Analisis Usaha Tani Budidaya Bawang Merah  - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Analisis Usaha Tani Budidaya Bawang Merah 

Analisa Usaha Bawang Merah, BawangBawangan.Com - Sebelum usaha suatu komoditi pertanian, maka sebaiknya dipelajari terlebih dahulu analisis usaha tani yang akan digeluti. Dengan demikian bisa diketahui gambaran untung ruginya pertanian yang akan dikerjakan, sejauh mana keberhasilan yang bisa dicapai serta peluang yang ada dalam mengusahakan komoditas tersebut.
Analisis Usaha Tani Bawang Merah 
Analisis Usaha Tani Bawang Merah 
Dalam perhitungan analisis usaha bawang merah biaya untuk memproduksi dibedakan antara biaya tetap dan juga biaya variabel. Yang termasuk biaya tetap antara lain biaya sewa lahan dan pembelian peralatan pertanian. Sementara biaya variabel meliputi biaya pembelian sarana untuk memproduksi seperti bibit bawang merah, pupuk dan pestisida, serta biaya tenaga kerja yang dibutuhkan dalam budidaya usaha bawang merah.

Biaya tenaga kerja dalam usaha bawang merah dibedakan atas tenaga kerja pria yang dihitung dalam hari kerja pria dan tenaga kerja dari kaum wanita yang dihitung dalam hari kerja wanita. Biasanya tenaga kerja pria dibayar lebih mahal daripada tenaga kerja wanita, karena biasanya tingkat pekerjaan yang mereka lakukan lebih berat untuk mengetahui tingkat keuntungan yang akan diperoleh dari budidaya bawang merah.

Contoh Analisa Usaha Tani Bawang Merah

Berikut ini kami sajikan contoh analisis usaha tani bawang merah, analisis usaha bawang merah ini merupakan usaha tani bawang merah pada lahan seluas 1 hektar
Contoh Analisis Usaha Tani Bawang Merah 
Analisis usaha tani bawang merah via agrokomplekskita.com
Secara mendasar penyebab hasil panen usaha budidaya tani bawang merah menjadi gagal biasanya yang paling dominan adalah salahnya memilih bibit bawang merah yang akan dibudidayakan, sebab dipasaran banyak sekali bibit bawang merah yang diperjual belikan dengan kondisi bibit yang tidak memenuhi syarat dijadikan bibit secara kualiatas, bahkan penjual terkadang curang dengan memberikan bibit bawang yang aslinya hanya layak untuk dijadikan bumbu masakan, sebab banyak penjual yang terpenting baginya mendapatkan banyak untung. oleh karena itu anda harus hati-hati dalam memilih bibit jika hendak usaha budidaya bawang merah.
Baca juga : Cara membuat bibit unggul bawang merah sendiri

Selain masalah bibit, kegagalan dalam usaha tani bawang merah juga disebabkan karena serangan hama dan penyakit bawang merah, hama bawang merah yang kerap menyerang dan membahayakan bagi kelangsungan hidup tanaman bawang merah adalah ulat bawang yang merusak umbi dan daun tanaman bawang. selain itu juga penyakit kuning kerdil dan layu pada tanaman bawang.

Dalam hal mengatasi hama penyakit yang sering menyerang tanaman bawang merah sebagaimana diatas, anda harus memilih pestisida yang tepat untuk mengatasinya, sebab pestisida untuk bawang merah umumnya harganya mahal, dan jika tidak tepat bisa mengakibatkan tanaman makin parah bahkan gagal panen alias rugi.

Cara yang paling tepat untuk mengatasi hama penyakit bawang merah adalah berkonsultasi pada petugas penyuluh pertanian dan juga bisa pada petani bawang merah lainnya yang sudah pernah melawatinya.proposal usaha tani bawang merah

Back To Top Analisis Usaha Tani Budidaya Bawang Merah