Inilah Jenis Bunga Anggrek Terbesar Di Dunia dan Ciri Khasnya - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Inilah Jenis Bunga Anggrek Terbesar Di Dunia dan Ciri Khasnya

Bawangbawangan.com - Jenis bunga anggrek tebu yang merupakan jenis bunga anggrek terbesar, Kali ini admin akan berbagi sedikit pengertian perihal  jenis tanamanan bunga anggrek, lebih spesifiknya yaitu jenis anggrek terbesar yang di sebut sebagai bunga anggrek terbesar yang ada.

Lalu apa kesistimewaan bunga anggrek terbesar dan ciri khas dari bunga anggrek ini,berikut uraian singkat mengenai jenis bunga anggrek yang besar ini beserta gambarnya.

Jenis Bunga Anggrek Tebu Tanaman Anggrek Terbesar

Di nusantara, jenis tanaman bunga anggrek tebu biasanya masyarakat menamainya sebagai tanaman anggrek harimau, anggrek ratu dan juga anggrek macan.

Sedangkan di manca negara, Tanaman anggrek ini di namai sebagai Giant Orchid, Sugar Cane Orchid  atau Queen of the Orchids. G. Speciosum termasuk dalam suku Cymbidieae serta genus Grammotophyllum. Jenis anggrek G. Speciosum ini sanggup mencapai berat sampai 1 ton dengan panjang malai sampai 3 meter dan diameter malai 1,5-2 cm.

tanaman bunga anggrek
Jenis tanaman Anggrek






















Jenis tanaman Anggrek tebu ini banyak tersebar di sebagian besar negara-negara asia tenggara, termasuk di Indonesia dan sekitarnya.

Habitat alami jenis bunga anggrek tebu di Indonesia ialah di perhutanan di seluruh pulau-pulau besar di Indonesia. Jenis tanaman Anggrek ini lebih suka berada di bawah sinar matahari secara penuh, sehingga lebih banyak hidup di perhutan tropis.

Ciri Khas Anggrek Tebu

Anggrek tebu merupakan anggrek epifit yang tumbuh di sela-sela batang pohon besar di tepian sungai. Karena anggrek tebu menyukai sinar matahari penuh, maka anggrek ini akan tumbuh optimal bila ditanam pada dataran rendah dengan suhu siang 30-35 0C.

Batang G. Speciosum ini adalah batang simpodial dengan mirip batang tebu yang beruas-ruas. Pertumbuhan batang menggerombol dan berhimpitan.

Batang tegak lurus dan mempunyai tinggi mencapai 2 m. G. Speciosum mempunyai perakaran yang tajam seperti halnya duri.

Daun G. Speciosumini mirip daun tebu atau daun pandan yang menjuntai si sisi sepanjang batang. Bentuk daunnya yaitu lanseolat atau oblanseolat. Setiap daun mempunyai panjang 40-70 cm dan lebar 6-10 cm.

G. Speciosum mempunyai dua pseudobulb yang tebal, berpengaruh dengan panjang mencapai 25 cm dan lebar 7-9 cm. Salah satunya mirip tongkat dan mempunyai daun yang banyak mirip tebu. Sedangkan yang lainnya mempunyai pseudobulb yang pendek, pipih, tebal dan terdapat beberapa daun di puncaknya. Tangkai bunga yang muncul berjumlah banyak dan setiap tangkainya mempunyai banyak kuntum bunga yang menggerombol. Bunga-bunga G. Speciosum muncul pada bulan Januari-Agustus.

Dari dasar pseudobulb muncul tangkai bunga yang panjangnya sekitar 90-190 cm. setiap tangkai bunga terdapat 25-50 kuntum bunga. Bunga G. Speciosum umumnya berwarna hijau zaitun, kuning dengan bintik-bintik coklat atau merah dan merah kehitam-hitaman dengan banyak kuntum bunga di setiap tangkainya. Labelum (bibir bunga) terdiri dari 3 lembaran, berambut, berwarna ungu atau putih kekuning-kuningan serta bergaris cokelat. Meskipun bunga ini tidak beraroma namun bunga anggrek tebu sanggup bertahan usang sampai 3 bulan dan tidak gampang layu.

Penyerbukan Anggrek Tebu

Proses penyerbukan pada G. Speciosum dibantu oleh serangga. G. Speciosum mempunyai biji yang kecil (0,05-6 mm) dan sangat ringan (0,341-24 µg). Di biji ini juga tidak terdapat cadangan makanan dalam jumlah yang cukup sehingga sangat susah untuk bertahan hidup ketika perkecambahan.

Biji anggrek yang sedang berkecambah disebut dengan protocorm. Protocorm ini berbentuk bundar sampai elips dengan beberapa rambut uniselular pada bab basal dan pada ujungnya terdapat satu apeks meristem. Protocorm ini hanya berbentuk jaringan, tetapi sanggup tumbuh menjadi kecambah. Selain dengan biji, anggrek tebu ini sanggup diperbanyak dengan pemisahan rumpun atau batang.

Dari pembahasan di atas, Sobat tentu sanggup dengan gampang mengetahui mana anggrek tebu. Ya, inti ciri-ciri anggrek tebu sanggup diketahui dari ukurannya yang lebih besar dari pada kebanyakan tumbuhan anggrek.

Back To Top Inilah Jenis Bunga Anggrek Terbesar Di Dunia dan Ciri Khasnya