Varietas Bibit Apel Unggulan - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Varietas Bibit Apel Unggulan

Buah apel yang menguasai pasaran pada saat ini adalah varietas atau jenis apel rome beauty, selain apel rome beauty, ada juga varietas princess noble termasuk apel yang disukai masyarakat, apel ini disebut juga sebagai apel australia atau apel hiijau dan juga disebut sebagaai apel manalagi, apel manalagi ini berasal dari malang yang merupakan pusat apel di tanah air. Tepatnya berada di desa gandon kecamatan, batu kabupaten malang.

Bibit apel varietas rome beauty disebut sebagai chahort 1, oleh karena pemasaran dari apel rome beauty ini yang cukup luas dan disukai oleh berbagai konsumen masyarakat, maka apel ini dikenal pula dengan nama apel kampung.

Apel varietas rome beauty ini memiliki bentuk buah yang bulat hingga jorong, pucuk buah berlekuk dangkal sampai agak dalam, bersekat 5. Apel rome ini memiliki pori-pori kulit yang agak kasar dan tebal. Buah apel ini beraroma tidak tajam dan rasanya segar karena cukup banyak air. Bentuk dan besar buah apel varietas rome ini bervariasi. Daging buahnya keras dan agak kasar dengan warna putih kekuningan. Tangkai buah apel manalagi ini agak panjang dan memiliki biji bulat panjang, kecil dan kecoklatan tua.

Bibit Apel Unggulan
Buah Apel Unggulan
Warna buah hijau merah yang terkena sinar matahari akan berwarna merah sedangkan yang tidak terkena sinar matahari akan tetap berwarna hijau. Buah apel ini berdiameter 5 sampai 12 cm, sedangkan berat antara 75 sampai 300 gram per buahnya. Buah apel manalagi ini juga mampu memproduksi buah 15 kg per pohon. Varietas ini peka terhadap cendawan.

Sedangkan jenis atau varietas apel princess noble atau yang disebut sebagai apel hijau atau apel australia atau apel kampung mempunyai ciri khas : warna buah tetap hijau kekuningan meskipun sudah matang.

Buah apel ini memiliki bentuk jorong pangkal dan pucuk buahnya berlekuk dalam. Pori-pori kulit buah apel ini nampak halus dan renggang. Aroma bau buah apel ini sangat kuat dan segar rasanya. Daging buah apel ini berwarna putih, halus dan berair.

Tangkai dari buah apel ini panjang dan kecil kelabu. Sedangkan bijinya agak bulat berwarna coklat tua.

Sedangkan apel manalagi memiliki ciri khas rasa buahnya yang manis tanpa asam sedikitpun meskipun belum tua matang. Bentuk buah apel manalagi bulat yang berdiameter 4 sampai 7 cm dan memiliki bobot 75 sampai 160 gram per buahnya.

Warna apel manalagi yang masih muda adalah hijau muda kekuningan, berkulit jarang-jarang daging buahnya agak liat dan kurang berair serta warnanya keputih-putihan. Apel manalagi ini juga memiliki aroma yang harum segar dengan rasa manis dan enak. Bentuk bijinya bulat bandak dan berwarna coklat tua. Buah apel varietas mana lagi ini bisa memproduksi buah rata-rata 7,5 kg per pohonnya.

Selain varietas-varietas apel yang disebutkan di atas, masih ada juga satu jenis apel yang mempunyai prospek bagus untuk dibudidayakan dan dikembangkan yaitu apel ana. Apel ana ini berasal dari thailand dan telah mulai dikembangkan di indonesia sejak tahun 1979. Keunggulan dan keistimewaan dari apel ana ini adalah bentuknya seperti trapesium terbalik, memiliki warna merah tajam serta pertumbuhannya yang subur dan cepat. Apel ana ini rasanya lebih masam dibandingkan dengan jenis apel rome beauty dan kadang juga sering di manipulasi dengan dipalsukan sebagai apel dari australia, hal itu karena warna dan bentuk nya yang sama persis.

Buah apel ini mampu memproduksi buah rata-rata 40 kg per pohon setiap musim panen nya.

Nah dari jenis varietas-varietas apel yang disebutkan oleh bawang-bawangan dot.com di atas yakni apel manalagi,apel ana, apel rome beauty,dan varietas apel princess noble, maka para pembudidaya buah-buahan bisa memilih mana varietas buah apel yang cocok dan terbaik yang disukai untuk dibudidayakan.
Tag : Buah-buahan

Back To Top Varietas Bibit Apel Unggulan