Cara Budidaya Bunga Matahari yang Baik dan Benar - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Budidaya Bunga Matahari yang Baik dan Benar

Tanaman bunga matahari pada umumnya diperbanyak secara generatif yaitu dengan benih atau biji, tanaman bunga matahari yang baik untuk di budidayakan sebaiknya memenuhi kriteria sebagai berikut,Yaitu : Sifat fisiknya yang baik, tidak cacat, padat berisi dan tidak berjamur, serta berdaya tumbuh tinggi.
Cara Budidaya Bunga Matahari yang Baik dan Benar
Budidaya Bunga Matahari

Memilih benih/ bibit bunga matahari untuk budidaya bunga matahari

Bibit benih tanaman bunga matahari yang baik adalah dengan merendamnya di dalam air, apabila benih yang direndam melayang atau mengapung, maka benda tersebut harus dibuang. karena benih bunga matahari yang seperti itu kurang baik, bibit benih bunga matahari yang dipilih adalah benih bibit yang tenggelam atau berada di dasar wadahnya.

Kebutuhan benih untuk satu hektar lahan berkisar antara 6 kg sampai 12 kg, tergantung pada jarak tanaman. Disaat waktu menunggu musim tanam, sebaiknya benih bibit bunga matahari disimpan pada kelembaban relatif rendah 50% agar viabilitas nya tetap tinggi.

Untuk mempercepat perkecambahan benih bibit dapat dilakukan perendaman benih dalam air  dingin atau air hangat kuku kira-kira 50 derajat Celcius selama rentang waktu 30 menit sebelum ditanamkan. Selain itu, benih bibit bunga matahari perlu diberi atau dicampur dengan Furadan 3G untuk mencegah serangan hama tanah yang sering merusak kecambah atau benih yang ditanam. selanjutnya, biji bunga matahari direndam lagi dalam larutan ridomil 5 gram untuk 1 liter air selama 10 hingga 15 menit.

Cara menanam bunga matahari yang baik dan benar

Dalam Budidaya bunga matahari, waktu yang paling baik untuk menanam bunga matahari adalah menjelang musim kemarau untuk menghindari curah hujan yang terus-menerus.

Pada pada masa pertumbuhan dari pembungaan tanaman bunga matahari berdasarkan hasil penelitian budidaya bunga matahari menunjukkan, bahwa bunga matahari sebaiknya ditanam pada bulan Februari hingga Maret.

Bibit bunga matahari ditanam secara tunggal sebanyak 2 sampai 3 biji per lubang pada kedalaman sekitar 2 setengah cm, dan jarak tanam bergantung pada kesuburan tanah dan jenis tanaman bunga matahari. akan tetapi, jarak tanam yang umum dipakai adalah antara 15 cm sampai dengan 30 cm dalam barisan dan 60 cm sampai 90 cm antar barisan.

Cara merawat dan memelihara tanaman bunga matahari 
Kegiatan pokok memelihara tanaman bunga matahari meliputi penyiraman atau pengairan, penyulaman, penyiangan, pemupukan, serta pengendalian hama dan penyakit yang menyerang tanaman bunga matahari.

Back To Top Cara Budidaya Bunga Matahari yang Baik dan Benar