Cara membuat bibit unggul bawang merah sendiri - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara membuat bibit unggul bawang merah sendiri

Pembibitan bawang merah- bibit bawang merah yang unggul atau baik merupakan salah satu hal yang sangat menentukan hasil panen yang melimpah dan bisnis budidaya bawang merah yang sukses. Adapun dalam hal budidaya bawang merah pemilihan bibit yang unggul dan baik yaitu memilih bibit-bibit bawang merah yang memenuhi syarat-syarat dan kriteria sebagai berikut :
  1. Bibit bawang merah harus mempunyai daya tumbuh yang baik
  2. Bibit bawang merah murni.
  3. Bibit bawang merah bebas dari penyakit.

Bibit bawang merah memiliki daya tumbuh yang baik

Bibit bawang merah yang mempunyai daya tumbuh yang unggul/baik ialah bibit bawang merah yang memiliki kekuatan tumbuh bibit dalam jangka waktu tertentu, artinya bawang merah yang hendak dijadikan bibit harus benar-benar mempunyai daya tubuh yang baik dan sehat yaitu biasanya berlagsungnya umur bibit bawang merah ketika di kebun berumur kurang lebihnya 70 hari.

Kemurnian bibit bawang merah

Bibit dari bawang merah dikatakan sebagai bibit yang murni adalah bibit bawang merah yang tidak bercampur dengan bibit jenis varietas lain. Jadi bibit harus bersih dari bibit-bibit yang telah rusak dan basah. Banyaknya bibit tiap satu hektar nya lahan yang ditanami bawang memerlukan kurang lebih 6 sampai 10 kuintal. Hal ini sangat tergantung dengan besar dan kecilnya persendiaan bibit bawang.
Cara membuat bibit unggul bawang merah sendiri
Cara membuat bibit unggul bawang merah sendiri

Bibit bawang merah yang baik bebas dari hama penyakit.

Hendaknya dalam pemilihan pada bibit bawang merah, bibit berasal dari tanaman yang sehat, dalam arti semasa pertumbuhan bawang merah yang dijadikan bibit harus benar-benar terjaga atau bebas dari hama dan penyakit. Bibit bawang merah harus kering serta sudah mengalami masa penyimpanan dalam rak bibit selama 3 sampai 4 bulan. Dalam hal pembibitan tidak dibenarkan memilih bibit secara sembarangan, karena bibit bawang merah yang baik akan menentukan pula hasil panen bawang merah yang baik.

Memilih Bibit Bawang Merah yang Baik dan unggul

Guna memperoleh hasil panen yang baik, bibit bawang merah harus diseleksi terlebih dahulu. Beberapa hari sebelum ditanamka,umbi bawang merah harus dipotong terlebih dahulu, selanjutnya bibit dikupas agar menjadi butiran butiran siung. Pada saat umbi bibit bawang dikupas menjadi siung, hindari timbulnya kerusakan atau luka pada siung bibit untuk menjaga bibit tetap sehat tidak busuk terserang penyakit.

Bibit bawang merah yang baik adalah bibit yang memenuhi syarat-syarat tertentu seperti yang telah terangkan diatas. Hal itu juga tidak lepas dari penelitian yang lebih seksama, diantaranya harus memilih bibit bawang merah yang besarnya seragam dan sehat.

Apabila bibit terlalu kecil akan menghasilkan bawang merah atau umbi bawang merah baru yang sedikit, namun jika terjadi pemilihan bibit bawang merah yang berukuran besar dan kecil,maka akan mengalami perbedaan pada umbi-umbi baru. Oleh karenanya, sebaiknya antara bibit yang besar dan bibit yang kecil tempat penanamannya harus dipisah pada bedengan-bedengan tersendiri.

Proses pemotongan bibit bawang merah

Dalam proses pemotongan pada bibit bawang merah bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman bawang merah. Namun kelemahannya akan mudah terserang hama dan penyakit, jika pemotongannya tidak berhati-hati. Jadi pemotongan bibit bawang merah yang baik dan benar yaitu pemotongan bibit diambil sepertiga bagian atas dari bibit bawang merah. Kemudian baru ditancapkan atau ditanamkan pada lahan tanah bawang merah yang telah dibuat bedengan-bedengan baik di sawah maupun di kebun-kebun. Terkait : Cara Menanam Bawang Merah yang Baik dan Benar 
Tag : Bawang Merah

Back To Top Cara membuat bibit unggul bawang merah sendiri