Bunga Bawang Merah dan Gambarnya - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Bunga Bawang Merah dan Gambarnya

Deskripsi Bunga Bawang MerahBawangbawangan.com Tangkai tandan bunga bawang merah keluar dari Tunas apikal yang merupakan tunas utama atau Tunas inti. Tunas bawang merah ini paling pertama muncul dari dasar umbi bawang merah melalui ujung-ujung umbi. Seperti halnya daun biasa.

Tangkai tandan dan bunga pada bagian bawah berbentuk kecil, bagian tengah membesar, dan semakin ke atas bentuknya semakin mengecil.

Selanjutnya pada bagian ujung membentuk kepala yang meruncing seperti mata tombak, bagian ini dibungkus oleh lapisan daun atau teluk dengan membukanya seludang, maka akan tampak kuncup-kuncup bunga bawang merah dengan tangkai kecil yang pendek.
Gambar Bunga Bawang Merah via WikipediaCommons.Com

Bentuk Bunga Bawang Merah

Tangkai tandan  dan bunga mengandung 50 hingga 200 Kuntum bunga. Pemanjangan tangkai tandan bunga akan berhenti setelah tepungsari matangnya semua.

Bunga bawang merah termasuk bunga sempurna, karena terdiri dari 5 hingga 6 benang sari dan sebuah putik, daun bunga berwarna agak hijau bergaris keputih-putihan atau putih saja.

Bakal buah duduk di atas membentuk bangunan segitiga hingga tampak jelas seperti kubah. Bakal buah terbentuk dari 3 daun buah atau karpel yang membentuk tiga buah ruang. setiap ruang mengandung 2 bakal biji atau ovulum.

Benang sari tersusun membentuk dua lingkaran, yakni lingkaran dalam dan lingkaran luar. masing-masing lingkaran mengandung 3 nilai benang sari. pada umumnya tepung sari dari benang sari lingkaran dalam lebih cepat dewasa atau lebih cepat matang dibanding yang berada di luar lingkaran. Namun, dalam 2 sampai 3 hari Biasanya semua tepungsari sudah menjadi matang.

Kegunaan bunga bawang merah

Adanya kematangan benang sari yang berbeda menyebabkan bunga bawang merah bisa melakukan penyerbukan antar bunga dalam satu tandan atau antar bunga dari tandan yang berbeda.

Hal ini dapat terjadi baik dalam satu tanaman maupun juga dengan tanaman lainnya. penyerbukan seperti ini bisa dimanfaatkan untuk pengembangan varietas bawang merah, Kegunaanny untuk memperoleh varietas bawang merah yang lebih unggul.

Penyerbukan bunga bisa terjadi dengan perantaraan serangga, seperti lebah madu atau Lalat Hijau.
letak bakal biji dalam ruang Bakal buah atau ovarium terbalik atau dikenal dengan istilah anthropus. Oleh sebab itu, bakal biji bawang merah dekat dengan plasentanya.

Biji bawang merah yang masih muda Umumnya berwarna putih, Setelah biji menjadi tua, biji akan berubah menjadi berwarna hitam.
Baca Juga : Klasifikasi Bunga Bawang-Bawangan
Bunga bawang merah,bunga bawang merah wikipedia,bunga daun bawang merah,kandungan bunga bawang merah,morfologi bunga bawang merah,nama bunga bawang merah,bentuk bunga bawang merah,bunga tanaman bawang merah, Deskripsi bunga bawang merah,Bunga pada bawang merah,Bunga bawang merah.

Back To Top Bunga Bawang Merah dan Gambarnya