Sejarah Coklat / Kakao Sampai Ke Indonesia - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Sejarah Coklat / Kakao Sampai Ke Indonesia

Sejarah Asal Mula Tanaman Coklat, BawangBawangan.Com – Sebetulnya Tanaman coklat atau yang sering juga disebut sebagai kakao sebetulnya bukan termasuk tanaman asli Indonesia. Akan tetapi, tanaman coklat atau kakao ini aslinya berasal dari Amerika.  

Sejarah Tanaman Kakao Sampai Ke Indonesia

Berdasarkan catatan sejarah, Penyebaran tanaman Coklat atau kakao sampai masuk di Indonesia karena dibawa oleh Bangsa Portugis.

Jadi, Asal mula tanaman coklat berasal dari hutan tropis di Amerika Tengah dan di Amerika Selatan bagian Utara.  penduduk yang pertama kali mengusahakan tanaman coklat yang menggunakannya sebagai bahan makanan dan minuman adalah suku Indian Maya dan suku Aztec. mereka memanfaatkan coklat sebelum orang-orang putih Menemukan benua Amerika.

Suku Indian Maya ialah suku yang dahulunya hidup di wilayah yang kini disebut dengan Kuitemala, yucatan, dan Honduras yaitu Amerika Tengah.

Kedatangan suku Asmat dari daerah Utara untuk menaklukkan suku Maya dan menguasai kebun-kebun coklat suku Maya. mereka mulai belajar menanam serta mengolah coklat menjadi makanan dan minuman coklat. 

Ketika bangsa Spanyol datang pada tahun 1519 Suku Aztec-lah yang mereka kenal sebagai penanam dan yang mengusahakan tanaman kakao atau cokelat.

Saat itu, bangsa Spanyol tidak menyukai coklat hasil olahan suku Aztec. Mereka mulai mencari cara mengolah kekao sendiri dengan Cara menyangrai biji kokoa, kemudian menumbuknya dan menambahkan gula tebu padannya.

Ternyata hasil pengolahan dengan cara demikian itu lebih cocok dengan selera bangsa Spanyol. Oleh karena itu, akhirnya bangsa Spanyol memperkenalkan gula tebu ke Meksiko pada tahun 1522 sampai 1524. Orang-orang Spanyol juga tercatat sebagai penanam pertama kakao di trinidad pada tahun 1525.

Sedangkan di Indonesia, tanaman kakao diperkenalkan oleh orang Spanyol pada tahun 1560 di Minahasa, Sulawesi. Ekspor dari Pelabuhan Manado ke mana dimulai tahun 1825 hingga 1838 sebanyak 92 ton. Nilai ekspor tersebut dikabarkan menurun karena adanya serangan hama pada tanaman kakao. Tahun 1919 Indonesia masih mampu mengekspor sampai 30 ton, tetapi setelah tahun 1928 ternyata ekspor tersebut terhenti van hall,1932
Coklat  Kakao
Sejarah Coklat / Kakao Sampai Ke Indonesia via lilianausvat.blogspot.co.id

Pengelolaan Tanaman Kakao atau Coklat


Pengelolaan Tanaman Coklat
Adapun pengelolaan tanaman coklat dibudidayakan dalam bentuk perkebunan. Perkebunan tersebut sebagian besar dimiliki oleh pemerintah.  Namun ada juga beberapa perkebunan tanaman coklat yang di usahakan atau dibudidayakan oleh rakyat biasa.  
Kadang-kadang 1 - 2 pohon ada di halaman rumah penduduk sebagai tanaman hias.  

Daerah Penghasil Kakao di Indonesia
Adapun daerah penghasil dan penyebar coklat atau kakao di indonesia yang paling utama yaitu Jawa Timur Jawa Tengah dan Sumatera Utara.

Coklat bubuk diolah dari biji, coklat bubuk tergolong mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi.  

Syarat Tumbuh Tanaman Coklat 
Pada umumnya tanaman coklat dapat tumbuh di daerah yang suhunya 27 sampai 30 Celcius , dan curah hujannnya diantara 3000-4000 mm, dengan penyebaran hujan yang merata sepanjang tahun dan tanahnya berdrainase baik.

Adapun daerah yang demikian itu biasanya memiliki ketinggian tidak lebih dari 500 M di atas permukaan laut

Terkait : Sejarah Tanaman Karet di Dunia dan di Indonesia

Back To Top Sejarah Coklat / Kakao Sampai Ke Indonesia