Asal Usul Tanaman Bawang Merah dan Persebarannya - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Asal Usul Tanaman Bawang Merah dan Persebarannya

Sejarah Asal Mula Bawang Merah, bawangbawangan.com - Asal usul Tanaman bawang merah berasal dari daerah Asia Tengah yaitu sekitar India dan Pakistan sampai negara Palestina. tanaman bawang merah ini merupakan tanaman yang tertua sebagai tanaman yang dibudidayakan oleh manusia.

Hal itu diperkuat adanya lukisan pada patung patung dan Tugu-tugu di Mesir, menurut penelitian lukisan-lukisan ini dibuat oleh bangsa Mesir ribuan tahun sebelum masehi.  kemudian bawang merah mulai menyebar ke negara-negara Eropa Barat, Eropa Timur dan Spanyol pada abad ke -8.
Dari belahan benua ini bawang merah mulai menyebar luas hingga dataran Amerika, Asia Timur dan Asia Tenggara.

Pada abad ke xix bawang merah menjadi salah satu tanaman komersial di berbagai negara di dunia.
Negara-negara yang memproduksi atau membudidayakan bawang merah antara lain Jepang, Rumania, Italia, Amerika Serikat, Meksiko dan Texas .

Budidaya Bawang Merah Indonesia

Sedangkan bawang merah masuk ke negara Indonesia diperkirakan pada abad xix. Sekarang ini di Indonesia tanaman bawang merah dibudidayakan hampir ada di setiap provinsi. namun Sentral penanaman bawang merah secara luas berpusat di Pulau Jawa Indonesia.
Budidaya Bawang Merah
Budidaya Bawang Merah
Pembudidayaan bawang merah di indonesia, terutama di pulau Jawa dilakukan di daerah-daerah dataran rendah seperti di daerah Semarang, Demak, Cirebon, brebes-tegal, Wates Jogjakarta, Kediri dan lain-lain. dalam perkembangan selanjutnya, bawang merah mulai dibudidayakan di daerah dataran tinggi seperti yang dibudidayakan di Probolinggo, Banjarnegara, Malang, Magetan, Sukabumi dan Bandung.

Budidaya Bawang Merah di Jawa
Adapun daerah-daerah di Indonesia dari setiap provinsi yang membudidayakan bawang merah di antaranya Provinsi Jawa Timur yang membudidayakan bawang merah adalah Ponorogo, Tulungagung, Malang, Pasuruan, Nganjuk, dan Bondowoso selain itu juga Lamongan, Gresik, Sampang, Kediri, Bangkalan, Jember, Pamekasan, Sumenep, Madiun Ponorogo, Nganjuk, Trenggalek, Tulungagung, Lumajang, Tuban ke Mojokerto ke Banyuwangi Probolinggo Sidoarjo Pasuruan dan Bojonegoro

Adapun kabupaten-kabupaten di Jawa Tengah yang membudidayakan bawang merah diantaranya adalah Kabupaten Demak, Sukoharjo, batang, Rembang, Kendal, Pemalang, pati, dan pekalongan serta Banyumas dan Semarang

Adapun di provinsi Jawa Barat daerah yang mengembangkan budidaya bawang merah adalah Sumedang, Garut komam Bandung, Indramayu kok ma Cirebon, Tangerang, Subang, Serang, dan Bekasi. itulah kira-kira daftar daerah-daerah yang membudidayakan tanaman umbi bawang merah di pulau jawa indonesia dan persebaran bumbu dapur yang sangat bermanfaat bagi manusia ini berdasarkan penelitian.

Baca Pula : Manfaat Bawang Merah dan Kandungan Gizinya

Jadi......

Bawang merah merupakan tanaman tertua dari silsilah tanaman yang ditanam oleh manusia. Hal ini antara lain bisa diketahui dari sejarah bangsa Mesir pada masa dinasti pertama dan kedua yang menggambarkan bawang merah pada patung-patung atau tugu-tugu peninggalan mereka. Di Israel misalnya, tanaman bawang merah telah dikenal sejak tahun 1500 Sebelum masehi. Dari sisa peninggalan Yunani kuno, tampak tanaman ini telah dibudidayakan sejak 4000 tahun yang lalu.

Sedangkan di Eropa Barat, Eropa Timur dan Spanyol, diperkirakan sejak 100 tahun yang lalu. kemudian mulai menyebar ke Amerika terutama Amerika Serikat sampai ke timur jauh dan Asia Selatan.

Tanaman bawang merah diperkirakan berasal dari kawasan Asia. sebagian referensi menyatakan secara spesifik bahwa bawang merah asal mulanya dari Asia tengah khususnya India.

Ada juga referensi lain yang menyatakan bahwa asal-usul tanaman bawang merah ini ialah dari Asia Barat dan Mediterania yang selanjutnya berkembang ke negara Mesir dan Turki.

Sebagian sumber lainnya mengungkapkan, bawang merah berasal dari Asia Tenggara dan Mediterania.

Sumber yang lain lagi mengungkapkan bahwa silsilah bawang merah ini adalah dari Iran dan kawasan Utara Pakistan. dengan pengembangan dan pembudidayaan yang serius, bawang merah telah menjadi salah satu tanaman komersial di banyak negara di dunia.

Negara-negara yang menjadi mengembangkan budidaya tanaman bawang merah ini selain Jepang ialah Amerika Serikat termasuk Meksiko, Italia, Rumania dan Texas.

Daerah lain yang juga menjadi penghasil bawang merah dan bawang bombai ialah beberapa negara di kawasan Eropa Barat dan Eropa Timur Spanyol, Mesir dan Turki.

Masuknya Bawang Merah di Indonesia

Indonesia baru mulai mengenal tanaman bawang merah ini sekitar awal abad ke XX. akan tetapi spesies lokal yang sejenis dengan bawang merah sudah ada dan dikenal sebagai tanaman liar. misalnya bawang brobos yakni sejenis rumput liar yang banyak tumbuh di kawasan pantai dan Bawang Sabrang atau Eleutherine Americana L, yang berasal dari Amerika Tengah.

Di Indonesia daerah penghasil bawang merah paling utama sekaligus daerah penyebarannya yaitu Cirebon,Brebes, Tegal,Pekalongan,Solo, wates-yogyakarta, dan Demak. Akan tetapi dalam perkembangan selanjutnya, pembudidayaan tanaman bawang merah ini sudah meliputi di seluruh provinsi di Indonesia kecuali DKI Jakarta, Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Barat dan juga Kalimantan Tengah.

Back To Top Asal Usul Tanaman Bawang Merah dan Persebarannya