Mengenal Jenis-jenis Buah Nangka di Indonesia - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Mengenal Jenis-jenis Buah Nangka di Indonesia

BAWANGBAWANGAN.COM - Asal usul buah nangka berasal dari negara India bagian Selatan, nangka dikelompokkan sebagai satu keluarga dengan sukun, Bendo cempedak dan keluwih.

Buah nangka hampir mirip dengan Cempedak, tetapi jika diperhatikan dengan seksama terdapat perbedaan antara buah nangka dan buah cempedak yaitu buah nangka memiliki panjang 30 sampai 90 cm dengan garis tengah 25 sampai 50 cm, buah yang matang dari nangka berwarna kuning-kuning kecoklatan atau hijau dengan aroma yang sangat harum, memiliki daging yang tebal agak keras, warnanya kuning keemasan, kuning kemerahan dan kuning keputih-putihan.

Ciri-ciri Buah Nangka Terbaik

Buah nangka yang disukai oleh konsumen adalah yang daging buahnya tebal, besar, berbiji kecil manis lunak dan baunya harum.

Jenis Buah Nangka Secara Umum

Secara global ada dua Jenis Nangka yaitu nangka biasa dan nangka bubur. Buah nangka biasa dilihat dari dagingnya memiliki ciri-ciri agak kesat dan keras. sedangkan buah nangka bubur memiliki ciri daging yang berair dan lunak, bahkan hampir seperti namanya bubur.

Tanaman Nangka pada umumnya sudah berbuah, ketika sudah berumur 8 tahun dari sejak penanaman dan buahnya besar dengan berat sampai 20 kg bahkan ada yang sampai 30 - 40 Kg per buahnya.

Ciri-ciri dari buah nangka sudah matang adalah semakin jarangnya letak antar Duri kulit dan apabila buahnya dipukul akan berbunyi dari dalam nya dengan suara dung..dung...
Ciri Buah Nangka Matang - Pinterest.com
Selain jenis buah nangka biasa dan nangka bubur ada juga jenis nangka mini, nangka mini ini cepat dalam berbuah, pada umur 18 bulan saja sudah mau berbuah untuk pertama kali. Pada pembuahan yang pertama kali biasanya buahnya sangat lebat, namun ukuran beratnya cuma 5 sampai 15 kg Perbuah.

Dalam setiap satu pohon nangka biasanya ada 30 sampai 50 buah nangka, namun nangka mini tidak mau berbuah lagi jika umurnya sudah lebih dari 10 tahun.

Sebenarnya ada bermacam-macam jenis buah nangka di tengah-tengah masyarakat, seperti halnya nangka Kapuk yang memiliki buah besar dan daging buahnya empuk serta warnanya hijau segar ketika masih muda. Kulit buahnya berupa Duri yang besar dan jarang. Buah Nangka kapok ini memiliki daun yang besar panjang dan tebal jika dibandingkan dengan nangka nangka selainnya.

Di daerah Jawa dikenal juga berbagai macam nangka dan jenis nangka yang juga berdasarkan sebutan yang belum berlaku umum di masyarakat secara luas.

Ada kemungkinan jenis buahnya sama namun penamaannya yang berbeda seperti nangka salak, yang mana nangka ini dagingnya kencang seperti salak, buah nangka pandan yang memili aroma harum seperti daun pandan. nangka sukun yang bijinya kecil-kecil sekali. buah nangka kunir yang dagingnya kuning seperti kunyit atau kunir. nangka hutan yang buahnya lebih kecil dari nangka mini yaitu hanya sekitar 4 Kg berat perbuahnya beraroma tajam dan memiliki rasa yang sangat manis.

aneka jenis buah nangka, jenis buah nangka, jenis buah nangka unggul, jenis buah nangka unggulan, jenis jenis buah nangka, jenis tanaman buah nangka, macam jenis buah nangka
Tag : Buah-buahan

Back To Top Mengenal Jenis-jenis Buah Nangka di Indonesia