Jenis-jenis Bawang Putih Tunggal dan Bawang Putih Biasa - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Jenis-jenis Bawang Putih Tunggal dan Bawang Putih Biasa

Beberapa jenis bawang putih mempunyai perbedaan sifat atau karakteristik atau bahkan ciri yang permanen seperti halnya tinggi rendahnya tanaman bawang putih, besar kecilnya umbi dari bawang, umur panen tanaman, jumlah dan ukuran siung bawang, kandungan dalam umbi dan daya tahan terhadap penyakit serta iklim yang cocok untuk tanaman bawang putih.
Jenis-jenis Bawang Putih
Jenis-jenis Bawang Putih
Secara global , berdasarkan iklim yang dibutuhkan tanaman bawang ini supaya bisa tumbuh dengan normal dan baik , maka bawang putih dikelompokkan menjadi 2 jenis.
  1. Jenis-jenis bawang putih yang bisa tumbuh di daratan tinggi dengan iklim subtropis
  2. jenis-jenis bawang putih yang bisa beradaptasi atau mampu tumbuh di daerah daratan rendah.


Jenis tanaman Bawang Putih di indonesia

Jenis bawang putih yang banyak ditanam di Indonesia ada tiga jenis yang populer keunggulannya , yaitu  Lumbu hijau dan Lumbu kuning untuk lahan  dataran tinggi serta Lumbu putih untuk dataran rendah . jenis yang lain merupakan modifikasi dari ketiga jenis tersebut dan diberi nama sesuai dengan daerah asal penanamannya . diantaranya adalah jenis bawang Cirebon Pemalang Sumbawa Jatibarang , Bogor dan jenis bawang lanang / jenis bawang putih tunggal.

Jenis Bawang Putih Tunggal

Jenis-jenis bawang putih tunggal adalah jenis bawang yang terbentuk secara tidak sengaja karena lingkungan penanaman yang kurang tepat . bawang lanang dulunya ditemukan di daerah Sarangan , kabupaten Magetan Jawa Timur . umbi dan tanaman bawang lanang ini hanya berisi satu umbi utuh yang kecil . 
bawang putih tunggal
bawang putih tunggal
Hal ini disebabkan karena bawang ini hanya mampu membentuk Tunas utama di tajuk dan menekan pembentukan tunas-tunas berkalsium . daun-daun yang biasanya membungkus dimsum hanya membungkus umbi utuh tersebut , Sehingga kulit umbi utuh lebih tebal daripada kulit keluar umbi yang bersiung anehnya , tidak sedikit masyarakat yang mempercayai bahwa bawang lanang banyak mempunyai khasiat obat daripada jenis bawang putih yang lain . bisa tumbuh normal kembali jika lokasi penanamanya berada di daerah yang lingkungannya cocok biasanya bawang putih normal akan dihasilkan setelah dua kali penanaman.

Back To Top Jenis-jenis Bawang Putih Tunggal dan Bawang Putih Biasa