Deskripsi Dan Klasifikasi Tanaman Marsilea Crenatam Semanggi - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Deskripsi Dan Klasifikasi Tanaman Marsilea Crenatam Semanggi

Deskripsi, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Semanggi ( Marsilea Crenatam) , BawangBawangan.com – Tanaman semanggi ini merupakan diantara jenis tanaman yang masuk golongan ordo salviniales dengan genus marsilea yang mempunyai bentuk mirip sekali dengan payung yang terdiri dari empat daun muda anakan yang berhadapan.
Daun Tanaman Semanggi ( Marsilea Crenatam) ini mempunyai performa yang sering disebut sebagai klover, yang umumnya di pakai sebagai bahan pokok makanan dalam masakan pecel semanggi orang jawa.
Daun Tanaman Semanggi ( Marsilea Crenatam) ini mngandung zat fitoestrogen yang bermanfaat untuk mencegah timbulnya batu empedu, infeksi saluran urine,osteoporesis.
Deskripsi Dan Klasifikasi Tanaman Marsilea Crenatam Semanggi
Deskripsi Dan Klasifikasi Tanaman Marsilea Crenatam Semanggi

 

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Semanggi Marsilea Crenatam

Tanaman Semanggi merupakan di antara jenis tanaman yang mudah di dapatkan atau di jumpai di pinggiran ladang persawahan maupun tepi sungai dan juga saluran irigasi petani.
Daun pada Tanaman Semanggi ( Marsilea Crenatam) ini berbentuk melingkar bulat -meruncing pada tiap sisi-sisinya berupa 3 daun dalam satu tangkai tanaman.
Tanaman semanggi memiliki perakaran tunggang, dan ber serabut yang menjalar pada permukaan tanah.
Daun pada Tanaman Semanggi ( Marsilea Crenatam) berwarna hijau muda sampai kekuningan dengan garis tengah antara 1 – 1,5 cm bahkan bisa kurang.
Dengan di imbangi percabangan – percabangan yang berwarna agak merah nampak mengkilat yang mana dikelilingi dengan serabur halus agak keputih-putihan.
Selain itu, memiliki perbatangan tegak, dan halus dengan tinggi mencapai 8-20 inchi.
Adapun Batang dari Tanaman Semanggi ( Marsilea Crenatam) nampak tegak nan halus yang bertegak tinggi sekitar 7 hingga 21 inchi.
Dan Akar Daun pada Tanaman Semanggi ( Marsilea Crenatam) sedalam 60 lcm lebih di sesuaikan dengan tanaman.

Deskripsi Dan Klasifikasi Tanaman Marsilea Crenatam Semanggi

Di daerah-daerah tropis ada banyak spesies terkait denganya seperti Semanggi Berdaun Empat (Marsilea quadrifolia), yang bisa dibudidaya, bukan tumbuhan yang banyak syaratnya, dan sudah lebih dari cukup jikalau ditanam dalam pot selama tetap di isi dengan tanah di dasarnya dan air secukupnya.
penelitian pernah di lakukan untuk mengetahui anatomi daun semanggi, mengetahui komposisi gizi daun semanggi, mengetahui kandungan vitamin sebagai salah satu elemen yang diharapkan badan pada daun semanggi serta melihat efek pengukusan terhadap komposisi gizi dan kandungan vitamin daun semanggi.
Jaringan epidermis pada daun bentuknya cenderung tidak beraturan dan terdiri dari satu lapis sel yang terletak di bab terluar.
Semanggi Berdaun Empat (Marsilea quadrifolia) yakni flora pakis yang daun-daunnya nampak mirip daun semanggi.
Akibat bentuk daunnya ini, nama “semanggi” digunakan untuk beberapa jenis flora dikotil yang bersusunan daun serupa, mirip klover.
Morfologi flora marga ini khas, sebab bentuk entalnya yang mirip payung yang tersusun dari empat anak daun yang berhadapan.

Deskripsi histologis pada semanggi air terdiri dari bab daun, tangkai, batang, dan akar

Kandungan Vitamin C daun dan tangkai semanggi air segar sebesar 66,58 mg/100g bermetamorfosis 55,29 mg/100g sehabis proses pengukusan. β karoten 3 daun dan tangkai semanggi air segar sebesar 3,3 μg/g bermetamorfosis 2,08 μg/g, sedangkan total karoten semanggi air segar sebesar 73,78 μg/g bermetamorfosis 42,10 μg/g sehabis proses pengukusan.
Semanggi Berdaun Empat memiliki akar tinggal (rhizoma) yang panjang, mengingatkan kita pada tali sepatu.
Seperti halnya kadar protein, air, abu, lemak dan serat, proses pengukusan juga menjadikan perubahan kandungan vitamin daun dan tangkai semanggi air.
Semanggi yakni sekelompok paku air (Salviniales) dari marga Marsilea yang di Indonesia gampang ditemukan di pematang sawah atau tepi susukan irigasi.
Kemampuan ini perlu diwaspadai dalam penggunaan daun semanggi sebagai materi makanan, terutama jikalau daunnya diambil dari lahan terkotori logam berat.

Back To Top Deskripsi Dan Klasifikasi Tanaman Marsilea Crenatam Semanggi