Cara Merawat Tanaman Cabe agar Cepat Berbuah - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Merawat Tanaman Cabe agar Cepat Berbuah

Cara merawat pohon cabe agar cepat berbuah, Pada postingan sebelumnya ademin telah menguraikan pembahasan tentang Cara Menanam Cabe yang Baik dan Benar Bagi Pemula dan Cara Menanam Cabe Rawit Agar Cepat Berbuah Lebat. Jadi, pembahasan ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumnya yang masih seputar dengan cara menanam cabe dan merawat cabe agar sehat dan berbuah lebat.

Cara merawat cabe agar cepat berbuah lebat.Cara untuk membuat tanaman cabe yang kita tanam cepat berbuah lebat ini tidak berbeda dengan teknik menaman cabe yang biasa di kerjakan. teknik ini bisa diterapkan ketika kita menanam cabe di halaman rumah,atau menanam cabe di dalam pot/polybag atau malahan juga ketika kita menanam cabe secara hidroponik.

Dari ketiga teknik di atas tentunya ada usaha khusus yang harus dilakukan pada tanaman cabe kita, mulai dari jenis teknik cara menanam dan media tanaman cabe. jadi, sebenarnya teknik-teknik penanam cabe di atas agar bisa cepat berbuah lebat tentunya memiliki cara tersendiri dari setiap masing-masing dari teknik penanam cabe diatas.
cara merawat pohon cabe agar cepat berbuah
cara merawat pohon cabe agar cepat berbuah
Disini tidak akan menguaraikan secara detail cara merawat cabe dari setiap teknik penanaman seperti cara merawat tanaman cabe hidroponik agar cepat berbuah,cara merawat tanaman cabe di dalam pot biar cepat berbuah,cara merawat tanaman cabe di halaman rumah agar cepat berbuah. Namun,disini ademin hanya akan membahas cara menanam dan merawat cabe agar cepat berbuah lebat secara umum, tapi dapat di aplikasikan pada semua jenis tanaman cabe dan juga dari semua teknik dan kondisi tanaman cabe.

Cara Merawat Pohon Cabe agar Cepat Berbuah Lebat


Untuk menghasilkan hasil buah dari tanaman cabe, baik cabe yang ditanam di dalam pot/polybag di pekarangan rumah maupun yang di budidayakan dalam skala besar di kebun maupun di sawah, pada prinsipnya secara umum bisa mengikuti cara-cara berikut ini apabila ingin tanaman cabe dapat cepat berbuah lebat.

Ada tiga poin penting yang perlu di pahami dan dilakuan agar tanaman cabe yang kita tanam bisa cepat berbuah lebat, iaitu :
  • Menyediakan Air dan memberi Nutrisi pada tanaman cabe yang baik dan benar.
  • Perawatan yang baik dan benar pada tanaman Cabe agar cepat berbuah.
  • Mengatasi Hama dan Penyakit pada tanaman Cabe agar tetap sehat dan bisa berbuah normal.
1. Asupan air dan Nutrisi untuk tanaman cabe yang baik dan benar.

Dalam budidaya cabe terkadang banyak pembudidaya atau petani cabe yang ketika melihat tanaman cabenya nampak normal, tumbuh subur bahkan bunga-bunga dan pentil cabe mulai menonjolkan diri, para pembudidaya merasa sudah merdeka dan sudah menganggap pekerjaannya selesai. Padahal bagi pembudidaya yang mengetahuinya sebetulnya itu dianggap salah. Sebab saat tanaman cabe sudah mulai mekar bunga-bunganya dan mulai berbuah, maka para petani cabe di tuntut untuk lebih fokus,disiplin dan serius dalam menyediakan asupan air dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman cabe untuk dapat bisa cepat berbuah lebat. 

Sebab permasalahan-permasalahan yang sering terjadi pada tanaman cabe seperti rontoknya bunga-bunga cabe,pentil-pentil banyak yang jatuh,cabang-cabang tanaman cabe menjadi layu penyebab utamanya adalah karena Asupan air dan Nutrisi yang dibutuhkan cabe tidak terpenuhi. Begitu juga asupan nutrisi pada tanaman cabe yang sedang mulai mau berbuah.

Dalam memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tanaman cabe ini kita sebaiknya menggunakan pupuk organik saja seperti halnya pupuk kompos dari dedaunan.

2. Cara Perawatan tanaman cabe agar cepat berbuah lebat

Cara merawat tanaman cabe yang baik dan benar agar bisa berbuah lebat, ialah sebagai berikut ini :
- Memotongi cabang-cabang tanaman yang sudah layu dan mati.
- Memangkasi dan membersihkan tanaman cabe dari dedaunan kering atau mati yang biasanya terletak di dalam pangkal batang
- Memangkasi tunas-tunas susulannya.
Hal ini dilakukan karena tujuan penanaman cabe bukanlah hanya untuk membentuk tanaman cabe nampak berdaun rimbun atau nampak menyenangakan seperti tanaman hias. Tetapi tujuan utama dari menanam cabe tak lain agar supaya cabe berbuah lebat dan banyak.
- Membuat dan memberi penyangga untuk membantu tanaman cabe tetap dapat berdiri dengan tegak sebagai penjagaan dari akar cabe yang sudah tidak lagi atau ketika buahnya sudah nampak menjadi beban bagi batang dan cabang-cabang tanaman cabe.

3. Membasmi Gulma, Hama dan Penyakit pada tanaman Cabe

Tanaman pengganggu disebut sebagai gulma, gulma ialah tanaman liar seperti rumput di sekitar tanaman cabe yang ikut juga menyerap asupan nutrisi dan zat unsur hara tanah yang di berikan pada tanaman cabe. jadi keberadaan gulma tentunya sangat mengganggu bagi pertumbuhan dan pembuahan tanaman cabe.

Cara mengatasi gulma ini setidaknya ada dua teknik yang kerap dilakukan oleh para petani/pembudidaya cabe.

1. Membasmi dengan cara menyemproti gulma dengan pestisida kimia atau
2. Menyiangi gulma atau rumput liar dengan cara mencabutnya dengan tangan.

Dari kedua teknik diatas banyak orang yang menggunakan cara yang pertama, yakni menyingkirkan dan membunuh gulma dengan menyemproti menggunakan pestisida, hal ini karena dirasa lebih cepat. Namun, sebetulnya cara yang kedua yakni Menyiangi gulma atau rumput liar secara manual dengan cara mencabutnya dengan tangan lebih aman dan lebih menguntungkan bagi tanaman. karena dengan mencabut rumput-rumput liar di sekitar tanaman cabe akan menjadikan tanah berpori-pori sehingga nutrisi dari luar tanah mudah sekali diserap oleh akar tanaman cabe. Disamping itu tanah tidak menjadi rusak akibat zat kimia pestisida. Dan juga tidak semua gulma yang meurugikan pertumbuhan tanaman cabe.

Bahkan ada jenis gulma tanaman yang bermanfaat / mampu untuk mengendalikan hama secara hayati di sekitar area tanaman cabe. maka sebaiknya lakukan pencabutan dan pembersihan gulma yang ada disekitar akar dan tanaman cabe.

Apabila dari ketiga cara di atas diapalikasikan dengan baik dan benar. insya Alloh hasil dari panen cabe akan bisa memperoleh hasil yang lebih optimal dari pada sebelum menerapkan 3 cara merawat tanaman cabe agar berbuah lebat ini.

Namun, terkadang ada yang merasa menjalakan metode yang yang dipakai sama tapi hasilnya berbeda. Oleh sebab trial dan error dalam sebuah usaha perlu di jalankan secara berulang hingga menghasilkan kecocokan pada kedaan yang memuaskan. ( Baca juga : Cara Menanam Cabe PEMULA )

Sekian artikel kami berkenaan dengan Cara Merawat Pohon Cabe Agar Cepat Berbuah Lebat. Terima kasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan ini.
Tag : Sayuran

Back To Top Cara Merawat Tanaman Cabe agar Cepat Berbuah