Karakteristik dan Manfaat Bawang Putih - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Karakteristik dan Manfaat Bawang Putih

Bawang putih termasuk umbi bawang-bawangan yang tidak asing bagi masyarakat. Hampir semua masakan yang ada di Indonesia menggunakan bawang putih ini sebagai penyedap rasa. Di dunia dalam pengobatan tradisional bawang putih juga sudah dikenal untuk mengobati berbagai macam penyakit termasuk masyarakat Indonesia sejak dahulu.
( Baca Juga : Morfologi, Klasifikasi dan Asal Usul Bawang Putih )

Karakteristik Bawang Putih

Karakteristik Bawang putih atau bawang putih memiliki ciri-ciri khas sebagai berikut ini  :
  1. Tanaman Bawang ini berdiri tegak  Kira-kira 30-60 cm .
  2. Berakar Serabut.
  3. Ber umbi atau ber siung besar dan putih .
  4. Umbinya berlapis kulit seperti Ketas.
  5. Memiliki Aroma yang menyengat.
  6. Berbunga Warna merah jambu,warna Ping dan ada juga yang Putih.
  7. Hidup di daerah pegunungan yang banyak sinar matahari nya. 
  8. Batang bawang putih terlihat semu yang terbentuk dari pelepah-pelepah daun warna hijau, 
  9. Daun tanaman bawang panjang seperti rumput gajah.
Karakteristik (Ciri-Ciri)dan Manfaat Bawang Putih

Asal-Usul Bawang Putih

Bawang Putih sebenarnya bukan termasuk tanaman asli Indonesia. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Asia tengah seperti halnya Cina dan Jepang yang beriklim subtropis. Dan akhirnya menyebar ke seluruh Asia Eropa dan seluruh dunia.

Keberadaan bawang putih di Indonesia dibawa oleh pedagang Cina dan Arab, kemudian dibudidayakan di daerah pesisir atau daerah pantai. Seiring dengan berjalannya waktu, kemudian masuk ke daerah pedalaman dan akhirnya bawang putih akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Diantara keluarga besar bawang-bawangan, di masyarakat Indonesia bawang putih termasuk yang paling terkenal karena bawang putih termasuk bagian dari jenis rempah-rempah yang sangat dibutuhkan  sebagai bumbu masakan dan lainnya. Masakan apapun yang diolah tanpa bawang putih hampir terasa hambar di lidah dan kurang nikmat. Sehingga bisa dikatakan bawang putih termasuk umbi yang memiliki manfaat yang sangat besar.
Asal-Usul Bawang Putih
Manfaat Bawang Putih

Manfaat bawang putih

Selain itu bawang putih mampu menangani berbagai macam penyakit dan mengobatinya, diantaranya manfaat bawang putih, yaitu:

1.Bawang putih mampu mencegah penyakit kanker, khususnya kanker perut dan usus bagi yang mengkonsumsinya. Hal itu karena bawang putih bermanfaat menambah kekebalan tubuh pada serangan penyakit kanker.

2. Bawang putih dapat membunuh bakteri.  Kandungan yang ada dalam bawang putih mampu memusnahkan bakteri-bakteri yang membahayakan dalam tubuh manusia.

3 mencegah Penyakit jantung. Selain bermanfaat  sebagai pengatur tekanan gula darah dan darah, bawang putih juga bisa membantu untuk menurunkan kolesterol bagi mengkonsumsi bawang putih setiap harinya, hal itu karena dalam bawang putih terkandung antioksidan dari Allicin.

4.Mampu mengatasi penyakit batuk, bawang putih bisa digunakan sebagai obat penyembuh batuk dan mengatasi hidung tersumbat dengan cara  mengambil 2-3 siung bawang putih yang masih mentah, kemudian  mencampurnya dengan madu atau jahe. Lalu masukkan ke dalam gelas yang terisi air panas tunggu sampai terasa hangat dan kemudian bisa diminum.

5.Bawang putih bermanfaat membersihkan darah. Untuk membersihkan darah ketor dari tubuh yang mana bisa menimbulkan bisul dan jerawat pada tubuh dan wajah.  biasanya banyak orang menggunakan obat pembersih darah dan ada juga yang melakukan bekam. Namun ternyata untuk membersihkan darah yang kotor sebagai cara alternatif yang murah dan mudah bisa menggunakan bawang putih dengan cara mengkonsumsi bawang putih setiap hari secara rutin.

Back To Top Karakteristik dan Manfaat Bawang Putih