Cara Menanam Seledri - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Menanam Seledri

Cara Menanam Seledri,Bawangbawangan.com - Seledri atau juga disebut dengan daun sop, sangat populer di kalangan para koki dan chef. Maksimal hidup di dataran tinggi (100-1500mdpl), atau tanah gembur dengan tingkat kesuburan PH sekitar 6-7. Sensitif terhadap curah hujan tinggi. Skala luas/lahan, akan lebih baik bila menggunakan tanam biji (generatif). Tapi bila kecil dan sedikit, cukup ditanam di pollybag.

Budidaya Tanam Biji Seledri

Buat bedengan , lebar 80-100 cm, dan tinggi 20 cm jarak antar 25-30 cm, gemburkan melalui  dibajak/dicangkul. Taburi dolomit jika PH di bawah 6. Tambahkan pupuk dasar kompos/kandang sebanyak 10-25 ton/Ha atau disesuaikan, aduk rata. Buat lubang tanam, pada mulsa (opsional) jarak 20x20 cm atau 25x25 cm.

Memilih Benih Seledri
Rendam benih pada air hangat kuku selama 15 menit, buat persemaian dengan campuran tanah dan pupuk kandang sebanyak 2kg/m2. Kemudian buat larikan/alur supaya benih tidak berhimpitan, taburkan benih jangan terlalu rapat. Tutup tipis tanah yang sudah diayak, siram menggunakan sprayer sampai lembap.
Benih dapat dipindah setelah berusia 1 bulan (memiliki 3-4 helai daun)
cara menanam seledri
cara menanam seledri


Cara Menanam Seledri 

Siram dulu benih yang telah tumbuh pada malam hari sebelumnya. Selanjutnya esok pagi, pilih yang terlihat sehat dan cabut perlahan, tanam pada 1 lubang dengan 1 tanaman. Penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari, dan usai ditanam langsung disiram air secukupnya.

Cara Merawat Seledri
Selama 2 minggu, lakukan penyulaman jika ada tanaman yang mati. Siram secara rutin jangan sampai mengalami kekeringan. Cabut gulma yang menganggu.

Pemupukan Seledri
Hama seperti : Bekicot, kutu daun serta tungau, bisa disemprot pestisida misalnya Curacron, Regrent atau Pegasus. Penyakit lain : Bercak daun, bakteri, virus dan sebagainya, dapat dibasmi dengan bahan kimia (fungisida dan bakterisida). Pencegahan dilakukan dengan pemilihan benih yang tahan hama dan penyakit.

Pemanenan Seledri
Dipanen setelah 1-3 bulan, tergantung varietasnya, dengan cara mencabut akarnya. Atau dipotong pada bagian batang. Dengan demikian dapat meninggalkan anakan yang masih bisa dipanen kembali setiap seminggu sekali. Itulah kiranya sedikit tentang cara menanam seledri yang dapat Kami bagikan, semoga berguna.

Back To Top Cara Menanam Seledri