Deskripsi Bawang Merah Varietas Bima Brebes - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Deskripsi Bawang Merah Varietas Bima Brebes

Bawang Merah varietas bima merupakan salah satu jenis bawang merah asli lokal yang dibudidayakan di daerah brebes. Bawang merah varietas bima brebes ini mampu menghasilkan panen bawang 10 ton per hektarnya dalam keadaan umbi bawang yang sudah mengering. Dimana bawang kering terjadi setelah bobot panen menyusut sekitar 20% dari umbi bawang yang masih basah. Umbi bawang merah varietas bima brebes memiliki warna merah muda,bentuknya kecil lonjong dengan suatu cincin kecil terletak di cakram-nya.
Bawang Merah Varietas Bima Brebes
Deskripsi Bawang Merah Varietas Bima Brebes via  ews.kemendag.go.id
Tinggi tanaman Bawang Merah Varietas Bima Brebes ini mencapai 45,5 cm dengan jumlah daun sekitar 35- 40 helai. Anakan dalam satu rumpun mencapai 7-12 buah umbi bawang . Bawang jenis bima brebes ini sudah bisa dipanen sekitar umur 60 hari-nan.

Bawang merah varietas bima brebes ini paling bagus ditanam mulai pada musim kemarau. Selain itu,bawang bima ini sangat cocok , sangat bagus dibudidaya dan dikembangkan pada daratan rendah. Varietas bawang merah bima ini lumayan rentan terhadap penyakit busuk daun atau yang disebut juga dengan phytoptora porii,namun bawang merah jenis ini cukup tahan terhadap penyakit busuk umbi atau yang dikenal juga dengan batrys alli.
Didaerah brebes, tanaman bawang ini jarang sekali yang berbunga.

Deskripsi Bawang Merah Varietas Bima Brebes

Bawang Merah Varietas ini memiliki ciri-ciri khusus : tinggi tanaman antara 25- 44 cm,memiliki anakan antara 7-12, Daun tanaman membentuk silendris berlubang, daunnya berwarna hijau yang berjumlah 14 hingga 50 helai daun bawang, dan umur panennya sekitar 60 hari setelah ditanamkan.

Pada umumnya Tanaman Bawang Varietas Bima Brebes ini sukar untuk mengelurkan bunga, namun jika berbunga biasanya terjadi sekitar umur 50 hari. Bunganya berwarna putih yang nampak seperti payung.dengan jumlah tangkai 120 hingga 160 dan jumlah bunga per-rumpunnya antara 2- 4. Sedangkan jumlah buah pertangkai antara 60 hingga 100, dengan bijinya yang bulat, hitam, keriput dan gepeng.
Adapun umbi Tanaman Bawang Varietas Bima Brebes ini berwarna merah muda,lonjong dan bercincin pada leher cakramnya

Back To Top Deskripsi Bawang Merah Varietas Bima Brebes