Macam Jenis Bawang-Bawangan dan Contohnya - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Macam Jenis Bawang-Bawangan dan Contohnya

Suku bawang-bawangan nama latin (alliaceae) BawangBawangan.Com
Suku bawang-bawangan atau alliaceae merupakan salah satu diantara suku anggota tumbuhan berbunga. Anggota dari suka bawang bawangan yang berbunga ini mempunyai umbi lapis, sempit dan memanjang daunnya serta dalamnya berongga.

Banyak dari anggota kelompok bawang bawangan ini yang  digunakan sebagai bumbu masak,sayuran,sarana pengobatan, dan juga digunakan sebagai tanaman penghias taman.

Contoh Suku Bawang Bawangan 

Contoh Tanaman Suku Bawang-bawangan (alliaceae)
Alliaceae sering lebih terkenal dengan julukan suku bawang-bawangan. Tanaman yang satu keluarga dengan ini mempunyai cicri-ciri khusus : umbinya lapis yang berfungsi sebagai cara berkembangnya secara vegetatifnya.
Bawang Bawangan 
Pohon Bawang Bawangan 
Tanaman dalam keluarga bawang ini mempunyai daun yang linier, kebanyakan ber-urat paralel, namun tetapi beberapa jenis jenis darinya mempunyai venasi-venasi (contoh bawang ini misalnya ;scoliopus, tricyrtis, cardiocrinum, , medeola, prosartes, clintonia),dan bunga bawang teratur tiga-tiga. Beberapa spesies darinya ber-umbi, sedangkan yang lainnya memiliki rimpang.

Spesies Bawang-Bawangan

Bawang atau (Allium Cepa L.) (Cepa bahasa latin dari bawang), didifinisikan pula sebagai bawang umum atau bawang bola, termasuk kelompok sayuran dan jenis yang paling banyak dibudidayakan adalah spesies dari jenis Allium.

Jenis ini juga terdiri dari beberapa spesies lain yang disebut juga sebagai bawang dan dibudidayakan untuk komsumsi, Contoh di Jepang Bawang ( A. Fistulosum), Bawang Mesir (A. × Proliferum), Dan Kanada Bawang (A. Canadense). Sedangkan Untuk Nama “Bawang Liar” yang diterapkan untuk beberapa Spesies Allium Cepa A.

Secara khusus bisa dipahami dari budidaya dan bentuk aslinya yang hidup liar dan asal muasal masih belum diketahui, meskipun sudah bisa dibudidaya di beberapa daerah.

Bawang tersebut paling sering hanya sekali berbuah tiap dua tahunan atau bisa dibilang tanaman tahunan, namun biasanya diperlakukan sebagai tahunan dan dipanen pada musim kali pertamanya.
Bawang tanaman (Allium Cepa), juga dinamakan sebagai bawang umum, adalah yang paling banyak dibudidayakan,Ialah Spesies dari Jenis Allium Ini.

Allium Cepa diperuntukkan khusus untuk dibudidaya, tetapi spesies liar juga bisa tumbuh di Asia Tengah. Yang paling erat terkait spesies ini adalah Allium Vavilovii. Dan allium asarense dari negara iran. Namun, ada keraguan apakah koleksi A. Vavilovii ketika diuji mampu benar-benar hidup secara atau hanya turunan liar dari tanaman yang hanya kebetulan.
Contoh Bawang-Bawangan
Gambar Bawang-Bawangan :

Jenis Allium juga berisi sejumlah spesies lain sebagai bawang dan dibudidayakan untuk makanan, seperti jepang merangkai bawang (a. Fistulosum), bawang mesir (a. × proliferum), dan kanada bawang (a. Canadense).

Burung Bawang Bawangan

Burung bawangbawangan yang dimaksud adalah burung pelatuk bawang.
Burung bawang-bawangan ini dipercaya punya khasiat dan sarat yang berbau mistikus.
Burung ini nama latinnya : Dinopium Javanense, kelebihan burung ini ; Selain sebagai sarana pelengkap sesaji, hampir semua bagian tubuhnya diyakini menyimpan kekuatan mistis.

Contoh manfaat burung bawang-bawangan ini, Sebagai obat kuat, dapat untuk menjadikan seseorang menjadi ahli debat. Tapi : mitosnya loh - jangan di yakini.

Burung pelatuk bawang adalah burung anggota famili pecidae yang dapat ditemui mulai dari bangladesh, brunei, china, kamboja, filipina, malaysia, myanmar, laos, thailand, filipina, vietnam, dan indonesia.
Sedangkan untuk di indonesia, burung bawang bawangan ini berada di Kalimantan, Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Bali, Dan Nusa Tenggara.

Burung bawang-bawangan ini memilik sayap burung yang berwarna kuning, memiliki bulu leher yang hitam disertai garis-garis berwarna putih.
Tags ; Rumput Bawang Bawangan,Pohon Bawang Bawangan, Jenis Bawang Bawangan,Kelompok Bawang Bawangan.

Back To Top Macam Jenis Bawang-Bawangan dan Contohnya