Jenis-Jenis Rambutan Unggulan dan Ciri-Cirinya - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Jenis-Jenis Rambutan Unggulan dan Ciri-Cirinya

Rambutan unggul yang memenuhi selera konsumen adalah :
  • Buah rambutan yang dagingnya besar, rasanya manis dan mengandung kadar vitamin  yang tinggi,terutama vitamin C. 
  • Daging buah rambutan tebal dan bijinya kecil. 
  • Daging rambutan mudah dikupas dan kulit bijinya tidak melekat pada daging buah atau sering disebut sebagai ngelotok
  • Serta tahan terhadap penyakit akar.

Jenis Rambutan Unggulan

Jenis rambutan unggul yang telah dianjurkan oleh pemerintah adalah rambutan Jenis Binjai rapiah dan rambutan Lebak Bulus. Rambutan-rambutan unggul Ini memang mempunyai kriteria yang betul-betul memenuhi selera konsumen kita, karena termasuk jenis rambutan yang paling enak.
berikut ini bawangbawangan.com Jenis-Jenis Rambutan Unggulan Beserta Ciri-Cirinya

Mengenal Jenis Rambutan Binjai

Rambutan Binjai sering juga dinamakan sebagai Rambutan bahrhang.
Ciri-ciri rambutan binjai, Bentuk buah rambutan Binjai ini lonjong, berambut panjang, jarang dan kasar rambutnya, berwarna merah dengan ujungnya yang ijo, sedangkan warna buahnya sendiri merah tua, warna daging buahnya putih dan bisa ngelotok kulitnya, bijinya melekat, bentuk bijinya bulat panjang seberat 2,5 gram dan produksinya 40 sampai 68 kg atau 1200 sampai 2000 buah per pohon dalam pertahunnya.

Jenis Rambutan Rapiah dan ciri-cirinya
Sedangkan rambutan rapiah berbentuk bulat, buahnya berpelat, berambut sangat pendek agak jorong dan kasar, warna rambut rambutan rapiah ini hijau kekuningan, warna dagingnya putih dan bisa ngelotok kulit, bijinya agak melekat dan rasanya manis berat buah rambutan rapiah ini 18,9 gram perbuahnya, bentuk bijinya bulat berpelat dengan berat 1 gram dan mampu memproduksi buah per pohon dalam setahunnya 18 sampai 30 kg atau kira-kira 1000 sampai 1 600 buah rambutan

Mengenal Jenis Rambutan Lebak Bulus dan ciri-cirinya
Rambutan jenis Lebak Bulus memiliki bentuk buah yang bulat berambut panjang, dorong dan halus, dan memiliki warna buah yang merah dan warna rambut nya juga merah dengan ujung kekuning-kuningan, warna daging rambutan Lebak Bulus ini juga putih dan bisa ngelotok, kulit biji nya agak melekat dan rasanya cukup manis serta berair. Berat buah rambutan Lebak Bulus ini mencapai 25,5 gram dengan bentuk biji lonjong seberat 2 gram.

Buah rambutan Lebak Bulus ini mampu memproduksi 50 sampai 100 kg atau 2000 sampai 4000 buah per pohon nya dalam setahunnya.
Jenis-jenis Buah Rambutan ungggul
Jenis-jenis Buah Rambutan

Varietas Rambutan Unggul Lainnya

Jenis rambutan unggulan lainnya adalah Rambutan Aceh kering manis, Aceh pao-pao, Rambutan Aceh gendut, Rambutan aceh garing dan Rambutan Simacan.

Jenis-jenis rambutan ini dinyatakan unggul,karena memiliki rasa yang manis dan daging buahnya yang besar serta bisa ngelotok.

Misalnya saja rambutan simacan, memiliki buah yang lonjong berukuran besar dengan bobot per buahnya lebih dari 26 gram, wujudnya sangat menarik dengan rambut yang berwarna merah panjang, kasar dan agak jarang. Daging buaya putih agak kenyal, kulit biji nya agak melekat dan rasanya manis agak masam serta bisa ngelotok. Rambutan Simacan ini memiliki kandungan air yang sedang-sedang saja, dan mempunyai biji yang berbentuk bulat panjang dengan berat per biji kira-kira dua setengah gram.

Jenis Rambutan Aceh Garing
Rambutan aceh garing memiliki bentuk buah agak bulat dan ukuran besar dengan bobot per buah lebih dari 29 gram, tapi terlihat kurang menarik. Rambutnya berwarna kuning merah pendek agak kasar dan agak jarang, daging buahnya berwarna putih agak kenyal, agak tebal ,daging Buahnya agak kering, kulit biji nya agak melekat dan rasanya manis sekali, bijinya agak bulat dan kecil dengan bobot berbiji dua gram serta bisa ngelotok.

Jenis Rambutan Aceh Kering Manis
Rambutan ini buahnya bulat besar dengan bobot per buah 26,4 gram, rambutnya panjang kasar, agak jarang, berwarna merah dengan ujung kuning, daging buahnya berwarna putih, agak kering,agak tebal,agak kenyal dan ngelotok serta kulit biji nya agak melekat dengan daging buahnya dan rasanya manis sekali. Bijinya bulat dengan berat tiap bijinya 2,2 gram

Jenis Rambutan Aceh Pao-Pao
Rambutan aceh pao-pao buahnya lonjong besarnya sedang dengan bobot per buahnya sekitar 15,94 gram, bentuknya kurang menarik karena berambut panjang yang halus dan jarang serta warnanya yang merah oranye, daging buahnya berwarna putih agak kering,tebal dan keras serta ngelotok dan kulitnya agak melekat pada daging buahnya, rasanya juga cukup manis, bijinya lonjong kecil dengan bobot per biji 1,55 gram

Jenis Rambutan Aceh Gendut
Rambutan ini berbentuk agak bulat, besar dengan bobot 30 Gram dan menarik sekali wujudnya dengan rambut yang berwarna merah atau merah kuning panjang, kasar dan agak jarang. Daging buahnya manis tetapi banyak mengandung air, daging rambutan ini tebal sekali dan ngelotok, kulit bijinya tidak melekat serta rasanya rambutan ini enak sekali dengan bobot perbijinya kira2 1,55 gram.
Tag : Buah-buahan

Back To Top Jenis-Jenis Rambutan Unggulan dan Ciri-Cirinya