meringankan sembelit kronis.

Manfaat Buah Anggur yang lainnya adalah pembekuan darah dapat tercegah oleh buah anggur jika dikomsumsi, sehingga bisa mengurangi kemungkinan serangan jantung dan dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah .

Buah Anggur juga dapat menyembuhkan asma. kekuatan asimilasi pada Buah Anggur lebih tinggi sehingga mampu meningkatkan kelembapan pada paru-paru .

Lihat Juga : Cara Menanam Anggur Dari Biji
Tag : Buah-buahan

Back To Top MACAM - MACAM ANGGUR UNGGUL ASLI INDONESIA