Kandungan Gizi Bawang Putih dan Manfaatnya - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Kandungan Gizi Bawang Putih dan Manfaatnya

Kandungan Gizi Bawang Putih dan Manfaatnya, BawangBawangan.Com - Bawang Putih mempunyai manfaat dan kegunaan yang besar sekali bagi kehidupan manusia, bagian utama dan paling penting dari tanaman bawang putih ialah umbinya, karena dalam bawang putih terdapat Kandungan Gizi yang banyak.

Manfaat umbi bawang putih, selain sudah umum untuk dijadikan sebagai bumbu dapur sehari-hari oleh masyarakat dunia, juga merupakan bahan obat tradisional yang mempunyai multi Khasiat / Manfaatnya.

Dalam industri makanan, umbi bawang putih dijadikan ekstrak bubuk atau tepung dan diolah menjadi sajian acar.  Bawang Putih juga merupakan bahan bumbu makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat penduduk Indonesia. 
kandungan gizi bawang putih dan manfaat bawang putih
Kandungan gizi bawang putih dan manfaat bawang putih

Kandungan Gizi Bawang Putih dan Manfaatnya


Kandungan Gizi Bawang Putih antara lain 122,000 kalori pada umbinya, protein 7,00 gr gram, karbohidrat 24,90 gram, lemak 0,30 gram, kalsium 346,00 miligram, fosfor 109,00 miligram, dan zat besi 1,20 miligram.

Selain itu di dalam Bawang Putih juga ada kandungan vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,23, vitamin B2 0,08 miligram dan vitamin C 7,00 miligram.

Hasil penelitian di atas dari penelitian terhadap 100 gram Bawang Putih atau kandungan gizi bawang putih per 100 gram.

Informasi yang menguak Khasiat / Manfaat dari bawang putih sebagai obat tradisional telah terjadi sejak ribuan tahun yang lalu oleh para nenek moyang kita.

Bawang putih telah digunakan sebagai obat kuat, penangkal dan obat berbagai macam penyakit sejak dahulu atau sejak zaman kuno.

Dalam perkembangan selanjutnya para pakar kesehatan terus-menerus melakukan penelitian secara laboratorium dan farmokologis untuk mengetahui kandungan atau senyawa dalam bawang putih yang berhasiat sebagai obat pada umbi bawang putih.

Kandungan-kandungan senyawa yang telah ditemukan pada bawang putih di antaranya yaitu sulfur dan alisin sulfur, sulfur amino acid Alin khususnya, ini oleh enzim Alice in please diubah menjadi asam piruvat amonia dan Allium antimikroba.

Kemudian alisin mengalami terjadi perubahan menjadi dialil sulfida, senyawa allicin dan dialil sulfida inilah yang mempunyai banyak kegunaan dan khasiatnya sebagai obat.

Para ahli kesehatan mengungkapkan hasil penelitian dari Khasiat / Manfaat bawang putih antara lain sebagai obat untuk mencegah penyakit kanker. Jadi, fungsi atau manfaat nya bawang putih sebagaimana manfaatnya bawang Dayak.

Seorang ahli riset dari Cina melakukan riset penelitian mengenai kasus penyakit kanker lambung dan usus pada 2 tempat di china, hasil dari penelitian itu menunjukkan bahwa angka kematian rata-rata akibat kanker pencernaan mencapai 3,45% dari 100.000 jumlah penduduk di tempat A dan 40% dari 100.000 penduduk di tempat B.
Rendahnya angka kematian di tempat A antara lain di duga akibat penduduk tempat A suka makan bawang putih rata-rata 20 gram per harinya.

Dalam berbagai buku tentang tanaman obat tradisional di temukan perincian Khasiat / Manfaat bawang putih sebagai obat yang manjur sejak zaman kuno. Bawang putih dipakai atau di konsumsi sebagai obat untuk mengeluarkan gas dari dalam perut, mencegah timbulnya gas dalam perut dan merupakan obat kuat untuk urat syaraf.

Kandungan minyak dalam bawang putih berhasiat membersihkan darah dan mengurangi rasa sakit pada bagian tubuh.

Bawang putih sering dijadikan ramuan obat penyakit asma, menurunkan berat badan,mengontrol kolestrol, gangguan suara serak, nyeri haid, masalah kencing sedikit demam, batuk rejan, tuberkulosa dan lain sebagainya.

Kandungan allicin dan dia Lil sulfida pada bawang putih tidak hanya bermanfaat sebagai obat untuk kesehatan tubuh manusia, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai bakterisida dan fungisida pada pengendalian penyakit tanaman budidaya.

Senyawa kimia dan dililsulfida mempunyai sifat bakterisida dan menghambat perkembangan cendawan maupun mikroba lainnya. 

Dari hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 1971 terbukti bahwa senyawa allicin sangat efektif dalam menghambat perkembangan cendawan penicillium SP ST, khususnya penicillium korimdiperum.

Penelitian ini dibuktikan bahwa serangan bakteri pseudomonas solanocearum pada tanaman tomat dapat ditekan dengan cara menyiramkan 10 ml larutan dari 35 gram umbi bawang putih hasil blenderan 75 ml air steril atau membenamkan 6 Gram tumbuhan bawang putih pada sekitar daerah akar tanaman tersebut. 

Penelitian yang dilakukan pada tahun 1993 menunjukkan bahwa bawang putih bisa digunakan untuk mengendalikan penyakit akar bengkak pada tanaman kubis-kubisan.

Caranya yaitu dengan merendamkan benih kubis dalam ekstrak umbi bawang putih atau daun bawang putih sebanyak 8% selama 2 jam lamanya. 
Di samping bawang putih memiliki multiguna baik untuk obat manusia maupun obat tumbuh-tumbuhan, bawang putih juga mengandung nutrisi gizi yang tinggi dan lengkap.

Kandungan Gizi Bawang Putih Per 100 Gram


Kandungan gizi bawang putih per 100 gram dapat anda lihat pada tabel berikut ini :
Kandungan gizi bawang putih per 100 gram
Kandungan gizi bawang putih per 100 gram
Jadi, kandungan gizi bawang putih memiliki energi sekitar 122,000 kalori pada umbinya dan 12,00 kalori pada daunnya.
Jumlah Kandungan protein Bawang Putih = 7,00 gr pada umbinya dan 2,10 gr pada daunnya.
Jumlah Kandungan lemak 0,30 gr pada umbinya , 2,10 gr pada daunnya.
Jumlah Kandungan karbohidrat 24,90 gr pada umbinya, 9,00 gr pada daunnya.
Jumlah Kandungan serat 1,10 gr pada umbinya, 1,50 gr pada daunnya.
Jumlah Kandungan abu 1,60 gr pada umbinya, 1,10 gr pada daunnya.
Jumlah Kandungan kalsium 12,00 mg pada umbinya ,116,00 mg pada daunnya.
Jumlah Kandungan fosfor 109,00 mg pada umbinya, 56,00 mg pada daunnya.
Jumlah Kandungan zat besi 1,20 mg pada umbinya, 0,04 mg pada daunnya.
Jumlah Kandungan natrium 13,00 mg pada umbinya, 4,00 mg pada daunnya.
Jumlah Kandungan kalium 346,00 mg pada umbinya, 285,00 mg pada daunnya.
Jumlah Kandungan vitamin A - pada umbinya, 1.140,00 S.I pada daunnya.
Jumlah Kandungan vitamin B1 0,23 mg pada umbinya, 0,08 mg pada daunnya.
Jumlah Kandungan vitamin B2 0,08 pada umbinya, 0,16 mg pada daunnya.
Jumlah Kandungan vitamin C 7,00 mg pada umbinya, 38,00 mg pada daunnya.
Dan niasin pada umbinya 0,40 mg, 0,70 mg pada daunnya.

Kandungan Gizi Bawang Putih Dan Manfaatnya

Studi medis modern mengkonfirmasi, bawang putih set 100 jenis komponen dalam obat dan kesehatan, dimana 43 spesies belerang yang mudah menguap, asam sulfida sulfonat (misalnya allicin) 13 jenis ester, asam sembilan jenis, 8 jenis peptida, glikosida 12 spesies, 11 jenis enzim. Selain itu, alliin adalah komponen unik bawang putih, ketika memasuki darah menjadi allicin, allicin bahkan jika diencerkan 10 kali lipat dalam sekejap masih bisa membunuh Salmonella typhi, Shigella, virus influenza. Allicin dan vitamin B . 1 tiamin dapat menghasilkan bawang putih, dengan kelelahan, meningkatkan fisik ajaib. Bawang putih mengandung kreatinin merupakan komponen yang sangat diperlukan terlibat dalam aktivitas otot, untuk menghasilkan sp3rma juga memainkan peran, bisa membuat sp3rma peningkatan jumlah, yang disebut bawang putih makan mengacu pada hal energik ini. Bawang putih juga dapat meningkatkan metabolisme, kolesterol dan trigliserida lebih rendah, dan menurunkan tekanan darah, gula darah, sehingga tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi , atherosclerosis memiliki efek tertentu, diabetes dan sebagainya. kulit bawang putih topikal dapat meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan stratum korneum dari penuaan kulit, melembutkan kulit dan meningkatkan fleksibilitas, tetapi juga anti-sun, deposisi anti-melanin, untuk noda pemutih. Baru-baru ini, banyak laporan menunjukkan bahwa bawang putih dapat rusak sejauh sintesis nitrosamin karsinogenik dalam tubuh, efek anti-kanker dari 40 jenis sayuran, buah-buahan, diatur dalam piramida, bawang putih yang terletak di atas kepala. 100 dalam berbagai bahan, puluhan yang memiliki efek komponen antikanker yang terpisah.
  (Baca Juga : Kandungan Gizi Bawang Merah Dan Manfaatnya )

Kandungan Gizi Bawang Putih Dan Manfaatnya

1. Manfaat Bawang Putih untuk Kanker
Belajar di luar negeri menemukan bahwa bawang putih dapat mempromosikan senyawa sulfur usus atau menghasilkan enzim yang dikenal sebagai bahan pigmen bawang putih bau, dengan meningkatkan kemampuan kekebalan tubuh, untuk memblokir peroksidasi lipid dan anti-membentuk pluralitas jalur mutasi, eliminasi usus substansi yang dapat menyebabkan tumor usus berbahaya. Namun, tidak ada teori hukum persis berapa banyak enzim tersebut untuk menghasilkan efek anti-tumor yang efektif bawang putih.
Selanjutnya, dalam bawang putih trace element selenium juga memiliki beberapa khasiat anti-tumor.

2. Efek Pengobatan Impotensi dengan Bawang Putih
Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih memang memiliki peran dalam pengobatan impotensi. sirkulasi bantuan darah bawang putih, yang penting untuk fungsi er3ksi. mekanismenya yang tidak jelas pada saat ini, penjelasan yang mungkin adalah bahwa bawang putih dapat merangsang tubuh untuk memproduksi oksida nitrat sintase, dan enzim yang diperlukan untuk enzim er3ksi laki-laki.

Selain itu, peneliti telah meneliiti kelinci dan tikus sebagai eksperimen menemukan bahwa bawang putih dapat merangsang sekresi hormon laki-laki, dan untuk meningkatkan jumlah sp3rma. sebagai obat modern, kesehatan darah merupakan faktor penting yang mempengaruhi fungsi er3ksi. kebiasaan hidup yang buruk menyebabkan kolesterol tinggi dan masalah-masalah lain, artinya adalah penyebab disfungsi er3ksi meningkat. efek dari bawang putih yang mampu meningkatkan kesehatan darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan dengan demikian membantu meningkatkan fungsi er3ksi.

3. Khasiat Bawang Putih sebagai Anti-Penuaan
Beberapa kandungan dalam bawang putih, sepertihalnya vitamin E dan vitamin C, antioksidan, sifat anti-penuaan. Direkomendasikan untuk makan  kuning bawang putih yang bermanfaat untuk kecantikan anti-penuaan
Berikut Video Manfaat bawang putih dalam Bahasa Inggris Benefit of Garlic
Bawang putih dapat meningkatkan sirkulasi darah; kuning bawang putih kaya akan vitamin E, yang mana dapat menghambat aktivitas Sanso, memperlambat pembuluh darah dan penuaan kulit. Baik dengan keuntungan komplementer, sangat baik sebagai efek anti-penuaan (pembuluh darah dan kulit), dapat menghasilkan banyak manfaat bagi perawatan kecantikan atau mencegah sirkulasi yang buruk.

Cara mengolah : Aduk kuning telur tumbuk bersama bawang putih, dan kemudian didihkan perlahan dengan di goreng.

4. Manfaat Bawang Putih sebagai Anti-Kelelahan
Ditemukan bahwa bawang putih kaya akan vitamin B satu makanan 1, dan allicin bawang putih dan vitamin B1 yang terkandung bersama-sama, dapat juga berperan dalam penghapusan kelelahan, pemulihan fisik.

5. Perlindungan Kardiovaskular
Studi epidemiologis menunjukkan bahwa daerah yang rata-rata orang-orangnya yang setiap harinya makan bawang putih mentah 20 gram, kematian akibat penyakit kardiovaskular secara signifikan lebih rendah dibandingkan daerah tanpa kebiasaan makan bawang putih mentah.

Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang ada kaitannya dengan jantung dan pembuluh darah. seperti halnya stroke, penyakit jantung akibat tekanan darah tinggi.

1) resistensi Trombosis Penelitian ditemukan dalam minyak bawang putih memiliki efek menghambat agregasi platelet, untuk mencegah munculnya trombosis.

2) mengurangi lipid studi klinis menunjukkan, konsumsi harian subjek bawang putih mentah 50 gram, bahkan setelah 6 hari dari kadar kolesterol total, trigliserida dan kolesterol LDL serum secara signifikan lebih rendah dari sebelumnya konten pengujian.

3) mengurangi kekentalan darah beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa m3rokok dan alk00hol, membuat viskositas darah meningkat secara signifikan, tetapi pada saat yang sama jika konsumsi bawang putih mentah, itu akan mengimbangi sebagian efek negatif ini.

4) menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi ringan, jika setiap pagi untuk makan beberapa siung bawang putih cuka rendam, dan minum dua sendok makan cuka, setengah bulan setelah tekanan darah pasien hipertensi akan mengurangi. Selain itu, konsumsi secara teratur bawang putih mentah pada pasien hipertensi, tetapi juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Back To Top Kandungan Gizi Bawang Putih dan Manfaatnya