Perbedaan Bawang Bombay dengan Bawang Merah - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Perbedaan Bawang Bombay dengan Bawang Merah

Jenis Tanaman Bawang-Bawangan ada 2500 spesies di dunia , namun di indonesia hanya beberapa saja jenis bawang yang dikenal masyarakat.
Perbedaan Bawang Bombay dengan Bawang Merah
Perbedaan Bawang Bombay dengan Bawang Merah
Bawang-bawangan yang terkenal Selain Bawang Putih, Bawang Dayak, Daun Bawang, Bawang Bakung adalah Bawang Bombay dan Bawang Merah alias Brambang. Lalu Apa Perbedaan Bawang Bombay dengan Bawang Merah.

Perbedaan Bawang Bombay dengan Bawang Merah


Bawang Bombay
  • Bawang Bombay nama latinnya adalah Allim Cepal / onion group 
  • Bawang Bomay tidak bersiung.
  • Bawang Bombay memiliki berat kira-kira lebih dari 40 Gram.
  • Bawang Bombay memiliki umbi Berbuntuk seragam simetris
Bawang Merah
  • Bawang Merah nama latinnya adalah Allium Cepa L. Aggregatum Group
  • Bawang Merah Bersiung
  • Bawang Merah Beratnya Kurang dari 40 Gram
  • Umbi Bawang Merah Berbentuk Beragam-ragam.

Perbedaan Bawang Merah dan Bawang Bombay

Bawang Merah
Bawang Merah
Bawang Bombay merupakan juga jenis bawang-bawangan sebagaimana bawang merah dan bawang putih,namun perbedaan bawang bombay dengan bawang merah selain yang kami terangkan diatas juga terletak dari segi cita rasanya yang manis, sedangkan bawang merah rasanya gurih. Bawang bombay dari segi warnanya juga berbeda dengan bawang merah, Warna bawang merah adalah merah merona, sedangkan warna bawang bombay coklat agak orange dan dari segi ukuran bawang bombay lebih besar dari pada bawang merah karena bawang bombay mempunyai lapisan daging yang lebih banyak dan lebih besar, Namun dari segi manfaat dan kegunaan bawang bombay secara mendasar memiliki kesamaan sebagai bumbu penambah aroma dan rasa pada setiap olahan makanan.

Terkait  : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bawang Bombay


Manfaat Bawang Bombay
Sebagaimana umbi bawang merah yang bermanfaat untuk kesehatan manusia, begitu pula bawang bombay juga kaya akan nutrisi dan juga banyak manfaat untuk kesehatan manusia diantaranya untuk memperkuat jaringan pembuluh darah, memperkuat tulang-tulang dalam tubuh, mempertahankan kesehatan otak, mencegah hipertensi, pengontrol kadar gula darah,pelancar pencernaan dan bermanfaat juga untuk mengatasi darah yang menggumpal.

Selain dari pada itu, bawang bombay juga mengandung zat-zat yang bisa untuk melawan kanker disamping juga mengandung vitamin C yang berperan sebagai anti oksidan.

Sebagaimana keterangan diatas bahwa ukuran bawang bombay itu beragam, yakni ada yang kecil, sedang dan besar. Namun kebanyakan yang beredar dipasaran ukuran bawang bombay tergolong sedang.

Back To Top Perbedaan Bawang Bombay dengan Bawang Merah