Hama Bawang Merah dan Cara Mengatasinya - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Hama Bawang Merah dan Cara Mengatasinya

Pengendalian hama bawang merah, Tidak selamanya tanaman bawang merah dapat berjalan lancar dan sehat serta menghasilkan panen yang baik dan melimpah, akan tetapi ada saja saat-saat gangguan yang dapat merusak tanaman bawang merah.  Gangguan-gangguan tersebut biasanya disebabkan oleh hama dan penyakit atau kadang juga sebab dan akibat pengaruh iklim yang kurang bersahabat.

Jenis-jenis Hama penyakit pada bawang merah

Proses pertumbuhan tanaman bawang merah semenjak pembibitan menjadi besar tidak lepas dari serangan hama pada tanaman bawang merah.

Hama Bawang Merah dan Cara Mengatasinya
Hama Bawang Merah dan Cara Mengatasinya- Fredikurniawan.com

Hama Bawang merah ada yang menyerang pada siang hari, ada pula yang menyerang pada malam hari dan siang hari dan siang dan malam hari tanpa mengenal waktu.

Hama yang menyerang pada siang hari, biasanya aktif pada siang hari. Sedangkan pada malam hari akan pasif. Misalnya ulat daun dan ulat umbi, keduanya sama-sama merusak dan memakan tanaman yang dihinggapi sampai habis. Bahkan habis sama sekali jika tanaman yang dijadikan sasaran sudah habis, barulah hama tersebut pindah ke tempat yang lain.
Ada pula jenis hama bawang merah seperti belalang dan binatang kepik. hama bawang ini merusak daun-daun tanaman bawang merah dengan berpindah-pindah tempat, dari daun yang satu ke daun yang lain, ataupun pada tanaman lain. Hama tanaman bawang merah tersebut diatas mudah dilihat dengan mata kepala sendiri, sehingga dapat dibasmi secara langsung.

Hama Bawang Merah yang menyerang pada malam hari, biasanya belalang dan berbagai macam jenisnya. Sedangkan hama bawang merah yang menyerang pada malam hari, datangnya bilamana matahari telah terbenam. Sedangkan jika pada siang hari hama bawang merah tersebut bersembunyi pada tempat-tempat yang teduh.

Cara mengatasi hama tanaman bawang merah

Ada beberapa hama bawang merah berupa serangga perusak tanaman bawang merah, di mana setiap jenis hama serangga tersebut menyerang bagian-bagian tanaman yang berbeda-beda.

Untuk mencegah timbulnya hama bawang merah tersebut, seharusnya usaha pencegahan atau pengendalian dapat dilakukan sebelum serangan hama terjadi.  yaitu dengan cara Jika terjadi hujan pada siang hari bersamaan dengan cuaca panas, maka selesai hujan tanaman bawang merah harus segera disemprot obat. Demikian pula bila hujan terjadi pada malam hari, maka pengobatan dilakukan pada pagi hari menggunakan fungisida,  yakni untuk mencegah timbulnya penyakit yang disebabkan oleh jamur.  Sedangkan racun yang digunakan terdiri dari insektisida untuk penyemprotan serangan-serangan hama bawang merah. Selanjutnya penyemprotan pada bawang merah guna mencegah timbulnya hama dan penyakit, sebaiknya dilakukan secara teratur dengan menggunakan sistem berjangka.
Terkait : Penyakit Bawang Merah dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa kerusakan tanaman bawang merah yang disebabkan oleh serangga-serangga dan ulat, yang menimbulkan kerusakan pada daun atau umbi bawang merah. Serangga-serangga dan ulat tersebut cara penyerangannya berbeda-beda menurut jenis kegemarannya.

Macam-macam Hama Tanaman Bawang Merah

Beberapa hama yang menyerang tanaman Bawang Merah adalah

Ulat daun
Hama Bawang Merah Daun merupakan hama pada tanaman bawang merah yang menyerang
Dengan cara memotong ujung ujung daun hingga putus.
Tanda-tanda daun yaitu panjang ulat maksimal lebih dari 25 mm warnanya hijau dan menempel pada daun

Tanda-tanda serangannya : mula-mula yang dirusak oleh ulat ini adalah daging daun, kemudian memotong bagian ujung daun bawang, daun bawang berwarna pucat dan sering menyerang pada pagi hari sore dan malam hari

Cara Mengatasi hama ulat daun yang hinggap pada tanaman bawang merah yaitu dengan cara mekanis artinya memotong dan mencabut daun-daun yang terserang, kemudian dibuang jauh dari tanaman bawang merah, setelah terlebih dahulu ulat-ulat tersebut dibunuh.
Cara kimia yaitu dengan disemprotkan dengan menggunakan racun kontak lannate yang berbentuk bubuk berwarna putih, sedikit berbau belerang. Larutan yang digunakan yaitu 3 sampai 6 gram per 100 liter air dengan tamaron bentuk cair, yang larutannya 0,5 sampai 1 cc per liter air nya. Di samping obat tersebut, juga dapat menggunakan racun lain seperti diazinon 60 es,  phosvel 300 ec, atabron,desis,demilin,alcistin,dipolaton,dithane m-45 dan sebagainya menurut jenis hama.

Hama Ngengat Daun Bawang Merah

Ngengat merupakan hama tanaman bawang merah yang menyebabkan kerusakan tanaman,lebih-lebih bekas serangan ulat, maka akan mudah terjangkit jamur atau cendawan hingga mengakibatkan kematian tanaman.

Tanda-tanda serangan hama ini pada daun bawang merah, yaitu pada daun bawang tampak berongga kecil atau berlubang, meskipun hanya sebagian kecil. Tetapi dapat mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi kerdil dan warna daun menjadi kuning seperti layu.

Penyebab-penyebabnya
Hama ini disebabkan oleh larva yang berasal dari ngengat daun. Ngengat-ngengat ini berwarna abu-abu kecoklatan yang mempunyai titik putih. Panjangnya kira-kira 18 mm

Cara Mengatasi dan Memberatas Hama Bawang Merah ini
Larva tidak mudah dibunuh, akan tetapi menggunakan racun folidol m, folidol e650 ( bahan aaktif 20gr/100 liter air) dan 300-500 bahan aktif tentu akan berhasil memuaskan

Kuman-kuman daun Bawang Merah

Manggot dapat merusak tanaman bawang merah hingga berat. Serangan berat tersebut mengakibatkan tanaman bernoda, serta hasilnyapun rendah.

Kerusakan kerusakan akibat serangan manggot
Bermacam-macam serangan yang dilancarkan oleh maggot, diantara tanaman yang masih muda menjadi layu dan mati. Umbian anakan bawang menjadi rusak dan berbau busuk.
Sedangkan pada daun tampak beberapa kuman berwarna putih.

Penyebab kerusakan
Maggot adalah kuman larva yang berasal dari lalat daun yang mempunya lalat-lalat rumah
Lalat-lalat tersebut seringkali berterbangan di atas bedengan-bedengan tanaman bawang .
Lalat daun bertelur pada kelopak daun dan menetas setelah 3 sampai 8 hari. Setelah jadi larva masuk ke dalam tanaman, kemudian makan jaringan-jaringan tanaman selama 2 sampai 3 minggu.

Cara Mengatasinya
Pengobatan pada hama maggot dilakukan setelah lalat daun bertelur. Disemprot satu sampai dua kali dengan jarak waktu 10 sampai 12 hari menggunakan larutan folidol e 605 20 gram bahan aktif dengan 100 liter air rata-rata 0,5 liter tiap meter perseginya

Hama Orong-orong pada Bawang Merah

Serangga-serangga ini banyak berkeliaran pada musim kemarau, sering memakan tanaman tanaman muda, juga menyerang dan merusak dalam pembagian akar.
Orong-orong hidup dengan membuat lubang di sekitar tanaman dan menyerang pada waktu sore hingga malam hari.
Tanda-tanda serangan hama orong2 ini pada bawang merah yaitu daun berwarna coklat, tanaman menjadi layu menyerang tanaman ,waktu berumur 15 sampai 30 hari.

Cara Mengatasinya dan memberantas orong-orong yang menyerang bawang merah dicari dan ditangkap pada waktu siang atau malam hari dengan mencari lubang-lubang dan tempat persembunyiannya, kemudian lubang tersebut diberi racun atau insektisida

Sebelum bibit ditanam dapat dibuat dengan insektisida.

Obat Dursban  5,6 liter per hektar dicampur dengan bekatul 140 kilo kg per hektar, lalu di aduk hingga rata, kemudian disebarkan di sekitar bedengan-bedengan yang terdapat hama orong-orong.sebelum disebarkan tanaman disiram terlebih dahulu selanjutnya baru mengadakan pemberantasan pada waktu sore harinya.
Tags Terkait : hama bawang merah ,cara mengatasi hama dan penyakit bawang merah ,hama penyakit bawang merah ,obat hama bawang merah ,hama bawang merah dan cara mengatasinya ,hama pada bawang merah ,Cara mengatasi hama tanaman bawang merah ,pengendalian hama bawang merah ,hama penyakit tanaman bawang merah
Tag : Bawang Merah

Back To Top Hama Bawang Merah dan Cara Mengatasinya