Cara Menanam Kacang Panjang Agar Hasilnya Optimal Meski Di Pekarangan Rumah - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Menanam Kacang Panjang Agar Hasilnya Optimal Meski Di Pekarangan Rumah

Cara menanam kacang panjang di pekarangan rumah dan agar hasilnya optimal, BawangBawangan.Com I Kacang Panjang merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang enak dimakan sebagai masakan.

Kacang Panjang bisa kita temukan di pasar sayuran, karena memang kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran. untuk sekarang ini kita juga bisa membeli kacang panjang di supermarket.

Kacang panjang bisa dikonsumsi setelah diolah menjadi olahan sayuran semisal tumis,sayur asem, sayuran bening dan lain sebagainya.
masakan kacang panjang
Masakan Tumis Kacang Panjang
Kacang panjang juga bisa di makan secara mentah setelah di cuci bersih sebagai lalapan yang di makan bersama sambal.

Adapun cara menanam kacang panjang bisa di lakukan di polybag di tanam secara hidroponik.

Cara menanam kacang panjang agar hasilnya optimal


Kacang panjang merupakan salah satu tanaman sayuran yang mudah sekali ditanam, kita bisa menanam kacang panjang di pekarangan rumah dan menanam kacang panjang di polybag/pot secara hidroponik. Cara merawat tanaman kacang panjang juga sangat sederhana dan mudah.
Cara menanam kacang panjang agar hasilnya optimal
Cara menanam kacang panjang agar hasilnya optimal
Cara menanam kacang panjang hampir mirip dengan cara untuk menanam mentimun, buncis dan jenis-jenis tanaman yang merambat lainnya.

Bagi kita yang berminat menanam sendiri tanaman kacang panjang ini di pekarangan rumah atau dalam polybag/pot agar hasilnya optimal, berikut caranya langkah demi langkah:

Cara Membuat dan Memilih Bibit Benih Kacang Panjang

Cara menanam kacang panjang agar hasilnya optimal baik di kebun atau sawah maupun menanam kacang panjang di pekarangan rumah langkah pertama adalah memilih benih kacang panjang yang baik ditanamkan.

Benih kacang panjang yang baik untuk ditanam bisa diperoleh dari buah kacang panjang yang telah tua.

Adapun ciri-ciri kacang panjang tua sebagai bibit yaitu buah kacang memiliki warna yang sudah berubah warna menjadi kuning dan kulit kacang panjang yang nampak besar mengendur dan terlihat mengering.

Ketika sudah memperoleh benih kacang panjang yang di pilih untuk ditanam, Lalu biji dari kacang panjang tersebut dikupas dan keluarkan bijinya. Kemudian biji-biji kacang panjang tersebut di keringkan di bawah pancaran sinar matahari selama kuarang lebih 2 hari.

Pemilihan biji kacang panjang yang baik bisa dilakukan dengan cara merendam biji kacang panjang di dalam air.
Biji kacang yang jelek akan mengapung karena gabuk dan biji yang berkualitas akan tenggelam sebab menthes.
Biji-biji kacang yang tenggelam yang di pilih sebagai bibit untuk ditanam. Sedangkang biji yang terapung dan biji-biji kacang yang cacat dan berlubang hendaknya di buang saja. karena biji-biji yang seperti itu tidak baik untuk dijadikan bibit.

Penyeleksian dengan cara ini dimaksudkan agar benih kacang panjang bisa tumbuh lebih besar dan agar hasilnya optimal.

Bagi yang tidak mau ribet dalam membuat bibit benih kacang panjang, atau tidak mempunyai buah kacang panjang yang bisa dijadikan benih,  maka bisa membelinya di toko-toko yang menjual bibit-benih tanaman.

Setelah biji-biji kacang siap untuk ditanam sebagai bibit, maka langkah selanjutnya ialah menyemaikan benih bibit kacang panajang sebagai berikut :

Menyiapkan Lahan Benih untuk Kacang Panjang

Lahan atau media tanam yang baik untuk di tanami kacang panjang yaitui lahan yang mempunyai unsur hara yang cukup. Baca keterangan lebih panjang di : pemupukan tanaman

Untuk memenuhi Unsur hara dalam tanah bisa di beri pupuk kandang maupun pupuk kompos yang mencukupi.

Tanah yang tersedia unsur hara yang mencukupi akan mejadikan tanaman dapat tumbuh dengan baik dan cepat besar serta agar hasilnya maksimal berbuah banyak.

Lahan tanah untuk menanam kacang panjang bisa berupa tanah yang telah di buat bedengan-bedengan. jika berupa bedengan-bedengan, maka usahakan lahan tanah yang ditanami kacang panjang tetap bisa menyerap air dengan baik dan jangan sampai lahan tanah tergenangi air.

Cara Menanam Kacang panjang di pot atau polybag juga dapat sebagai pilihan dalam menanam kacang tanah. Menanam kacang panjang di pot/polybag merupakan cara agar fungsi tanah yang sempit lebih maksimal..

Setelah media lahan tanaman sudah di persiapkan, maka selanjutnya yaitu :
Membuat lubang pada tanah untuk di jadikan tempat biji kacang panjang yang dalamnya kira-kira 10 cm. Kemudian memasukkan biji kacang tanah kedalam lubang pada media tanam yang telah dipersiapkan. Tiap-tiap lubang tanah di isi 2-3 biji benih kacang panjang.

Setelah biji ditanam dalam lubang-lubang tanah. maka langkah selanjutnya yaitu menutup benih biji kacang dengan abu,kompos dan tanah agar biji benih kacang tidak menjadi kering dan berkecambah di dalamnya.

Apabila menanam kacang panjang di bedengan-bedengan yang panjang, maka buatlah jarak tanaman sekitarnya 40 cm, dan jika ada banyak bedengan, maka buatlah jarak antar bedengan sekitar 50 cm.

Adapun cara menanam dalam pot atau polybag bisa menyesuaikan dengan banyaknya lubang tanaman dengan ukuran pot/polybag yang jaraknya kira-kira sama dengan ketika menanam kacang panjang dibedengan diatas.

Cara Merawat Tanaman Kacang Panjang agar hasilnya optimal


Merawat tanaman kacang panjang merupakan juga salah satu penentu keberhasilan dalam budidaya menanam kacang panjang yang hasilnya optimal.

Cara merawat kacang panjang agar memperoleh hasilnya yang optimal :

Penyiraman untuk kacang panjang
Penyiraman terhadap tanaman kacang panjang hendaknya diberikan setiap hari pada pagi atau sore. namun memilih penyiraman pada sore hari lebih baik.

Jika keadaan tanah kering atau saat musim kemarau, maka hendaknya penyiraman dilakukan pada pagi dan sore. Adapun jika pada musim hujan, maka di lihat dulu jika kondisi tanah sudah basah, jangan berikan penyiraman pada kacang panjang,tetapi jika namapak kering maka beri siraman.

Pemupukan pada kacang panjang agar hasilnya optimal
Pemupukan pada tanaman kacang panjang bertujuan sebagai cara menanam kacang panjang agar cepat pertumbuhannya,unsur hara dalam tanah menjadi bertambah dan agar kacang panjang berbuah banyak atau agar hasilnya optimal.

Cara pemupukan kacang panjang bisa dengan cara menaruh pupuk buatan sekitar satu sendok makan di sekitar tanaman yang jaraknya sekitar 10 cm dari tanaman atau setiap polybag/pot.

Namun, cara pemupukan yang seperti ini sebetulnya kurang aman bagi tanaman apabila tidak tahu cara yang benar atau salah dalam pemakaian, karena apabila tanaman tidak kuat terhadap pupuk kimia buatan, biasanya tanaman kacang akan layu dan akhirnya mati.

Adapun cara pemupukan yang aman bagi tanaman kacang ialah pemupukan yang pupuknya menggunakan pupuk organik dari tanaman/hewan seperti pupuk kompos dan pupuk hijau.

Keunggulan Pupuk organik, Selain lebih ekonomis pupuk organik lebih menjamin keamanan terhadap tanaman. Dan buah dari tanaman yang di pupuk menggunakan pupuk organik tergolong lebih sehat jika di konsumsi.

Jika terpaksa menggunakan pupuk kimia buatan pabrik, maka sebaiknya benar-benar memahami cara penggunaannya pada tanaman khususnya pemupukan untuk tanaman kacang panjang.

Membuat Lanjaran untuk kacang panjang agar hasilnya optimal

Cara Membuat Lanjaran untuk kacang panjang agar hasilnya optimal, Lanjaran ialah tiang yang berguna sebagai penyangga tanaman atau sebagai rambatan tanaman yang mana Lanjaran Tanaman ini biasanya di buat dari bambu,kayu, dll.

Kacang panjang sangat membutuhkan lanjaran ini agar pertumbuhan dan buah tanaman kacang panjang menjadi lebih optimal. karena tanaman kacang panjang tergolong sayuran yang merambat.

Cara Membuat Lanjaran untuk kacang panjang, Batang dari tanaman kacang panjang di ikatkan pada lanjaran, di ikatkan tanpa erat-erat dan renggangkan batang tanaman kacang panjang dengan lanjaran, agar batang kacang tidak menjadi patah dan juga tidak mengganggu pertumbuhannya yang kian membesar.

Hama dan Penyakit tanaman kacang panjang

Menanam kacang panjang juga seperti menanam tanaman lainnya yang mana kadang di hinggapi hama dan penyakit serta gulma yang menyerang dan berakibat kacang panjang tidak bisa di harapkan hasilnya. sebab tanaman tidak sehat dan juga kadang kering menguning akhirnya mati.
oleh karena itu kita harus waspada dan segera menangani serangan hama, penyakit dan gulma tersebut.

Demikianlah penjelasan berkenaan dengan Cara Menanam Kacang Panjang di Pekarangan Rumah. 

Back To Top Cara Menanam Kacang Panjang Agar Hasilnya Optimal Meski Di Pekarangan Rumah