Kegunaan Bawang merah dalam Masakan dan sebagai Obat - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Kegunaan Bawang merah dalam Masakan dan sebagai Obat

Kegunaan Bawang merah dalam Masakan dan untuk Obat, BawangBawangan.com - Tiada hari tanpa bawang merah, kalimat ini mengisyaratkan betapa setiap hari bawang merah dimanfaatkan dan dikonsumsi oleh masyarakat penduduk di dunia.  Meskipun hanya diperlukan dalam jumlah yang sedikit oleh para penggunanya, namun masakan tanpa bawang merah terasa kurang lengkap dan kurang sedap cita rasanya. Jadi Kegunaan Bawang merah dalam Masakan sebagai penyedap dan penggurih rasa masakan.

Di Indonesia sendiri, bawang merah menjadi komoditas yang sangat penting sebagai sumber penghasilan petani dan pendapatan Negara. bawang merah termasuk 6 besar komoditas sayuran komersial yang diekspor di Indonesia bersama-sama dengan kubis, Kol/kubis bunga, cabe, dan kentang.

Bahkan, Bawang merah ini tidak cuma diekspor dalam bentuk yang masih segar, namun juga sesudah bawang merah ini diolah dalam bentuk bawang merah gorengan.
Kegunaan Bawang merah dalam Masakan
Kegunaan Bawang merah dalam Masakan via renunganbawanggoreng-jndo.blogspot.com
Baca Juga : Kegunaan Bawang Merah untuk Pengobatan

Kegunaan Bawang Merah 

Bawang merah adalah jenis tanaman sayuran yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia terutama sebagai bumbu penyedap masakan. Selain dipakai sebagai bahan untuk bumbu masakan, bawang merah juga sering digunakan sebagai bahan obat-obatan untuk penyakit tertentu. karena Kegunaan bawang merah sebagai bahan bumbu dapur dan bahan obat-obatan ini bawang merah juga dikenal sebagai tanaman rempah dan obat.

Sebagai bahan obat, bawang merah bisa menyembuhkan luka luar maupun luka dalam, seperti penyakit maag masuk angin dan menurunkan kadar gula serta kolesterol.

Selain itu, bawang merah bisa digunakan sebagai obat penyakit kencing manis atau diabetes melitus, Menghilangkan lendir di tenggorokan sehingga memperlancar pernafasan dan memperlancar aliran darah Karena ekstrak bawang merah dapat menghambat penimbunan trombosit dan meningkatkan aktivitas fibrinolitik, karena bawang merah dapat menurunkan dan memobilisasi penimbunan kolesterol di dalam tubuh, maka juga dapat mengurangi risiko kemungkinan terserang penyakit jantung dan sebagainya, terutama yang diakibatkan oleh kombinasi penyakit kencing manis.

Sebagai obat, bawang merah bisa diberikan dalam bentuk mentah dan Utuh, yakni tidak dicampur dengan bahan lain atau dalam bentuk olahan seperti dalam bentuk ekstrak tepung minyak atsiri ataupun juga Sari bawang.
Referensi :
BAWANG MERAH, Intensifikasi Budi Daya
BAWANG MERAH, Budi Daya & Pengolahan Pascapanen


Back To Top Kegunaan Bawang merah dalam Masakan dan sebagai Obat