Pemanfaatan Batang Pisang Sebagai Media Tanam Sayuran - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Pemanfaatan Batang Pisang Sebagai Media Tanam Sayuran

Menanam sayuran tanpa tanah dengan pohon pisang sebagai pemanfaatan media tanam sayuran, BawangBawangan.Com Sayuran yang kita komsumsi pada umumnya sayuran yang mengandung bahan kimia dari air dan mineral yang digunakan untuk memberi pupuk tanaman sayuran. Pada batang pohon pisang yang lurus bisa dimanfaatkan sebagai cara menanam sayuran hidroponik tanpa tanah. Karena Pohon pisang terdapat kandungan air melimpah di dalam batangnya. Selain itu, pohon pisang hanya bisa berbuah sekali saja, jadi jika dimanfaatkan untuk menanam sayuran seacara hidroponik merupakan langkah yang sangat tepat. Apalagi untuk Tanah yang berada diwilayah udara dingin yang ternyata bisa menyulitkan untuk menanam sayuran, jadi dianjurkan untuk menggunakan metode Menanam sayuran tanpa tanah dengan pohon pisang.
menanam bawang di pohon pisang
menanam bawang di pohon pisang
Sayuran yang dapat ditanam dalam batang pohon pisang yang masih hidup ataupun batang pisang yang sudah mati biasanya ialah tanaman yang memiliki ketinggian maksimal setengah meter seperti halnya kangkung,sawi,bayam, daun bawang, bawang merah, bawang putih dll. Dan juga Hasil dari Sayuran yang ditanam pada pohon pisang biasanya sangat manis dan daunnya mengilap, karena pisang kaya akan potassium.

Pemanfaatan Batang Pisang Sebagai Media Tanam Sayuran

Berikut Langkah-langkah Cara Memanfaatkan Batang Pisang Sebagai Media Tanam Sayuran

Langkah 1 Persiapan bibit atau penanaman bibit. 
Persiapan tanah yang diberi pupuk. Dan bibit sayuran untuk pembibitan. Ketika bibit sudah tumbuh dengan 3-4 daun, maka bisa dipindahkan untuk ditanam pada pohon pisang.

Langkah 2 untuk menanam sayuran tanpa tanah pada pohon pisang. 
Untuk menanam sayuran tanpa tanah pada pohon pisang. Baik pohon pisang masih hidup berdiri tegak maupun batang pohon pisang yang telah dipotong, Buah pisangnya sudah dipanen dan batang pohonnya telah mati, maka kemudian lubangi batang pisang. Lubangnya seukuran dengan bibit tanaman yang akan ditanamkan pada pohon pisang.

Setelah sekitar 30 hari (tergantung pada umur sayuran yang ditanam), maka sayuran sudah dapat dipanen untuk dikonsumsi atau dijual.

Pemanfaatan Batang Pisang yang sudah di potong Sebagai Media Tanam Sayuran

Pemanfaatan Batang Pisang Sebagai Media Tanam Sayuran
Pemanfaatan Batang Pisang Sebagai Media Tanam Sayuran

Untuk batang pohon pisang yang sudah dipotong biasanya Sayuran yang ditanam meliputi sayuran, salad, bunga morning glory, kubis putih atau sayuran yang memakan waktu sekitar 30 - 40 hari , karena biasanya waktu segitu pohon pisang ini sudah kering.


Pemanfaatan Batang Pisang yang masih Hidup Sebagai Media Tanam Sayuran

menanam bawang di pohon pisang
menanam sayuran bawang di pohon pisang
Sayuran yang ditanamkan pada batang pohon pisang yang masih hidup berdiri tegak sebaiknya khusus ditanami sayuran yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Karena daun pisang sebagian dapat menutupi sinar matahari.

Back To Top Pemanfaatan Batang Pisang Sebagai Media Tanam Sayuran