Manfaat Tanaman Bunga Pagoda Bagi Kesehatan - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Manfaat Tanaman Bunga Pagoda Bagi Kesehatan

Manfaat Tanaman Bunga Pagoda - Bunga pagoda (Clerodendrum japonicum Sweet) merupakan tanaman hias yang kerap kali ditanam di pekarangan rumah. Bunga Pagoda juga digunakan sebagai peneduh di tepi jalan dan pagar rumah.

Tanaman Bunga Ini dinamakan bunga pagoda alasannya ialah bunganya yang berumpun membentuk menyerupai pagoda atau piramid.

Bunga Pagoda Ini mirip sekali bunga matahari, selain sebagai kembang taman, bunga pagoda juga mempunyai kegunaan sebagai tanaman obat tradisional.

Bagian tanaman yang bermanfaat dan sering dijadikan obat ialah akar, daun dan bunganya.

Manfaat Bunga Pagoda Bagi Kesehatan

Manfaat Bunga Pagoda Bagi Kesehatan meliputi manfaat akar bunga pagoda,manfaat daun bunga pagoda, dan manfaat bunga pagoda.

Manfaat Akar Bunga Pagoda
Akar bunga pagoda mempunyai sifat hambar dan rasanya pahit. Khasiatnya sebagai antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghilangkan bengkak, dan menghancurkan darah beku.
manfaat bunga pagoda bagi kesehatan,manfaat bunga pagoda putih,manfaat bunga pagoda,manfaat akar bunga pagoda,manfaat daun bunga pagoda,manfaat bunga pagoda untuk kesehatan,manfaat tanaman bunga pagoda
Manfaat bunga pagoda bagi kesehatan,manfaat bunga pagoda putih,manfaat bunga pagoda,manfaat akar bunga pagoda,manfaat daun bunga pagoda,manfaat bunga pagoda untuk kesehatan,manfaat tanaman bunga pagoda
Akar bunga pagoda ini biasa dipakai untuk mengobati beberapa penyakit menyerupai sakit pinggang (lumbago), nyeri pada rematik, tuberkulosis paru (TB paru) yang disertai batuk darah, wasir berdarah (hemoroid), berak darah (disentri), susah tidur (insomnia), dan nanah (memar) akhir terbentur benda keras.

Daun dan Bunga Pagoda
Bunga pagoda mempunyai rasa yang anggun dan sifatnya hangat. Berkhasiat sedatif dan hemostatis (menghentikan pendarahan). Bunga pagoda biasa dipakai untuk mengobati penderita anemia, keputihan, wasir berdarah, dan susah tidur (insomnia). Sedangkan daunnya mempunyai kegunaan sebagai antiradang dan mengeluarkan nanah.

Manfaat Tanaman Bunga Pagoda

Berikut ini beberapa tumpuan manfaat bunga pagoda bagi kesehatan dan pengobatan tradisional:

Mengobati bisul dan koreng
Ambil daun dan bunga pagoda yang masih segar, basuh higienis dan digiling atau ditumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit madu, kemudian diaduk sampai rata. Tempelkan ramuan tersebut diatas bisul atau koreng. Jika sudah kering sanggup diganti dua atau tiga kali sehari.

Mengobati susah tidur (insomnia)
Ambil bunga pagoda kering secukupnya, kemudian digiling sampai menjadi serbuk. Ambil satu sendok teh serbuk tadi, kemudian masukkan ke dalam satu seloki arak manis. Aduk rata, kemudian minum sekaligus pada malam hari menjelang tidur.

Mengobati Wasir Berdarah
Cuci higienis 30 gram bunga pagoda dengan usus sapi. Bisa dijadikan sayur atau ditumis. Setelah matang, kuahnya diminum dan usus sapinya sanggup dimakan sebagai lauk.

Selain bermanfaat sebagai tanaman hias, bunga pagoda juga mempunyai khasiat sebagai tanaman obat. Jadi, jikalau di pekarangan rumah anda terdapat kembang pagoda, jangan ditebang.

Itulah Manfaat bunga pagoda bagi kesehatan,manfaat bunga pagoda putih,manfaat bunga pagoda,manfaat akar bunga pagoda,manfaat daun bunga pagoda,manfaat bunga pagoda untuk kesehatan,manfaat tanaman bunga pagoda.

Back To Top Manfaat Tanaman Bunga Pagoda Bagi Kesehatan