Cara Menanam Bawang Merah di Pot Atau Polybag - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Menanam Bawang Merah di Pot Atau Polybag


Bawang Merah di Pot atau Polybag, BawangBawangan.Com_ Pada dasarnya Cara menanam bawang merah dalam polybag atau pot sama seperti halnya cara menanam cabe dalam polybag, cara menanam tomat dan daun bawang dalam pot.

Yaitu : Terlebih dahulu Sediakan wadah, lalu media tanam, bibit tanaman, Pupuk untuk tanaman, dan Siraman untuk tanaman.

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dengan Paralon Di Rumah Sendiri

Tujuan menanam bawang merah dalam pot atau polybag sebagai penghias keindahan taman atau pekarangan di rumah dan sebagai pemenuh kebutuhan sendiri dalam bumbu dapur.

Menanam dalam polybag atau pot pada dasarnya dapat dilakukan secara hidroponik dan non hidroponik. Apabila sobat bawang-bawangan hendak menanam secara hidroponik, maka harus menggunakan media tanam berupa benda padat yang bisa menyerap air contohnya sabut kelapa, bambu, batu apung,serbuk gergaji dll.
Cara Menanam Bawang Merah di Pot Atau Polybag
Cara Menanam Bawang Merah di Pot Atau Polybag via nuttyathome.blogspot.co.id 
Adapun menanam dalam pot atau polybag secara non hidroponik hendaknya sobat pakai tanah humus yang tercampuri pasir sebagai media tanam umbi bawang merah.


Syarat Wadah Menanam Bawang Merah Dalam Pot Atau Polybag.

Menanam dalam polybag atau pot syaratnya dalam ukuran dan jenis pot polybag yang digunakan adalah sebagai berikut :
Tanaman bawang merah tergolong bagian dari tanaman monokotil yang memiliki akar serabut. Tanaman bawang merah membutuhkan wadah yang memiliki garis tengah minimal 10 cm untuk menampung semua akar bawang merah.
Cara Menanam Bawang Merah di Pot
Adapun dalam dari media tanam minimalnya 15 Cm. yakni ukuran pot atau polybag untuk menanam bawang merah yang optimal ialah polybag berukuran 5 Kg. Wadah lainnya dapat pula dipakai sebagai pot untuk tanaman bawang merah seperti halnya kaleng cat,panci,ember bekas dan semisalnya.

Media Tempat atau Wadah yang akan ditanami bawang merah harus dilobangi terlebih dahulu pada bagian bawahnya supaya air tidak menggenang di dalam wadah tanaman bawang.
Tanaman bawang merah sangat buruk jika sering tergenangi air.
Karena, Kebasahan yang dibutuhkan untuk menanam tanaman bawang merah hanya sekitar 60%. Sehingga tanah nampak lembab, Namun jika wadah diangkat polybag atau pot airnya tidak tidak ada yang menetes.

Media Tanam Bawang Merah Dalam Polybag Pot.


Menanam dalam polybag non hidroponik adala menanam yang memakai media tanam berupa tanah humus yang dicampuri pasir atau batu kerikil. Perbandingannya yaitu tanah humus : pasir ialah 1 : 1 ( satu banding satu ).
Sobat Bawang-Bawangan Bisa membelinya pada penjual bunga yang menjual tanah humus dicampuri pupuk kompos, jadi jangan khawatir jika sobat kesulitan membuatnya sendiri.

Bibit Bawang Merah Dari Biji


Bibit tanaman bawang merah sayogyanya menggunakan bibit yang berkualits bagus, ciri bibit bawang merah dari biji yang bagus dapat mencarinya di internet, jadi tidak perlu bingung memilih bibit untuk bawang merah.

Sobat juga bisa gunakan bawang sayur untuk bibit tanaman di pot atau polybag. Jika sobat memeilih bibit bawang merah dari dapur, Dianjurkan untuk memilih siung yang sudah nampak tua, Kulitnya nampak mengkilap dan kering sempurna, bukan yang sudah kisut, dan juga tidak bertunas.

Kesimpulan.......

Cara Menanam Bawang Merah Dalam Polybag Atau Pot

-Mencampurkan Pasir kedalam tanah humus sampai rata.
-Lalu tanah bercampur pasir dimasukkan dalam polybag atau pot.
-Sirami tanah sampai kebasahan 60%, tanda-tandanya tanah nampak lembab tapi tidak ada tetesan air.
-Biji bibit bawang merah ditaburkan dalam media tanam lalu menutupnya memakai sekam.
-Letakkan pot/polybag bawang merah pada tempat yang teduh namun masih dapat terkena sinar matahari pagi, Biarkan sampai bawang merah tumbuh dengan daun sepanjang 5 Cm. Hindari tanaman bawang merah dari air hujan, sebab bisa menyebabkan busuk pada batangnya.

Pupuk untuk bawang merah diberikan pada minggu kedua, menggunakan pupuk SP dan KCL, dengan ukuran 1/2 sendok pupuk SP dan 1/2 sendok pupuk KCL.
Kemudian Pupuk di berikan pada tanaman bawang merah di polybag atau pot 2 kali setiap 3 minggu.

Penyiraman Untuk Tanaman Bawang Merah Di Pot Atau Polybag
Penyiraman untuk tanaman bawang merah di pot atau polybag hendaknya di lakukan setiap hari terutama sekali jika pada musim kemarau. Jika pada musim hujan cukup pagi dan sore saja.

Pengendalian hama untuk tanaman bawang merah pot atau polybag.
Pada tanaman bawang di pot atau polybag umumnya lebih aman dari serangan hama dan penyakit.

Bawang merah dalam pot atau polybag sudah dapat dipetik hasilnya pada umur 70 hari setelah penanaman.
Demkianlah cara menanam bawang merah dari biji di pot/ polybag yang baik dalam lahan sempit Mudah-mudahan bermanfat.

Back To Top Cara Menanam Bawang Merah di Pot Atau Polybag