Manfaat dan Khasiat Air Rendaman Bawang Putih untuk Mengobati Penyakit - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Manfaat dan Khasiat Air Rendaman Bawang Putih untuk Mengobati Penyakit

Penyakit Disentri merupakan penyakit pada saluran pencernaan dengan ditandainya feses yang berdarah dan juga terkadang berlendir.

Penyebab penyakit disentri

Penyebab dari penyakit disentri adalah karena bakteri yang ikut masuk ke dalam perut bersama dengan makanan atau minuman yang tidak terjaga kebersihannya.

Bakteri ini biasanya disebarkan oleh lalat yang menghinggap pada makanan, biasanya terjadi ketika makan di warung atau kedai yang sambalnya tidak tertutup atau gorengannya yang telah ter hinggapi lalat pembawa bakteri. Lalat dianggap pembawa bakteri karena kehidupan lalat yang hobinya mengrubungi tempat-tempat yang kotor dan makanan makanan di sampah yang banyak bakterinya. Lalu dengan seenaknya lalat juga menghinggapi makanan manusia.

Ketika bakteri yang disebarkan oleh lalat ke dalam makanan lalu dimakan oleh seseorang, maka orang tersebut bisa terjangkit penyakit disentri yang menyebabkan luka dan pembengkakan serta peradangan pada dinding usus besar, sehingga kotoran dalam penderita penyakit disentri acapkali bercampur dengan darah dan nanah, perut terus-menerus terasa mulas, rasa perih pada anus akibat dari mencret.

Penyakit disentri biasanya juga muncul karena Basil yang menjadikan pengidap penyakit ini  buang air besar terus menerus dan disertai dengan keluarnya darah. Penyakit ini juga dapat menular.

Gejala-gejala Disentri

Adapun gejala yang ditimbulkan oleh penyakit disentri, diantaranya adalah :
1. Penderita disentri rasanya ingin minum terus karena selalu merasa haus
2.Badan terasa lemah karena kurangnya cairan dalam tubuh
3.Suhu dalam tubuh meninggi
4.Kotoran dari ruang besar berwarna hijau dan biasanya bertempur dengan darah
5.Penderita disentri akan terus menerus buang air besar, sehari bisa sampai lebih dari 20 kali.
6.Perut penderita disentri terasa mual-mual terus.

Penyakit disentri termasuk penyakit pada gangguan pencernaan, sehingga penderita disentri ini harus segera mendapatkan cairan yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Sebab apabila sampai terjadi dehidrasi berat yang menyebabkan cairan dalam tubuh habis, bisa mengakibatkan ketidak tertolong an penderita disentri .
Sedangkan untuk dehidrasi yang masih ringan bisa ditolong dengan mengkonsumsi oralit.

Kiat Mencegah penyakit disentri , yaitu :

Cucilah tangan dengan bersih sebelum dan sesudah makan, sebelum memasak juga tangan dalam keadaan bersih, apalagi jika makanan itu buat si bayi, tidak memakan makanan yang masih setengah matang atau belum benar-benar matang, mengkonsumsi air yang benar-benar sudah mendidih dan matang, kebersihan lingkungan dan kebersihan diri benar-benar dijaga.


Manfaat Air Rendaman Bawang Putih Untuk Mengobati Disentri 

Khasiat rendaman bawang putih, Senyawa allisin yang ada dalam bawang putih mampu membunuh mikroba, mencegah tumbuhnya mikroba dan berkembangnya mikroba, bahkan Alice in juga dapat memusnahkan bakteri penyebab disentri .Oleh karena itu bisa dikatakan kalau bawang putih merupakan obat yang cukup ampuh untuk mencegah dan mengobati penyakit disentri .

Manfaat Air Rebusan dan rendaman Bawang Putih
Manfaat Air Rendaman Bawang Putih

Cara Mengolah ِِAir Rendaman bawang putih Untuk Mengobati Disentri

Siapkan bahan-bahan berikut ini sebagai ramuan penyakit disentri:
  1. 12 gram bawang putih
  2. 3 gelas air putih
  3. Gula secukupnya
Cara mengolah bahan-bahan di atas menjadi obat herbal disentri adalah kupas terlebih dahulu bawang putih nya, lalu kemudian ditumbuk sampai halus, dan setelah itu kemudian direndam di dalam air matang yang hangat selama kurang lebih 6 jam. Dan gula yang telah disediakan tadi, ditaburkan pada rendaman air bawang putih, lalu setelah jadi tuangkan ke dalam 3 gelas tersebut.

Cara menggunakannya, minumlah air rendaman bawang putih di atas tadi, tiga kali sehari dengan porsi setiap minum satu gelas : pagi satu gelas, siang satu gelas dan sore satu gelas.

Cara lain mengobati disentri dengan bawang putih

Kita juga bisa membuat ramuan bawang putih menjadi obat herbal disentri yang sangat simpel, seperti berikut ini, sediakan 5 gram bawang putih yang telah terkupas kulitnya,
Kemudian makanlah bawang putih tersebut dalam sehari berapa kali.
Cara ini dilakukan berulang-ulang setiap harinya sampai masa 5 atau 6 hari.

Back To Top Manfaat dan Khasiat Air Rendaman Bawang Putih untuk Mengobati Penyakit