Budidaya Tanaman Karet Penanaman dan Perawatannya - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Budidaya Tanaman Karet Penanaman dan Perawatannya

Budidaya Karet Penanaman dan Pemeliharaan Karet, Bawangbawangan.com  Lahan yang telah dipersiapkan untuk kebun karet ditanami tanaman penutup tanah. Disamping untuk mencegah erosi juga untuk menekan pertumbuhan tumbuhan pengganggu.

Jenis yang ditanam misalnya centrosema pubescens dan Robocar push palustris. Dari barisan tanaman karet harus ada jarak,  biasanya berjarak satu setengah meter. karet yang dipindahkan ke kebun bisa berupa okulasi , tanaman bibit setidaknya berumur 1 sampai 2 tahun atau berupa Stump.

Stump ialah tanaman karet muda yang dipindahkan , daunnya dipangkas. Stump bisa berasal dari tanaman bibit maupun okulasi dengan jarak tanam 6 x 4 meter.

Bibit karet ditanam dalam lubang  yang telah disediakan. sebulan sebelum penanaman perlu diberi pupuk sebanyak 100 gram pada tiap lubangnya.

Pertumbuhan bibit karet harus selalu diamati. untuk mengganti tanaman yang mati maka dilakukan penyulaman. tanaman pengganti harus seumur dan penyulaman dilakukan pada waktu musim hujan.

Penyulaman dilakukan pada umur tanaman maksimal 3 tahun. sampai tanaman berumur 1 tahun di kebun , dilakukan pemangkasan terhadap tunas yang tumbuh pada batang setinggi kurang 2 meter dari permukaan tanah.
cara merawat pohon karet
cara merawat pohon karet via http://www.ilsole24ore.com

Cara Memelihara dan Merawat  Tanaman Karet

Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman Karet
memangkas karet pemangkasan karet dilakukan dua kali dalam sebulan nya. tujuannya untuk membentuk bidang sadap yang luas dari pohon karet.

Pemupukan Pada Tanaman Karet
pemupukan N,P dan K harus dilakukan secara teratur untuk tanaman karet sudah dimulai sejak pada persemaian, diteruskan pada pembibitan, kebun entres, kebun muda sampai dengan tanaman sudah berproduksi.

Penyiangan pada tanaman karet
penyiangan yang perlu dilakukan untuk tanaman karet yaitu khusus kelelahan tidak ditutupi oleh tanaman penutup tanah. membentuk rambutan yang tumbuh liar disekitar tanaman karet harus disiangi. pemberantasan rumput-rumput atau tumbuhan pengganggu lainnya bisa pula dilakukan dengan penyemprotan herbisida pada tanaman karet

Hama tanaman karet
hama yang banyak didapati di kebun karet ialah keong dan rayap. rayap sebetulnya makin Makan sisa tanaman yang terdapat di lapangan. tetapi akhirnya menyerang pola tanaman dan menyebabkan kematian tanaman karet

Penyakit pada tanaman karet
penyakit tanaman karet yang paling penting yaitu atau paling berbahaya yaitu cendawan akar putih. cendawan Penyakit ini menyerang akar tanaman yang sudah berumur 2 hingga 4 tahun. tanaman menjadi layu dan akhirnya mati.

Selain itu didapati juga penyakit yang menyebabkan kerusakan pada bidang sadap. karena serangannya batang tidak mampu mengeluarkan lateks sewaktu disadap.

Cendawan oidium heveae bisa menyerang daun muda pada awal musim hujan atau pada musim kemarau. serangannya mengakibatkan gugur daun yang tidak wajar. sehingga pohon menjadi lemah dan produksinya pun berkurang drastis.
Tag : Pepohonan

Back To Top Budidaya Tanaman Karet Penanaman dan Perawatannya