Manfaat dan Bahaya Jamur bagi Kesehatan Manusia - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Manfaat dan Bahaya Jamur bagi Kesehatan Manusia

BawangBawangan.Com - Jamur termasuk salah satu tumbuhan tingkat rendah yang tidak berklorofil. Secara mendasar jamur bisa tumbuh di banyak tempat, akan tetapi sebagian besar jamur akan tumbuh subur jika berada di daerah yang bersuhu dingin dan lembab. sekarang ini jamur sangat disukai banyak orang untuk dijadikan berbagai olahan makanan. Lalu apa manfaat atau khasiat jamur bagi kesehatan manusia ?

Manfaat Jamur bagi Manusia

Ada banyak jenis jamur yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia diantaranya jenis-jenis jamur dan khasiatnya bagi tubuh manusia adalah :
Manfaat Jamur bagi Manusia
Jenis Jamur yang Bermanfaat Bagi Manusia


1. Jamur maitake yang dapat melawan kanker payudara. mengkonsumsi setengah cangkir jamur maitake perhari dipercaya dapat membersihkan sistem tubuh dan menemukan sel-sel abnormal yang kemudian membuat sel-sel tersebut rusak dengan sendirinya

2. Jamur reishi sebagai obat anti kanker. campur ini nampak seperti bunga coklat dan putih besar ini terbuat dari kayu yang bermanfaat sebagai anti virus, anti bakteri, anti oksidan dan antikanker.

3. Jamur shiitake yang dapat melawan tumor. jamur ini memiliki aroma yang sangat khas yang mana mengandung lentina yang merupakan senyawa anti-tumor alami.

4. Jamur putih untuk menurunkan berat badan dan mencegah kanker prostat yang termasuk dalam kategori jamur ini adalah jamur kancing jamur termini dan jamur portabella.

Jamur putih mempunyai karbohidrat yang mempercepat metabolisme dan menjaga kadar gula darah. jamur ini kaya silenium yang tidak hanya membantu menurunkan berat badan akan tetapi juga memiliki efek positif pada kanker prostat.

Ciri-Ciri Jamur Beracun yang Berbahaya bagi Manusia

Ada sekitar 5000 jenis jamur di dunia dan sekitar 100 jamur dinyatakan sebagai jamur beracun dan ada beberapa diataranya yang dipercaya sebagai jamur yang cukup mematikan. secara umum jamur dapat mengakibatkan gangguan gas dalam pencernaan usus bagi yang alergi terhadapnya. karena banyaknya jenis jamur yang ada di dunia, maka cukup sulit untuk mengetahui jamur mana yang beracun dan mana yang tidak beracun. Namun, jamur yang tumbuh secara liar lebih memungkinkan bahwa jamur tersebut termasuk jenis jamur beracun. 
manfaat jamur bagi kesehatan
Bahaya Jamur bagi Manusia
Adapun ciri-ciri jamur beracun yang berbahaya bagi kesehatan manusia adalah :

1. Cepat berubah warna ketika dimasak.
2. Pisau yang digunakan untuk memotong atau mengiris jamur akan mudah sekali berkarat. Jika pisau terbuat dari perak, biasanya akan timbul warna hitam.
3. Jamur beracun suka tumbuh di tempat yang kotor.
4. Terdapat cawan atau cincin pada jamur yang beracun, kecuali jamur merang yang memang memiliki cawan dan champignon bagaimana payung yang bercincin.
5. Jamur yang beracun biasanya warnanya mencolok, seperti biru tua, hitam legam, dan merah darah. Meskipun demikian jamur yang berwarna kuning muda atau jamur yang berwarna putih itu bebas dari racun.
5. Jamur yang beracun biasanya tidak dihinggapi serangga atau binatang-binatang kecil.
6. Jamur yang beracun biasanya berbau sangat tajam dan sangat busuk sebagai akibat dari senyawa sulfida yang berada didalamnya.

Gejala Keracunan Jamur dan Tips Memilih Jamur yang aman bagi manusia

Gejala-Gejala Keracunan Jamur, Beberapa gejala keracunan akibat mengkonsumsi jenis jamur beracun, antara lain :

Biasanya rasa sakit pada bagian perut, wajah nampak menjadi pucat, keluar keringat dingin, tubuh terasa lemas, perut terasa mual-mual yang disertai muntah-muntah, bibir kering,mata terasa berkunang-kunang, Pingsan dan pada kondisi yang parah akibat keracunan jamur dapat menyebabkan kematian .

Tips Memilih Jamur yang Aman bagi Kesehatan

Beberapa panduan tips untuk memilih jamur yang bisa dikonsumsi adalah harus memilih jamur yang penutupnya terlihat datar. Jadi, jangan sampai atapnya jendol atau menyembul, karena itu tanda-tanda jamur yang beracun,

Kemudian pilih insangnya yang berwarna merah muda atau yang berwarna hitam, Jangan memilih jamur yang berwarna putih, karena itu tanda-tanda jamur yang beracun.

Perhatikan juga insangnya harus menutup bawah atau tidak pada batang jamur.

Untuk memastikan, Apakah jamur yang akan dikonsumsi itu beracun atau tidak beracun adalah dengan memasak atau menjadikannya pepes bersama-sama dengan nasi ketika memasak nasi. Jika nasi berubah warna menjadi coklat, merah kuning, atau hitam besar kemungkinannya jamur itu adalah jamur yang beracun.

Back To Top Manfaat dan Bahaya Jamur bagi Kesehatan Manusia