Resep Bawang Putih untuk Menurunkan Kolesterol - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Resep Bawang Putih untuk Menurunkan Kolesterol

Bawang Putih untuk Kolesterol, bawangbawangan.com - Artikel ini membahas tentang cara mengolah bawang putih untuk menurunkan kolesterol, sebelumnya kita bahas terlebih dahulu perihal kolestrol.

Sebetulnya lemak di dalam darah adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Fungsi lemak dalam darah, yaitu untuk menghantarkan kebutuhan lemak ke seluruh bagian tubuh yang merawat membran sel dan membuat hormon secara alami. Yang mana lemak dalam darah ini diproduksi oleh hati.

Lemak yang ada di dalam darah yang memiliki manfaat ini, dinamakan sebagai high density lycoprotein atau banyak orang menyebutnya sebagai kolesterol baik. Namun jika Lemak ini terlalu banyak masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan kebanyakan lemak yang tidak jenuh. Lemak ini dikenal sebagai low density lycoprotein atau disebut dengan kolesterol jahat yang bersifat labil.

BAWANG PUTIH UNTUK  MENGATASI KOLESTROL
BAWANG PUTIH UNTUK  MENGATASI KOLESTROL

Di dalam tubuh yang sehat, secara umum terjadi keseimbangan antara kolesterol yang baik dan kolesterol yang jahat bersifat labil tersebut, akan tetapi apabila terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, maka keseimbangan tubuh bisa terganggu. Ketidakseimbangan lemak di dalam darah dapat mengakibatkan berbagai penyakit yang membahayakan.
Kolesterol jahat yang bersifat labil turut mengikuti aliran darah ke dalam seluruh tubuh.. Oleh karenanya, jika tidak stabil bisa terurai di dalam seluruh bagian tubuh. Selanjutnya bila terurai di dalam pembuluh darah, maka kolesterol jahat yang bersifat labil tersebut, akan mempersulit pembuluh darah, sehingga tekanan darah menjadi naik. Bahkan lebih parahnya lagi dapat menimbulkan serangan jantung dan mengakibatkan penyakit stroke.

Kenapa Mengatasi Kolestrol dengan Bawang Putih ?

Bawang putih mampu mengatasi kolestrol karena di dalam diri bawang putih terdapat beberapa senyawa yang bermanfaat bagi manusia, salah satu diantarnya adalah senyawa belerang yang mana bermanfaat untuk mengencerkan darah di dalam tubuh.

Apabila darah lebih encer, maka resiko menyumbatnya pembuluh darah bisa ditekan. Sedangkan senyawa alicin merupakan senyawa yang mampu membuat butir darah merah lebih licin dan tidak menggumpal. Sehingga bisa mencegah penumpukan deposit lemak pada dinding pembuluh darah. Selanjutnya peredaran darah menjadi lancar tanpa ada hambatan.

Adapun efeknya gula didalam darah tidak berlebih, tekanan darah menjadi normal, suplai darah yang masuk ke jantung menjadi lancar dan dan bisa mencegah penyakit stroke yang diakibatkan oleh tekanan darah yang meninggi.

Selain itu, pusing kepala, migran dan juga nyeri haid yang diakibatkan oleh peredaran darah yang tidak lancar, juga dapat ditekan dengan mengkonsumsi bawang putih sesuai aturan.

Sohabat bawangbawangan.com bisa mengikuti cara mengolah bawang putih untuk menurunkan kolesterol berikut dibawah ini :

Cara mengolah bawang putih untuk menurunkan kolesterol

Resep Bawang Putih untuk kolestrol yang Pertama

Sediakan bawang putih 1-3 siang.
Makanlah 1-3 siung bawang putih tersebut perharinya, boleh bawang putih yang mentah atau yang sudah dimasak yang dicampuri dengan masakan.

Cara mengolah bawang putih untuk menurunkan kolesterol Ke-dua.


Sediakan 2 sampai 3 siung bawang putih yang berukuran sedang.
Dua buah Pare.
Satu buah terong ungu berukuran sedang,
Setengah gelas air.
Kupas bawang putih tersebut dan campuran dengan buah Pare dan terong ungu tersebut,
Kemudian, Hancurkan ketiga bahan tersebut menggunakan blender yang dicampur dengan air setengah gelas tadi.
Kemudian, Minumlah sehari sekali selama 3 sampai 7 hari. Namun apabila hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, maka dianjurkan minum ramuan ini. Dalam 3 bulan sekali.

Diantara masalah kesehatan yang sering di alami orang jaman sekarang ini adalah Meningkatnya asam lambung yang disebabkan oleh stress, depresi dan beban kerja organ pencernaan terlalu berat karena pola makan yang tidak seimbang. Dengan mengkonsumsi bawang putih yang mengandung Alisin ini, mampu untuk memacu produksi enzim enzim pencernaan di dalam lambung dan usus, sehingga menjadikan kinerja organ pencernaan menjadi lebih ringan.

Bawang putih hendaknya dikonsumsi secara teratur dan dicampur kan pada sayuran hijau untuk menjaga dan meningkatkan keasaman pada lambung. Dengan demikian maka lambung diharapkan menjadi normal.

Back To Top Resep Bawang Putih untuk Menurunkan Kolesterol