7 Manfaat Makan Labu dan Resep Enak Saat Di Santap - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

7 Manfaat Makan Labu dan Resep Enak Saat Di Santap

Manfaat Labu dan Resepnya,Bawangbawangan.com - Tahukah Sobat bahwa selain menyediakan nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh Sobat, Buah labu juga menambah ketajaman penglihatan mata dan bahkan bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

Labu adalah buah besar yang tumbuh di cabang tanaman. Buah labu ini merupakan tanaman yang bergenius cucurbital, sehingga buah lab mirip dengan buah semangka dan mentimun.

Buah Labu berasal dari Asia selatan. Namun, seiring waktu tanaman labu telah menyebar ke benua lain. Pada awalnya labu dibudidayakan agar bijinya bisa digunakan. karena pada mulanya labu digunakan untuk berbagai kuliner dan obat alami.

Namun, karena rasa dan buahnya yang serba guna, secara bertahap menjadikan buah labu sepenuhnya di jadikan sebagai makanan orang. karena ternyata labu termasuk buah yang menjadi sumber nutrisi penting.

Beberapa orang hanya tahu labu karena beberapa resep yang populer. Namun, labu merupakan sumber penting serat, antioksidan dan mineral. Labu memberi banyak manfaat bagi kesehatan yang luar biasa.

Oleh sebab itu, disini kami ingin paparkan 7 manfaat luar biasa dari makan labu sebagai bagian sarana pendukung diet Sobat bawangbawangan.com.
resep labu
resep labu

Manfaat Makan Labu

1. Labu melindungi kesehatan mata Sobat

Makan labu memiliki beberapa manfaat untuk penglihatan mata Sobat. karena labu mengandung banyak vitamin A.

Nutrisi labu sangat penting untuk melindungi mata Sobat dan untuk mengurangi sensitivitasnya. labu juga mencegah penyakit seperti katarak dan penuaan retina pada mata.

Faktanya, berkat antioksidan dalam labu, sangat cocok untuk melindungi sel-sel di retina mata Sobat dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Buah labu memperkuat sistem kekebalan tubuh Sobat

Sayuran atau buah labu ini juga merupakan buah yang bagus untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh Sobat . karena sejatinya buah labu itu mengandung Vitamin A, C dan E.

Mengkonsumsi vitamin-vitamin dalam buah labu ini bisa meningkatkan respons tubuh Sobat terhadap zat-zat eksternal yang biasa membuat Sobat sakit.

Sifat antioksidannya meningkatkan proses komunikasi seluler. Ini sangat penting untuk melindungi jaringan Sobat dari serangan kuman.

Vitamin C- dalam labu bisa meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Sobat.

karena lanu juga membantu dalam perawatan berbagai jenis infeksi dan penyakit auto imun.

3. Labu bisa meningkatkan pencernaan Sobat

Karena labu mengandung banyak serat makanan, maka makan labu adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pencernaan Sobat. Karena labu Ini juga mampu meningkatkan penyerapan mineral.

Nutrisi dalam labu ini meningkatkan fungsi usus Sobat. Dan hal itu membuatnya lebih mudah untuk menyingkirkan sisa-sisa yang telah menumpuk di dalam usus Sobat.

Itu sebabnya labu bisa di kata buah yang hebat mengatasi masalah seperti:

  • Sembelit
  • Parasit
  • Masalah yang berhubungan dengan peradangan


4. Labu bisa membantu Sobat menurunkan berat badan

Jus yang dibuat dari sayuran labu ini merupakan pilihan nutrisi yang sangat baik, karena bisa membantu orang yang mencoba menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Labu itu rendah kalori. Labu memang mengandung banyak serat dan antioksidan . Labu sangat penting dalam hal mendukung metabolisme tubuh Sobat.

5. Labu bisa melawan peradangan

Karotenoid  memberi warna khas pada labu. Labu juga memberikan sifat anti-inflamasi yang sempurna untuk mengobati penyakit kronis seperti diabetes dan radang sendi .

Makan labu bisa menjaga tingkat peradangan di jaringan Sobat terkendali. Pada saat yang sama , makan labu juga membantu mencegah penuaan dini.

Seperti yang telah kami sebutkan, labu juga mengandung banyak vitamin C dan E. Keduanya direkomendasikan untuk melindungi kesehatan jantung dan mental Sobat.

6. Labu memberi Sobat lebih banyak energi

Meskipun rendah kalori, labu memberi Sobat energi. Labu bisa membantu Sobat meningkatkan kinerja mental dan fisik Sobat.

Buah Labu mengandung pati dan karbohidrat. Tidak seperti makanan lain, buah labu bisa membantu membuat glikogen otot dari pada glikogen hati.

Hal Ini berarti bahwa jika Sobat menambahkan buah labu ke dalam diet normal Sobat, maka labu sangat bagus untuk meningkatkan kekuatan otot Sobat setelah Sobat melakukan latihan untuk otot Sobat.

Labu juga mengandung mineral penting seperti:

  • Potasium
  • Magnesium
  • Seng
Labu juga diperlukan untuk tingkat elektrolit yang baik.

7. Labu mengatur tekanan darah Sobat

Kalium adalah salah satu nutrisi penting yang ada dalam buah labu. dan kalium bisa membantu menyeimbangkan tingkat kalium Sobat untuk menurunkan tekanan darah Sobat.

Bersama dengan vitamin A dan C, labu bisa mengontrol aliran darah di pembuluh darah Sobat. Karena itu, labu bisa  menurunkan risiko serangan jantung atau gagal jantung.

Efek antioksidan dalam buah ini juga baik untuk fungsi jantung . pada Akhirnya, buah ini mengurangi pertumbuhan plak di dalam pembuluh darah Sobat.

Apakah Sobat sudah tahu manfaat luar biasa dari makan labu? Sobat sekarang tahu betapa bagusnya makan buah labu bagi tubuh Sobat, jadi tambahkanlah pada makanan Sobat!
manfaat labu
manfaat labu

Resep Menu Labu untuk Sarapan yang Sehat dan Bergizi


Buah Labu merupakan sayuran yang sangat ser manfaat dan berguna. Labu sangat baik untuk menu minuman manis dan masakan yang gurih serta dorongan energi yang sempurna. Selain itu, Resep menu labu memberikan fleksibilitas dalam diet Sobat.

Resep labu adalah favorit kuliner karena fleksibilitas sayuran. Labu juga merupakan sumber nutrisi penting yang amat penting.

Oleh karena itu, labu banyak digunakan dalam diet untuk membantu menurunkan berat badan. sebab labu mengandung sangat sedikit kalori, tetapi banyak vitamin dan mineral yang bisa mendukung metabolisme yang berfungsi dengan baik.

Yang terbaik adalah labu juga mudah ditemukan dan rasanya cocok dengan banyak bahan lain dalam menu resep sehat.

Hari ini kami ingin memberikan resep menu sehat olahan labu kepada Sobat dengan cara menambahkan labu ke dalam sarapan Sobat. Hal ini memungkinkan Sobat memanfaatkan semua nutrisi dan energi yang ditawarkan labu.

Apakah Sobat siap untuk mencoba membuat resep labu yang lezat dan bergizi ini ?

1. Kue Muffin labu

Kue Muffin labu adalah produk sarapan yang luar biasa, kaya energi.

Dengan muffin ini, bahan-bahannya mengandung karbohidrat dan serat alami. Ini membantu, misalnya, meningkatkan pencernaan sementara Sobat merasa kenyang lebih lama.

Bahan
1 cangkir labu haluskan (210 g)
1/2 cangkir apel yang diawetkan (110 g)
2 butir telur
1/4 cangkir susu almond (62 ml)
2 cangkir tepung terigu (400 g)
3 sendok makan madu (75 g)
1 sendok teh soda kue (5 g)
1/2 sendok teh garam (2 g)

Lumatkan kue (jika diperlukan)

Cara membuat :
Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk besar dan aduk sampai semua bahan kering tercampur rata dengan yang basah.

Kemudian semprotkan semprotan kue ke dalam kaleng muffin dan panggang muffin selama 20 menit pada 180  ° C (pengaturan gas 4).

2. Sup Buah labu

Sup buah labu adalah salah satu dari banyak resep rendah kalori tetapi sangat bergizi dengan labu. Hal Ini termasuk makanan yang sangat baik untuk memulai hari Sobat dengan energi yang ekstra.

Sup pilihan yang mudah jika Sobat menginginkan sesuatu yang berbeda untuk sarapan. Selain itu, Sub labu ini juga cocok untuk makan siang atau makan malam.

Bahan
2 cangkir pure labu (420 g)
3 cangkir kaldu ayam (750 ml)
1/2 cangkir susu skim (125 ml)
1/2 sendok teh bubuk bawang (2 g)
1/4 sendok teh garam (1 g)

Cara membuat :
Taruh semua bahan kecuali susu dalam panci.
Kemudian panaskan di atas api sedang dan aduk rata. Masak ini selama 15 hingga 20 menit.
Lalu tambahkan susu. Campur semuanya dengan baik dan masak selama 2 menit.
Jika mau, Sobat bisa menggunakannya dalam blender untuk tekstur yang lebih halus.

3. Smoothie labu

Smoothie labu ini adalah minuman penuh energi yang mendukung Sobat baik secara fisik maupun mental selama hari sibuk Sobat . Ini juga salah satu resep termudah dengan labu untuk dinikmati dalam perjalanan.

Sobat bisa meminumnya sebagai bagian dari sarapan Sobat, atau jika Sobat lapar di antara waktu makan.

Bahan
1/2 cangkir bubur labu (105 g)
1 pisang matang
1 cangkir susu almond (200 ml)
1/2 sendok teh kayu manis (2 g)
1/2 sendok teh ekstrak vanili  (2 g)
es krim (opsional)

Cara membuat :
Masukkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan sampai semua benjolan hilang.
Kemudian tambahkan es jika Sobat mau.
Artikel yang disarankan:  Sarapan terbaik dikemas dengan energi

4. Biji labu bakar

Biji labu juga penuh nutrisi yang dibutuhkan tubuh Sobat.

Labu memiliki efek anti-inflamasi, meningkatkan pencernaan Sobat dan juga sempurna untuk mengatur nafsu makan pagi Sobat.

Bahan
1 cangkir biji labu (64 g)
2 sendok makan minyak kanola (30 g)
1 sendok makan minyak zaitun (16 g)
1/2 sendok teh kayu manis

Cara membuat :
Bilas biji labu untuk memastikannya bersih.
Keringkan dengan sepotong roti dan kemudian sebarkan di atas loyang yang dilumuri minyak (dengan minyak canola).

buah labu
buah labu

Panggang benih selama 20 sampai 30 menit pada 180  ° C .

Kemudian masukkan ke dalam mangkuk dan taburi dengan minyak zaitun dan kemudian kayu manis.

Sobat bisa mengganti kayu manis dengan, misalnya, jahe atau bumbu lain jika diinginkan.

Nikmati semua resep labu ini

Dengan bantuan resep ini, Sobat bisa menikmati sarapan yang lebih sehat dan bergizi. Labu rasanya lezat dan Sobat akan menyukainya sebagai bagian dari makanan pertama Sobat.

Yang terbaik adalah Labu itu sehat untuk semua keluarga dan juga cara yang baik untuk menjaga diri sendiri.

Baca Ini ya ... : 7 manfaat bawang yang tidak diketahui banyak orang

Back To Top 7 Manfaat Makan Labu dan Resep Enak Saat Di Santap