Cara Menyemai Biji Pepaya Agar Cepat Tumbuh - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Menyemai Biji Pepaya Agar Cepat Tumbuh

BawangBawangan.Com Cara Menyemai Biji Pepaya Agar Cepat Tumbuh - Pepaya adalah tanaman pohon yang berumur pendek dan mengelurkan buah yang manis empuk dan segar jika sudah matang. Di tanah Indoensia tanaman pepaya tergolong jenis tanaman yang mudah tumbuh untuk berbagai jenis pohon pepaya, baik itu jenis pepaya asli indonesia maupun pepaya asal luar negeri seperti pepaya california, calina, bangkok, thailand dan pepaya unggul lainnya.

Dalam Budidaya pohon pepaya bisa di usahakan dengan dua cara, yaitu dengan cara generatif dan dengan cara menyemai biji pepaya.

Cara Menyemai Biji Pepaya Agar Cepat Tumbuh

Langkah-Langkah Cara Menyemai Biji Pepaya, Mula-mula pilih terlebih dahulu biji pepaya yang bagus untuk disemaikan sebagai benih.

Benih pepaya yang baik bisa di dapatkan dari buah pepaya yang berbentuk bulat panjang, sudah masak, dan dipetik dari pohon induk yang berumur minimal dua tahun.

Untuk mengetahui buah pepaya itu sudah masak tentu dengan melihat warna kulit buah pepaya yang sudah menguning secara merata.

Langkah Langkah Pembibitan Buah Pepaya
Adapun cara membuat benih tanaman pepaya yaitu buah pohon pepaya yang sudah masak dan di pilih untuk dijadikan benih di potong pangkalnya seperempat bagian, kemudian di ambil bijinya.

Langkah selanjutnya biji-biji tersebut di cuci hingga bersih dan di jemur sampai kering.
Cara Menyemai Biji Pepaya
Bibit pepaya via http://pusatbibitpepayacalifornia.blogspot.co.id

Cara Mudah Menyemai Biji Pepaya Agar Cepat Tumbuh

Cara menyemai biji-biji pepaya tergolong sangat mudah.
Caranya yang pertama yaitu : Siapkan media tanam berupa campuran tanah, pasir dan juga pupuk kandang secukupnya, yakni dengan perbandingan tanah :1, pasir :1, dan pupuk kandang ;1. kemudian semuanya di campur jadi satu secara merata.

Langkah selanjutnya masukkan media yang telah di buat sebagaimana di atas di dalam wadah seperti baskom,ember atau polybag.

Cara agar benih pepaya yang di semai cepat tumbuh, maka lakukanlah perendaman pada benih dalam air hangat sekitar kurang lebih 30 menitan.

Dan agar pertumbuhan benih mendapatkan hasil yang lebih baik,usahakan untuk merawatnya dengan baik. Khususnya yaitu dengan penyiraman secara teratur. Namun, usahakan jangan sampai media tanah yang di buat untuk menanamnya menjadi becek.

Sebab tanaman pepaya juga membutuhkan air, namun juga tidak tahan dengan air yang berlebihan berbeda dengan tanaman kangkung yang suka tenggelam dalam air.

Jika bibit tanaman pohon pepaya berada dalam tanah yang terlalu becek, biasanya bibit tanaman pepaya tidak lama akan mati membusuk.

Langkah selanjuntnya, setelah bibit pepaya tumbuh dengan baik hingga tingginya sekitar 10 cm dengan daun-daun yang menjulur 5-8 helai daun. Maka bibit-bibit yang telah di buat tersebut bisa di pindahkan dan di tanam di kebun atau pekarangan yang lebih luas.

Baca : Ciri-Ciri : Inilah Bibit Unggul Buah-Buahan Dan Ciri-Cirinya

Ciri-Ciri Bibit Pepaya Yang Bagus

Ciri-ciri bibit pepaya yang bagus dan siap di tanam di kebun, pekarangan, sawah dll.
1. Bibit Pohon pepaya tumbuh sehat dan normal dengan tinggi sekitar 10 cm
2. Jumlah daun sekitar 5-8 helai daun
3. Bibit tidak penyakitan

Untuk mendapatkan bibit tanaman pohon pepaya unggul anda bisa memilih bibit pepaya california, calina, bangkok, thailand dan pepaya unggul lainnya di lapak-lapak penjual bibit terdekat di daerah Anda.

Terkait : Panduan Budidaya Cengkeh Lengkap Sampai Panen

Back To Top Cara Menyemai Biji Pepaya Agar Cepat Tumbuh