Tips cara memilih buah dan sayuran yang baik dan segar - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Tips cara memilih buah dan sayuran yang baik dan segar

Tips memilih buah dan sayuran - BAWANGBAWANGAN.COM - Setiap hari kita di dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur. buah dan sayur yang sehat tanpa harus segar , namun yang terpenting buah dan sayur dipilih yang kaya vitamin , kaya serat dan kaya mineral. permasalahannya dalam proses penanaman sayur dan buah-buahan biasa mengalami pemupukan dan penyemprotan hama dengan pestisida yang berbahaya bagi kesehatan.  Oleh karena itu kita dituntut juga agar lebih efektif dan cermat dalam memilih sayur dan buah-buahan yang aman bagi kesehatan kita , terlebih apabila dikonsumsi oleh anak-anak kita berikut tips memilih buah dan sayuran yang baik dan benar serta aman untuk kesehatan.
Tips memilih buah dan sayuran
Tips memilih buah dan sayuran

Tips memilih buah dan sayur yang baik dan segar

Membeli sayur dan buah buahan segar pada saat musimnya
Pestisida kerap diterapkan di tempat penyimpanan buah dan sayuran untuk mencegah pembusukan sayuran ataupun buah-buahan oleh bakteri dan jamur , serta kerusakan oleh hama gudang .

Hindari buah impor yang kulitnya terlalu mengkilat
Setelah dipanen di negara asal buah nya buah diberi lapisan lilin lalu disimpan dalam gudang kemudian baru diimpor dan negara kita . dan kemungkinan buah yang dipasarkan terlebih dahulu adalah buah hasil panen musim sebelumnya .

Mewaspadai bercak putih pada sayuran dan buah-buahan
Cucak putih pada buah-buahan karena sisa pestisida yang telah mengering
Buah-buahan dan sayur-sayuran yang sedikit berlubang atau sedikit robek
Kenapa harus memilih sayuran yang cacat pada yang bagus masih banyak ?
Sebab adanya lubang pada buah-buahan dan sayuran menunjukkan bekas gigitan ulat atau hama . Hal ini mengindikasikan bahwa dua buah atau sayuran tersebut tidak pestisida .

Maka Memilih sayuran hidroponik merupakan pilihan yang ter baik

Adapun ciri-ciri sayuran hidroponik adalah sebaga berikut :

  • Memiliki akar yang cukup panjang
  • Kebanyakan buah dan sayuran yang ditanam secara hidroponik berada di dalam rumah kaca,sehingga tanaman hidroponik minim hama dan minim dalam penggunaan pestisida.
  • Tanaman hidroponik dipelihara dalam rumah kaca tertutup sehingga jarang terserang hama yang artinya mengurangi penggunaan pestisida
  • Menanam sendiri sayur-sayuran dan buah-buahan baik di pekarangan maupun dengan tambulapot
  • Sayuran seperti terong , kemangi , selada, sawi, selederi, dan bayam bisa dipanen setelah umur 1 sampai 2 bulan, sedangkan cabe dan tomat bisa dipanen umur 2 sampai 3 bulan.


Cara memilih jenis sayuran tertentu
Berikut adalah panduan saat kita memilih sayuran tertentu seperti sayuran kacang-kacangan kubis brokoli wortel dan kentang

Jenis sayuran dedaunan
Untuk sayuran yang berbentuk daun, maka hendaknya memilih sayuran yang tulang daunnya tampak jelas dan batang daun nya mudah untuk dipatahkan.

Sayuran umbi-umbian
Untuk sayuran berumbi umbian kita dapat mencari kulit umbi yang tidak memar fisiknya cukup kuat tidak berlubang-lubang dan tidak juga berair. Seperti halnya lobak, kentang, bit dan lain sebagainya.

Memilih juga umbi sayuran yang kulitnya terasa licin tidak berongga berbau segar berwarna menarik dan lebih berat . umbi yang ukurannya kecil pada umumnya lebih enak dikonsumsi.

Sayuran kacang-kacangan
Memilih lah sayuran polong yang mudah tidak berbintik-bintik dan juga tidak berlubang, bentuknya silindris, berwarna hijau tua dengan batas antara biji pada polong belum terlihat jelas. Memilih kacang polong yang dapat dipatahkan dengan mudah dan tidak berlendir.

Sayuran hijau hijauan
Sayuran hijau seperti halnya brokoli seledri selada makanya memilih yang masih segar dan masih hijau. Jadi apabila sayuran tersebut sudah tampak pucat layu dan berwarna coklat berarti itu sudah tidak segar lagi.

Dan hendaknya jenis sayuran hijau segera diolah, dan sebabnya juga hindari sayur yang sudah berwarna kusam dan baunya lalui layu serta warnanya sudah menguning . apalagi jika disertai dengan bentuk fisiknya yang lunak ketika dipegang dan layu berkeriput serta terlalu berair.

Sayuran dari buah-buahan
Cara memilih buah sayur yang baik dan benar adalah memilih buah yang masih utuh tidak pecah maupun ada tanda goresan , buah tidak berair serta tidak lunak dan juga tidak berbau busuk. Adapun untuk sayuran buah seperti tomat dan cabe maka sebaiknya memilih yang sudah tua dan masak . sedangkan untuk terong atau labu Pilihlah yang masih muda.
cara memilih buah dan sayur yang segar
buah sayuran segar
Sayuran kentang
Hendaknya memilih kentang yang kulitnya tidak berlubang . ketika memilih kentang Maka jangan yang masih muda apalagi kulitnya yang masih berwarna hijau karena pada bagian kulit yang berwarna hijau banyak mengandung senyawa yang disebut solanin yakni senyawa yang bisa menyebabkan keracunan dan menyebabkan gangguan pada pembuluh saraf manusia serta merupakan zat karsinogenik . meskipun warna hijau yang menempel pada kentang tersebut dibuang. Adapun kotoran-kotoran yang menempel pada kentang itu menunjukkan kalau kentang masih segar sebab kentang biasanya dicuci sebelum proses penyimpanan . kentang lama disimpan biasanya akan mengeluarkan cambah-cambah nya .

Sayuran kubis
Sayuran kubis yang bagus adalah yang masih keras dan berbobot.

Sayuran brokoli
Sayuran brokoli yang bagus adalah memiliki kuncup video segar bebas dari perubahan warna dan noda kotoran. Sebaiknya jangan membeli brokoli yang berwarna daun kekuning-kuningan dan Tunas serta daunnya nampak lembab, selain itu juga sudah mengeluarkan bau yang tidak enak.

Sayuran wortel
Untuk sayuran wortel sebaiknya memilih wortel yang bentuknya padat , permukaannya halus dan warnanya orange cerah ..
Sedangkan jika wortel masih ada daunnya maka hendaknya memilih daunnya yang masih berwarna hijau . dan jangan membeli wortel yang warnanya sudah nampak berbintik-bintik kecil dan coklat.
Tags : Cara memilih buah dan sayur yang baik, cara memilih buah dan sayur yang segar, tips lengkap memilih sayuran dan buah untuk pleci, tips memilih buah dan sayur yang segar, tips memilih buah dan sayuran.

Back To Top Tips cara memilih buah dan sayuran yang baik dan segar